Metafora dalam Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpri sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra

Authors

  • Nanda Dwi Astri Universitas Prima Indonesia, Medan, Indonesia
  • Margareta Desnawati Naibaho Universitas Prima Indonesia, Medan, Indonesia
  • Bambang Riyanto Universitas Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.400

Keywords:

Metafora, Komunikasi, Mahasiswa

Abstract

Metafora merupakan salah satu elemen penting dalam komunikasi bahasa dan sastra, memiliki peran signifikan dalam memahami dan mengungkapkan makna secara kreatif. Namun, pemanfaatan metafora sebagai bahan ajar apresiasi sastra masih terbatas dalam konteks mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di FKIP UNPRI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metafora dalam komunikasi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UNPRI sebagai potensi bahan ajar apresiasi sastra yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis konten untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis metafora yang digunakan oleh mahasiswa dalam komunikasi sehari-hari serta potensinya sebagai bahan ajar apresiasi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UNPRI secara kreatif menggunakan berbagai jenis metafora dalam komunikasi sehari-hari mereka. Metafora ini memiliki potensi yang besar sebagai bahan ajar apresiasi sastra, membantu mahasiswa memahami konsep-konsep sastra secara lebih mendalam dan kontekstual. Dalam konteks pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, penggunaan metafora dalam komunikasi mahasiswa FKIP UNPRI dapat diintegrasikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra yang inovatif dan efektif. Dengan memanfaatkan metafora sebagai alat pembelajaran, mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang unsur-unsur sastra dan meningkatkan kemampuan analitis serta interpretatif dalam karya sastra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arimi, S. (2015). “LINGUISTIK KOGNITIF SEBUAH PENGANTAR”. Yogyakarta: A. Com. Press.

Hartati, S., (2019), “PENGGUNAAN METAFORA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI SURAKARTA”, Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Lakoff & Johnson. 1980. “METAPHOR WE LIVE BY”. Chicago: The University of Chicago Press.

Martvertand dan Adha, R., G. (2014). “METAFORA DALAM KOMUNIKASI BUDAYA MASYARAKAT DAYAK KAYAN GA’AI” International Seminar Language Maintenance and shift IV.

Pratiwi., N., C., (2019), “METAFORA DALAM MANTRA PENGOBATAN MASYARAKAT MELAYU KAYONG UTARA”, Artikel Penelitian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak

Pujaastawa., I., B., G., (2016), “TEKNIK WAWANCARA DAN OBSERVASI

UNTUK PENGUMPULAN BAHAN INFORMASI”, Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Udayana

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Umam., A., T., (2018), “METAFORA DALAM KUMPULAN PUISI SUATU CERITA DARI NEGERI ANGIN KARYA AGUS R. SARJONO SERTA IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA”, Tugas Akhir, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Yonatan, (2017), “ANALISIS METAFORA DALAM LIRIK LAGU IWAN FALS PADA ALBUM TAHUN 1981-1983 BERDASARKAN TEORI BUANG PERSEPSI MANUSIA MODEL HALEY”, Tugas Akhir, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma

Subroto, Edi. (2016). “PENGANTAR STUDI SEMANTIK DAN PRAGMATIK”. Cakrawala Media.

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Astri, N. D., Naibaho, M. D., & Riyanto, B. (2023). Metafora dalam Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpri sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra. Journal of Education Research, 4(3), 1308–1314. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.400

Issue

Section

Articles

Citation Check