Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Desain Pembelajaran Blended Learning dengan Wordwall

Authors

  • Ahmad Budi Saptaaji Program Pasca Sarjana Studi Magister Pedagogi, Universitas Panca Sakti, Indonesia
  • Burhanudin Burhanudin Program Pasca Sarjana Studi Magister Pedagogi, Universitas Panca Sakti , Indonesia
  • Basukiyatno Basukiyatno Program Pasca Sarjana Studi Magister Pedagogi, Universitas Panca Sakti , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.388

Keywords:

Berfikir Kritis, Blended Learning, Wordwall

Abstract

Kebodohan pembelajaran daring berdampak pada menurunnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan melalui Action Research  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan menggunakan desain pembelajaran Blended Learning  yang dibantu oleh Wordwall. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMPN tiga Adiwerna Kabupaten Tegal sebanyak tiga puluh dua siswa. Penelitian dilakukan pada bulan  April sampai Mei  pada semester II tahun ajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi untuk memperoleh informasi kegiatan pembelajaran, rubrik untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian action menunjukkan temuan sebagai berikut,  bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat, dengan selisih nilai rerata kemampuan berpikir kritis siswa dari Siklus I sampai Siklus II.  rerata hasil belajar siswa meningkat, dengan selisih nilai dari Siklus I sampai Siklus II .Sedangkan persentase hasil pembelajaran klasikal peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, A. H. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1, 38–49.

Ani Irawanti, M. (2021, mei 21). Pemanfaat Aplikasi Wordwall untuk Membuat Game Edukasi dalam PJJ. Retrieved from Jawa Pos radarsemarang.id: https://radarsemarang.jawapos.com/ artikel/untukmu-guruku/2021/05/21/pemanfaat-aplikasi-wordwall-untuk-membuat-game- edukasi-dalam-pjj/

Anjarwati, K. a. (2022). Concept Mapping Strategy through Hybrid Flexible Course: Its Significance toward Student Achievement. Englie: English Learning Innovation, 70-84.

Beatty, B. J. (2019). Hybrid-Flexible Course Design Implementing student-directed hybrid classes.

Retrieved from Textbooks and Journals: https://edtechbooks.org/hyflex

Brian J. Beatty. (2022, 05 27). Hybrid-Flexible Course Design. Retrieved from Hybrid-Flexible Course Design: https://edtechbooks.org/pdfs/print/hyflex/_hyflex.pdf

Eka Ariyati, dkk. (2021). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning(POGIL). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 208-215.

Endang Retno W., R. S. (2018). Penilaian Kinerja Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Fadilah, I. N. (2021, oktober 19). PhiRadio Gaya Juara. Retrieved from Aplikasi Game Edukasi untuk Pembelajaran Daring, Wordwall: https://www.phiradio.net/aplikasi-game-edukasi-untuk- pembelajaran-daring-wordwall/

Fatimah, N. (2021, juni 12). Belajar Bersama dalam Jaringan, 11 Juni 2021 “Wordwall Teaching Resources, Cara Unik Belajar Sambil Bermain”. Retrieved from BPMP Provinsi Jakarta Balai Penjamin Mutu Pendidikan: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/wordwall-teaching-resources- cara-unik-belajar-sambil-bermain/

Hapsari, S. A. (2019). Pemanfaatan google classroom Sebagai Media Online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225 – 233.

Indri Anugraheni. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan PermasalahanBilangan Bulat Berbasis Media Realistik . Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 276-283.

Mawardi, & Koeswanti, H. (2021). PPG Students' Learning Competency Analysis From Self Regulated Learning Factors. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 377-342. doi:https://doi.org/10.23887/ jisd.v5i4.40111

Oik Yusuf, (2014, 24 November) Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. KOMPAS. Diperoleh pada 11 Maret 2016, dari http://tekno.kompas.com

Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah .

Rahayu, F. d. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. . Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2, (2), 81–89.

Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin. (2021). Dampak Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Inpres 1 Tatura Kota Palu. Guru TuA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 44-50

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Saptaaji, A. B., Burhanudin, B., & Basukiyatno, B. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Desain Pembelajaran Blended Learning dengan Wordwall. Journal of Education Research, 4(3), 1503–1512. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.388

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>