Analisis Isi Buku Nahwu Titik Nol terhadap Peningkatan Minat Belajar Santri Manhalun Nabighin Medan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.385Abstract
Nahwu merupakan suatu alat untuk mempermudah belajar bahasa Arab. Melalui ilmu nahwu, diharapkan santri mampu memperbaiki susunan uslub-uslub bahasa Arab. Namun, di dalam pembelajaran terdapat sebuah permasalahan mengenai minat belajar santri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Isi Buku Nahwu Titik Nol terhadap peningkatan minat belajar santri Manhalun Nabighin Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis dengan cara, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku Nahwu Titik Nol tersebut memenuhi kriteria buku ajar yang baik dari segi materi, segi seleksi, gradasi, dan presentasi. Selain itu, penelitian ini menghasilkan data bahwa minat belajar santri mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran menggunakan bantuan materi yang detail dan cara mengajar guru didalam kelas yang membuat santri bersemangat mempelajari bahasa Arab dengan baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Atiyah Hasanah, Harun Al-Rasyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).