Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Flashcard Pada Anak Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.393Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal dan konsonan melalui media flashcard pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina II Trowulan Mojokerto. penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek pada penelitian ini sebanyak tujuh belas anak yang terdiri dari enam perempuan dan sebelas laki-laki. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini sebesar tujuh puluh lima persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa diperoleh hasil pada siklus I sebesar tiga puluh persen, siklus II sebesar empat puluh tujuh persen dan siklus III sebesar tujuh puluh enam persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal dan konsonan melalui media flashcard mengalami peningkatan.
Downloads
References
Akhiyati, S. (2020). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan melipat pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 140–149. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31350
Arikunto, S. (2015). penelitian tindakan kelas (Suryani (ed.); revisi). sinar grafika offset.
Chusna, L. A., & Ningrum, M. A. (2019). Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. JUrnal PAUD Teratai, 08(2), 1–6.
Febriani, F., & Hazizah, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Helm Kartu Huruf. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 66–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 74–86. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513
Karyati maimun. (2021). pengembangan aspek kognitif dalam mengenal lambang bilangan, huruf vokal dan konsonan. 1(3), 1–23.
Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aula, N. (2021). Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia prasekolah. 8(2020), 153–163.
Pitaloka, G. (2019). Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B3 TK IT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(4), 1–12. https://doi.org/10.14421/jga.2019.44-01
Puspita, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al Falah Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4598
Ratna Dewi, Enda Puspitasari, & Rita Kurnia. (2021). Pengembangan Media Kartu Huruf Elektrik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Al Pendidikan Tambusai, 5(3), 9600–9609.
Rita, A., Samsu, & Musa. (2022). Meningktkan pengenalan huruf vokal dan konsonan melalui metode bercerita menggunakan media kartu kata bergambar. I, 85–100.
Rizkiyana, M. (n.d.). Meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui emdia kartu bergambar kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wates.
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Wildyanti, R., & nurlailah. (2019). peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan melalui media kartu huruf pada anak usia dini kelompk B KB puncak mewatang kecaatan Bungin kabupaten Enrekang. Al-Athfal, 1(1), 105–112. https://covid19.kemkes.go.id/category/situasi-infeksi-emerging/info-coronavirus/
Mery, M. M. (2020). Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan pada Anak Kelompok B di TKK Rherhedja 2. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 116–124. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.357.
Akhiyati, S. (2020). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan melipat pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 140–149. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31350
Arikunto, S. (2015). penelitian tindakan kelas (Suryani (ed.); revisi). sinar grafika offset.
Chusna, L. A., & Ningrum, M. A. (2019). Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. JUrnal PAUD Teratai, 08(2), 1–6.
Febriani, F., & Hazizah, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Helm Kartu Huruf. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 66–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 74–86. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513
Karyati maimun. (2021). pengembangan aspek kognitif dalam mengenal lambang bilangan, huruf vokal dan konsonan. 1(3), 1–23.
Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aula, N. (2021). Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia prasekolah. 8(2020), 153–163.
Pitaloka, G. (2019). Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B3 TK IT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(4), 1–12. https://doi.org/10.14421/jga.2019.44-01
Puspita, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al Falah Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4598
Ratna Dewi, Enda Puspitasari, & Rita Kurnia. (2021). Pengembangan Media Kartu Huruf Elektrik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Al Pendidikan Tambusai, 5(3), 9600–9609.
Rita, A., Samsu, & Musa. (2022). Meningktkan pengenalan huruf vokal dan konsonan melalui metode bercerita menggunakan media kartu kata bergambar. I, 85–100.
Rizkiyana, M. (n.d.). Meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui emdia kartu bergambar kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wates.
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Wildyanti, R., & nurlailah. (2019). peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan melalui media kartu huruf pada anak usia dini kelompk B KB puncak mewatang kecaatan Bungin kabupaten Enrekang. Al-Athfal, 1(1), 105–112. https://covid19.kemkes.go.id/category/situasi-infeksi-emerging/info-coronavirus/
Mery, M. M. (2020). Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan pada Anak Kelompok B di TKK Rherhedja 2. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 116–124. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.357.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Mallevi Agustin Ningrum Levi, Maziyatul Hamidah, Lischa Dwi Christin Niya Ningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).