Metafora dalam Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpri sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.400Keywords:
Metafora, Komunikasi, MahasiswaAbstract
Metafora merupakan salah satu elemen penting dalam komunikasi bahasa dan sastra, memiliki peran signifikan dalam memahami dan mengungkapkan makna secara kreatif. Namun, pemanfaatan metafora sebagai bahan ajar apresiasi sastra masih terbatas dalam konteks mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di FKIP UNPRI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metafora dalam komunikasi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UNPRI sebagai potensi bahan ajar apresiasi sastra yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis konten untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis metafora yang digunakan oleh mahasiswa dalam komunikasi sehari-hari serta potensinya sebagai bahan ajar apresiasi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UNPRI secara kreatif menggunakan berbagai jenis metafora dalam komunikasi sehari-hari mereka. Metafora ini memiliki potensi yang besar sebagai bahan ajar apresiasi sastra, membantu mahasiswa memahami konsep-konsep sastra secara lebih mendalam dan kontekstual. Dalam konteks pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, penggunaan metafora dalam komunikasi mahasiswa FKIP UNPRI dapat diintegrasikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra yang inovatif dan efektif. Dengan memanfaatkan metafora sebagai alat pembelajaran, mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang unsur-unsur sastra dan meningkatkan kemampuan analitis serta interpretatif dalam karya sastra.
Downloads
References
Arimi, S. (2015). “LINGUISTIK KOGNITIF SEBUAH PENGANTAR”. Yogyakarta: A. Com. Press.
Hartati, S., (2019), “PENGGUNAAN METAFORA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI SURAKARTA”, Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Lakoff & Johnson. 1980. “METAPHOR WE LIVE BY”. Chicago: The University of Chicago Press.
Martvertand dan Adha, R., G. (2014). “METAFORA DALAM KOMUNIKASI BUDAYA MASYARAKAT DAYAK KAYAN GA’AI” International Seminar Language Maintenance and shift IV.
Pratiwi., N., C., (2019), “METAFORA DALAM MANTRA PENGOBATAN MASYARAKAT MELAYU KAYONG UTARA”, Artikel Penelitian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak
Pujaastawa., I., B., G., (2016), “TEKNIK WAWANCARA DAN OBSERVASI
UNTUK PENGUMPULAN BAHAN INFORMASI”, Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Udayana
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Umam., A., T., (2018), “METAFORA DALAM KUMPULAN PUISI SUATU CERITA DARI NEGERI ANGIN KARYA AGUS R. SARJONO SERTA IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA”, Tugas Akhir, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Yonatan, (2017), “ANALISIS METAFORA DALAM LIRIK LAGU IWAN FALS PADA ALBUM TAHUN 1981-1983 BERDASARKAN TEORI BUANG PERSEPSI MANUSIA MODEL HALEY”, Tugas Akhir, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma
Subroto, Edi. (2016). “PENGANTAR STUDI SEMANTIK DAN PRAGMATIK”. Cakrawala Media.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nanda Dwi Astri, Margareta Desnawati Naibaho, Bambang Riyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).