Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Desain Pembelajaran Blended Learning dengan Wordwall
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.388Keywords:
Berfikir Kritis, Blended Learning, WordwallAbstract
Kebodohan pembelajaran daring berdampak pada menurunnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan melalui Action Research bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan menggunakan desain pembelajaran Blended Learning yang dibantu oleh Wordwall. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMPN tiga Adiwerna Kabupaten Tegal sebanyak tiga puluh dua siswa. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai Mei pada semester II tahun ajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi untuk memperoleh informasi kegiatan pembelajaran, rubrik untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian action menunjukkan temuan sebagai berikut, bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat, dengan selisih nilai rerata kemampuan berpikir kritis siswa dari Siklus I sampai Siklus II. rerata hasil belajar siswa meningkat, dengan selisih nilai dari Siklus I sampai Siklus II .Sedangkan persentase hasil pembelajaran klasikal peningkatan.
Downloads
References
Abidah, A. H. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1, 38–49.
Ani Irawanti, M. (2021, mei 21). Pemanfaat Aplikasi Wordwall untuk Membuat Game Edukasi dalam PJJ. Retrieved from Jawa Pos radarsemarang.id: https://radarsemarang.jawapos.com/ artikel/untukmu-guruku/2021/05/21/pemanfaat-aplikasi-wordwall-untuk-membuat-game- edukasi-dalam-pjj/
Anjarwati, K. a. (2022). Concept Mapping Strategy through Hybrid Flexible Course: Its Significance toward Student Achievement. Englie: English Learning Innovation, 70-84.
Beatty, B. J. (2019). Hybrid-Flexible Course Design Implementing student-directed hybrid classes.
Retrieved from Textbooks and Journals: https://edtechbooks.org/hyflex
Brian J. Beatty. (2022, 05 27). Hybrid-Flexible Course Design. Retrieved from Hybrid-Flexible Course Design: https://edtechbooks.org/pdfs/print/hyflex/_hyflex.pdf
Eka Ariyati, dkk. (2021). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning(POGIL). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 208-215.
Endang Retno W., R. S. (2018). Penilaian Kinerja Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Fadilah, I. N. (2021, oktober 19). PhiRadio Gaya Juara. Retrieved from Aplikasi Game Edukasi untuk Pembelajaran Daring, Wordwall: https://www.phiradio.net/aplikasi-game-edukasi-untuk- pembelajaran-daring-wordwall/
Fatimah, N. (2021, juni 12). Belajar Bersama dalam Jaringan, 11 Juni 2021 “Wordwall Teaching Resources, Cara Unik Belajar Sambil Bermain”. Retrieved from BPMP Provinsi Jakarta Balai Penjamin Mutu Pendidikan: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/wordwall-teaching-resources- cara-unik-belajar-sambil-bermain/
Hapsari, S. A. (2019). Pemanfaatan google classroom Sebagai Media Online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225 – 233.
Indri Anugraheni. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan PermasalahanBilangan Bulat Berbasis Media Realistik . Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 276-283.
Mawardi, & Koeswanti, H. (2021). PPG Students' Learning Competency Analysis From Self Regulated Learning Factors. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 377-342. doi:https://doi.org/10.23887/ jisd.v5i4.40111
Oik Yusuf, (2014, 24 November) Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. KOMPAS. Diperoleh pada 11 Maret 2016, dari http://tekno.kompas.com
Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah .
Rahayu, F. d. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. . Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2, (2), 81–89.
Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin. (2021). Dampak Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Inpres 1 Tatura Kota Palu. Guru TuA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 44-50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Budi Saptaaji, Burhanudin Burhanudin, Basukiyatno Basukiyatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).