Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Flashcard Pada Anak Kelompok B

Authors

  • Mallevi Agustin Ningrum Levi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Maziyatul Hamidah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Lischa Dwi Christin Niya Ningrum Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal dan konsonan melalui media flashcard pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina II Trowulan Mojokerto. penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek pada penelitian ini sebanyak tujuh belas anak yang terdiri dari enam perempuan dan sebelas laki-laki. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini sebesar tujuh puluh lima persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa diperoleh hasil pada siklus I sebesar tiga puluh persen, siklus II sebesar empat puluh tujuh persen dan siklus III sebesar tujuh puluh enam persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal dan konsonan melalui media flashcard mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhiyati, S. (2020). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan melipat pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 140–149. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31350

Arikunto, S. (2015). penelitian tindakan kelas (Suryani (ed.); revisi). sinar grafika offset.

Chusna, L. A., & Ningrum, M. A. (2019). Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. JUrnal PAUD Teratai, 08(2), 1–6.

Febriani, F., & Hazizah, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Helm Kartu Huruf. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 66–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313

Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 74–86. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513

Karyati maimun. (2021). pengembangan aspek kognitif dalam mengenal lambang bilangan, huruf vokal dan konsonan. 1(3), 1–23.

Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aula, N. (2021). Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia prasekolah. 8(2020), 153–163.

Pitaloka, G. (2019). Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B3 TK IT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(4), 1–12. https://doi.org/10.14421/jga.2019.44-01

Puspita, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al Falah Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4598

Ratna Dewi, Enda Puspitasari, & Rita Kurnia. (2021). Pengembangan Media Kartu Huruf Elektrik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Al Pendidikan Tambusai, 5(3), 9600–9609.

Rita, A., Samsu, & Musa. (2022). Meningktkan pengenalan huruf vokal dan konsonan melalui metode bercerita menggunakan media kartu kata bergambar. I, 85–100.

Rizkiyana, M. (n.d.). Meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui emdia kartu bergambar kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wates.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Wildyanti, R., & nurlailah. (2019). peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan melalui media kartu huruf pada anak usia dini kelompk B KB puncak mewatang kecaatan Bungin kabupaten Enrekang. Al-Athfal, 1(1), 105–112. https://covid19.kemkes.go.id/category/situasi-infeksi-emerging/info-coronavirus/

Mery, M. M. (2020). Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan pada Anak Kelompok B di TKK Rherhedja 2. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 116–124. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.357.

Akhiyati, S. (2020). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan melipat pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 140–149. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31350

Arikunto, S. (2015). penelitian tindakan kelas (Suryani (ed.); revisi). sinar grafika offset.

Chusna, L. A., & Ningrum, M. A. (2019). Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. JUrnal PAUD Teratai, 08(2), 1–6.

Febriani, F., & Hazizah, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Helm Kartu Huruf. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 66–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313

Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 74–86. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513

Karyati maimun. (2021). pengembangan aspek kognitif dalam mengenal lambang bilangan, huruf vokal dan konsonan. 1(3), 1–23.

Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aula, N. (2021). Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia prasekolah. 8(2020), 153–163.

Pitaloka, G. (2019). Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B3 TK IT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(4), 1–12. https://doi.org/10.14421/jga.2019.44-01

Puspita, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al Falah Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4598

Ratna Dewi, Enda Puspitasari, & Rita Kurnia. (2021). Pengembangan Media Kartu Huruf Elektrik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Al Pendidikan Tambusai, 5(3), 9600–9609.

Rita, A., Samsu, & Musa. (2022). Meningktkan pengenalan huruf vokal dan konsonan melalui metode bercerita menggunakan media kartu kata bergambar. I, 85–100.

Rizkiyana, M. (n.d.). Meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui emdia kartu bergambar kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wates.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Wildyanti, R., & nurlailah. (2019). peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan melalui media kartu huruf pada anak usia dini kelompk B KB puncak mewatang kecaatan Bungin kabupaten Enrekang. Al-Athfal, 1(1), 105–112. https://covid19.kemkes.go.id/category/situasi-infeksi-emerging/info-coronavirus/

Mery, M. M. (2020). Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan pada Anak Kelompok B di TKK Rherhedja 2. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 116–124. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.357.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Levi, M. A. N., Hamidah, M., & Ningrum, L. D. C. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Flashcard Pada Anak Kelompok B. Journal of Education Research, 4(4), 1773–1784. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.393

Issue

Section

Articles

Citation Check