Hubungan Minat Belajar dalam Pembelajaran Matematika yang Berbasis Video dengan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Lana Sugiarti Pendidikan Matematika, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia
  • Polikarpus Raga Pendidikan Matematika, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia
  • Maria Serene Suryati Pendidikan Matematika, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.410

Keywords:

Minat Belajar, video pembelajaran, Prestasi Belajar

Abstract

Menumbuhkan minat belajar siswa dalam mempelajari matematika dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video yang menarik bagi siswa. Penggunaan media dalam pembelajaran akan membangkitkan minat dan keinginan baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar matematika dalam penerapan media pembelajaran berbasis video dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dengan jumlah tiga ratus empat orang. Sampel penelitian adalah kelas VII C sebanyak tiga puluh tujuh siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan tes yang terdiri dari dua soal essay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan hubungan positif dan signifikan antara minat belajar matematika berbasis video dengan prestasi belajar siswa. Diperoleh nilai nol koma delapan tujuh sehingga tingkat korelasi positif antara variabel X dan Y termasuk variabel yang hubungannya sangat kuat. Perhitungan pengujian signifikan dapat diketahui nilai  sepuluh koma empat puluh empat lebih besar dari nilai  yaitu sebesar dua koma nol tiga. Nilai lebih besar dari nilai maka H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel X dan Y. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R. (2024). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di SMK NEGERI 1 PADAHERANG. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 322–335. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7722

Aprilianty, D. R., Syakirah, J., & Haranti, M. R. (2022). Pengembangan Alat Peraga PanJarKuBa ( Papan Jaring - Jaring Kubus dan Balok ) pada Matematika Sekolah Dasar. 93–105.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Hadi, Y. A., Septu, D., & Ibrahim, M. (2021). Penggunaan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 96–110. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3828

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Meta-analysis study of the effect of learning videos on student learning outcomes. Journal of Biological Education and Research, 2(1), 158.

Khasanah, U., & Nugraheni, E. A. (2022). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 181–190. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.813

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurhafifah, A. Y., & Mayasari. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sma Di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 1(3), 308–314.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168Media Video Pembelajaran Dalam Men. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1).

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38–53. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.37653

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Silviani, T. R., Jailani, J., Lusyana, E., & Rukmana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8404

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Sugiarti, L., Raga, P., & Suryati, M. S. (2025). Hubungan Minat Belajar dalam Pembelajaran Matematika yang Berbasis Video dengan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education Research, 6(1), 43–49. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.410

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check