Analisis Isi Buku Nahwu Titik Nol terhadap Peningkatan Minat Belajar Santri Manhalun Nabighin Medan

Authors

  • Atiyah Hasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Harun Al-Rasyid Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.385

Abstract

Nahwu merupakan suatu alat untuk mempermudah belajar bahasa Arab. Melalui ilmu nahwu, diharapkan santri mampu memperbaiki susunan uslub-uslub bahasa Arab. Namun, di dalam pembelajaran terdapat sebuah permasalahan mengenai minat belajar santri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Isi Buku Nahwu Titik Nol terhadap peningkatan minat belajar santri Manhalun Nabighin Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis dengan cara, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku Nahwu Titik Nol tersebut memenuhi kriteria buku ajar yang baik dari segi materi, segi seleksi, gradasi, dan presentasi. Selain itu, penelitian ini menghasilkan data bahwa minat belajar santri mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran menggunakan bantuan materi yang detail dan cara mengajar guru didalam kelas yang membuat santri bersemangat mempelajari bahasa Arab dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Hasanah, A., & Al-Rasyid, H. (2023). Analisis Isi Buku Nahwu Titik Nol terhadap Peningkatan Minat Belajar Santri Manhalun Nabighin Medan. Journal of Education Research, 4(3), 1272–1279. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.385

Issue

Section

Articles

Citation Check