Peran Manejemen Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan di Era Disrupsi

Authors

  • Agus Salim STAI Ar ridho, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-9803-481X
  • Afdal Afdal Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Deprizon Deprizon Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Aulia Fitri IAI Sumbar Pariaman, Indonesia
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.404

Keywords:

Teknologi Informasi , Komunikasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan tentang seberapa besar teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan di Era Disrupsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran manajemen teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Berkaitan dengan TIK secara umum, bertujuan agar siswa memahami perangkat TIK secara umum, termasuk literasi komputer  dan literasi informasi, artinya siswa mengenal konsep-konsep yang digunakan dalam TIK. Banyak sekali perintah, pernyataan, saran, sindiran dan sebagainya dalam Al-Quran yang pada dasarnya menghubungkan ajaran Islam dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran teknologi informasi dalam pendidikan, selain membantu siswa belajar, juga cukup berpengaruh bagi guru, terutama dalam penggunaan fasilitas untuk memperkaya keterampilan mengajar, dengan Alquran sebagai pedoman dan panduan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memperkuat iman dan meningkatkan kesejahteraan manusia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, O., Cangara, H., & Sadjad, R. S. (2014). Sebuah Studi Komunikasi Organisasi. Jurnal Komunikasi Kareba, 3(1), 58–67.

Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.

Bikhurin’in, O., Husna, A., & Martanti, F. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Pada Siswa Kelas V. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 9(2), 88–103. https://doi.org/10.31942/mgs.v9i2.2546

Budiman, M. A. (2012). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam Kelas Bahasa Inggris. Semantik, 2(1), 9–14. http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel %26 Jurnal/Inovasi Dalam Pendidikan/Teknologi Komunikasi.pdf

Budiman, Y., & Damanik, J. (2014). Akses Dan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Rumah Tangga dan Individu. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 15(1), 1–16.

Danny Abrianto, H. S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Sikap Inovatif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. 1(1), 50–62.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Febriani, Y. (2012). Peran dan Masalah Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Hubungan Percintaan Tokoh Utama dalam Roman “Megaherz” Karya Bas Böttcher. Students E-Journal. http://journal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1759%0Ahttp://journal.unpad.ac.id/ejournal/article/download/1759/1775

Gunawan, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Penggunaan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran IPS Sd. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 03(02), 24.

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.

Hidayat, Amir Husin, Syukri, Rieska Tri Adilla, E. (2022). URGENSITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPSI. 11, 267–281.

Idris. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi…. Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 175–190.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.

Khairunisa, R. (2017). Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III B SDN 005 Awang Long Samarinda. Jurnal PENDAS MAHAKAM, 2(1), 100–107. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/95

Literasi dan Bimbingan Penyuluhan Pembentukan Lembaga Pendidikan LKP Theelhawi Pekanbaru. (2023). 7, 1–5.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.

Marpaung, T. P., Sibaweh, I., & Susanto, B. W. (2023). Urgensi Guru PAI dalam Membentengi Akhlak Peserta Didik di Era Disrupsi ( Studi Kasus pada Siswa SD Islam Uwais Al Qarni Pekanbaru ). 05(03), 9756–9765.

Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.

Roza, Y. (2004). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA SEKOLAH DI KOTA PEKANBARU PROPINSI RIAU. 1–7.

Sada, H. J. (2015). PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN Heru. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 93–105.

Santoso, D. H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi pada Erupsi Merapi 2010 di Sleman Yogyakarta. Jurnal Pekommas, 17(3), 181–188.

Sunarwan, B. (2013). Pola Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Lingkungan Masyarakat Pedesaan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(2), 149–162.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Wismanto 2023, Model Pembelajaran longitudnal repository uin suska. (n.d.).

Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(1), 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Salim, A., Afdal, A., Deprizon, D., Fitri, A., & Wismanto, W. (2023). Peran Manejemen Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan di Era Disrupsi. Journal of Education Research, 4(3), 1290–1297. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.404

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>