Peran Kidsaltar dalam Pertumbuhan Iman dan Pembentukan Karakter Kristus pada Anak Usia Dini

Authors

  • Sri Mulyani Pendidikan Agama Kristen, STT Moriah, Indonesia
  • Diana Tjoeng Pendidikan Agama Kristen, STT Moriah, Indonesia
  • Gideon Sutrisno Pendidikan Agama Kristen, STT Moriah, Indonesia
  • Christiani Hutabara Pendidikan Agama Kristen, STT Moriah, Indonesia
  • Eleonora Patricia Pello Pendidikan Agama Kristen, STT Moriah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.407

Keywords:

Guru Pendidikan Agama Kristen, Kidsaltar, Pertumbuhan Iman, Karakter, Anak Usia Dini

Abstract

Karakter anak terbentuk sejak dini. Peran Guru Pendidikan Agama Kristen memiliki pengaruh besar dengan tujuan mendidik anak berkarakter Kristus dan mencerminkan nilai-nilai Kristiani. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. Responden adalah Guru Sekolah Minggu yang disebut sebagai Kidsaltar dan orang tua siswa. Pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner kepada responden dalam bentuk Google Form. Uji instrument dilakukan dengan Person Product Moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas. Uji normalitas dengan Shapiro Wilk. Untuk mengetahui adanya perbedaan peran Kidsaltar berdasarkan jenis kelamin dilakukan Uji beda dengan Mann Whitney. Sedangkan untuk mengetahui hasil pengamatan Kidsaltar dan orang tua terhadap pertumbuhan iman dan pembentukan karakter anak dilakukan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahawa (1) peran Kidsaltar berjenis kelamin perempuan dan laki-laki tidak menunjukkan adanya perbedaan bagi Pertumbuhan Iman dan pembentukan karakter Kristus bagi anak, (2) Peran Kidsaltar signifikan dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Diana Tjoeng , Pendidikan Agama Kristen, STT Moriah

Pendidikan Agama Kristen

References

rikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Enklaar, E. G. (1989). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hidayat, S. d. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

John Smith, J. D. (2020). Assessing the Normality Assumption in Linear Regression Models: A Comparison of Shapiro-Wilk and Kolmogorov-Smirnov Tests. Journal of Statistical Analysis.

Knight, G. R. (2009). Filsafat Dan Pendidikan. (C. E. Citraningtyas, Trans.) Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press.

KPAI, T. (2020). Retrieved from https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai

Kreider, E. (1995). Faith Development in Educational Ministry with Children.

Kusnandar Yotam Teddy, P. A. (2017, Mei). Pentingnya Golden Character. Epigraphe: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, 1. Retrieved from http://www.stttorsina.ac.id/jurnal/index.php/epigraphe

Mambo, A. W. (2019). Understanding Developmental Characteristics of a Child in Christian Faith among Sunday-School Children in Kenya. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies 14, no. 3, 54.

Mulyani, S. (2020). Statistik Teoritis dan Praktik. Purwekerto: Pena Persada.

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Smith, J. &. (2020). A Study on Normality Tests in Statistics. Journal of Statistical Analysis, 15 No. 3, 45-60.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Mulyani, S., Tjoeng , D., Sutrisno, G., Hutabara, C., & Pello, E. P. (2024). Peran Kidsaltar dalam Pertumbuhan Iman dan Pembentukan Karakter Kristus pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 5(4), 5975–5981. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.407

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check