Peran Manejemen Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan di Era Disrupsi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.404Keywords:
Teknologi Informasi , KomunikasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan tentang seberapa besar teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan di Era Disrupsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran manajemen teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Berkaitan dengan TIK secara umum, bertujuan agar siswa memahami perangkat TIK secara umum, termasuk literasi komputer dan literasi informasi, artinya siswa mengenal konsep-konsep yang digunakan dalam TIK. Banyak sekali perintah, pernyataan, saran, sindiran dan sebagainya dalam Al-Quran yang pada dasarnya menghubungkan ajaran Islam dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran teknologi informasi dalam pendidikan, selain membantu siswa belajar, juga cukup berpengaruh bagi guru, terutama dalam penggunaan fasilitas untuk memperkaya keterampilan mengajar, dengan Alquran sebagai pedoman dan panduan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memperkuat iman dan meningkatkan kesejahteraan manusia
Downloads
References
Andriyani, O., Cangara, H., & Sadjad, R. S. (2014). Sebuah Studi Komunikasi Organisasi. Jurnal Komunikasi Kareba, 3(1), 58–67.
Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.
Bikhurin’in, O., Husna, A., & Martanti, F. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Pada Siswa Kelas V. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 9(2), 88–103. https://doi.org/10.31942/mgs.v9i2.2546
Budiman, M. A. (2012). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam Kelas Bahasa Inggris. Semantik, 2(1), 9–14. http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel %26 Jurnal/Inovasi Dalam Pendidikan/Teknologi Komunikasi.pdf
Budiman, Y., & Damanik, J. (2014). Akses Dan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Rumah Tangga dan Individu. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 15(1), 1–16.
Danny Abrianto, H. S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Sikap Inovatif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. 1(1), 50–62.
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Febriani, Y. (2012). Peran dan Masalah Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Hubungan Percintaan Tokoh Utama dalam Roman “Megaherz” Karya Bas Böttcher. Students E-Journal. http://journal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1759%0Ahttp://journal.unpad.ac.id/ejournal/article/download/1759/1775
Gunawan, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Penggunaan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran IPS Sd. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 03(02), 24.
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Hidayat, Amir Husin, Syukri, Rieska Tri Adilla, E. (2022). URGENSITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPSI. 11, 267–281.
Idris. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi…. Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 175–190.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.
Khairunisa, R. (2017). Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III B SDN 005 Awang Long Samarinda. Jurnal PENDAS MAHAKAM, 2(1), 100–107. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/95
Literasi dan Bimbingan Penyuluhan Pembentukan Lembaga Pendidikan LKP Theelhawi Pekanbaru. (2023). 7, 1–5.
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.
Marpaung, T. P., Sibaweh, I., & Susanto, B. W. (2023). Urgensi Guru PAI dalam Membentengi Akhlak Peserta Didik di Era Disrupsi ( Studi Kasus pada Siswa SD Islam Uwais Al Qarni Pekanbaru ). 05(03), 9756–9765.
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Roza, Y. (2004). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA SEKOLAH DI KOTA PEKANBARU PROPINSI RIAU. 1–7.
Sada, H. J. (2015). PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN Heru. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 93–105.
Santoso, D. H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi pada Erupsi Merapi 2010 di Sleman Yogyakarta. Jurnal Pekommas, 17(3), 181–188.
Sunarwan, B. (2013). Pola Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Lingkungan Masyarakat Pedesaan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(2), 149–162.
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Wismanto 2023, Model Pembelajaran longitudnal repository uin suska. (n.d.).
Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(1), 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Agus Salim, Afda Afda, Deprizon Deprizon, Aulia Fitri, Wismanto Wismanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).