Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak
DOI:
https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.4Keywords:
metode bercerita, media boneka tangan, kemampuan berbicaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita berbantu media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimental, dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa TK A berusia 4-5 tahun sebanyak 28 orang anak, sedangkan sampel dalam penelitian ini sejumlah 14 orang anak. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda. Berdasarkan analisis data diperoleh indeks perbedaan atau nilai t = -7,691 dan sig 2 tailed 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan berupa metode bercerita berbantu media boneka tangan. Terdapat dua aspek berbicara yang meningkat secara signifikan yaitu aspek penguasaan kosakata dan lafal ucapan.
Downloads
References
Ahmadi, R., & Mohamadi, Z. (2017). The Effect of Story Telling Through Puppet on Speaking Fluency and Motivation of Pre-Intermediate Iranian English as Foreign Language Learners. Journal of Teaching English Language Studies, 5.
Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arsjad, maidar G., & U.S, M. (1991). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa. erlangga.
Dhieni, N. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.
Evanofiana, N., Mahyuddin, N., & Izzati. (2019). Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Permainan Boneka Jari Di Taman Kanak-Kanak. Aksara Rentaka Siar, 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.2649340
Fadlillah, M. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Ar-Ruz Media.
Hasanah, N., Harmawati, D., & Hidayat Khoirul, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Bercerita Berbantu Media Finger Puppet pada Anak TK Kelompok B. Masamus Journal Of Primary Education, 2. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.2046
Irenaningtyas, D. A., & Ratna, W. (2004). Perbedaan Penguasaan Kosakata Anak Pra-Sekolah. Jurnal Psikologi, 2.
Kusdiyati, S., Halimah, L., & Azlin, F. (2010). Pengaruh Pemberian Dongeng dengan Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Psikologi, III (2).
Midyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenadamedia Group.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta.
Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202-210. doi:http://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72
Siregar, A., & Hazizah, N. (2019). Studi Kasus Keterlambatan Bicara Anak Usia 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 22-27. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.31
Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2015). Menyelami Perkembangan Manusia. Salemba Humanika.
Reza, I. F. (2017). Metode Penelitian Psikologi Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. NoerFikri Offset.
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publishing.
Wiyani, N. A. (2014). Mengelolan & Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini. Redaksi.
Wulan, R. (2011). Mengasah Kecerdasan Pada Anak (bayi-pra-sekolah). Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).