Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Pangkah

Authors

  • Hery Krisnanto Program Studi Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Taufiqulloh Taufiqulloh Program Studi Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Yoga Prihatin Program Studi Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.384

Keywords:

Flipped Classroom, Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX SMPN satu Pangkah pada pelajaran Bahasa Inggris materi Procedure text. Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan post-test only control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran tradisional. Peneliti menggunakan instrumen lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan menggunakan tes, pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan skor poin yang berarti antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam model flipped classroom pada pembelajaran materi Procedure text.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja. Grafindo Persada. Arikunto, Suharsimi. 2006

Basal, Ahmet, 2015, The Implementation of a Flipped Classroom in Foreign Language Teaching. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE ISSN 1302-6488 Volume: 16 Number: 4 Article 3.

Bergmann, J., & Sams, A. 2012, Flip your classroom: reach every student in every class every day. Washington, DC: ISTE.

Hasan, K., Zainal, Z., & Suhadjerah, S. 2020, The Development Of Learning Media Of Pakakala Boardgame. Journal Of Educational Science And Technology (EST), 6(1), 48. Https://Doi.Org/10.26858/Est.V6i1.12351

Herreid, C. F., & Schiller, N. A. 2013. Case Studies and the Flipped Classroom. Journal of College Science Teaching, 42(5), 62–66.http://doi.org/doi.org.proxy2.lib.umanitoba.ca/10.1

Johnson, Graham, B. 2013, Student Perceptions Of The Flipped Classroom, Thesis. The University Of British Coloumbia: Coloumbia.

Milman B., Natalie. 2012. The Flipped Classroom Strategy What is it and How Can it Best be Used?. Jurnal Internasional Volume 9, Issue 3 : The George Washington University.

Priansa, Doni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Jakarta: Alfabeta CV

Rusman, 2010, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:Alfabeta

Sumiati & Asra, (2011). Metode Pembelajaran. CV Wacana Prima. Bandung

Yulietri, F dan Mulyoto, M. 2015. Model Flipped Classroom dan Discovery Learning pengaruhnya terhdapa prestasi belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Teknodika 13(2)

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Krisnanto, H., Taufiqulloh, T., & Prihatin, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Pangkah. Journal of Education Research, 4(3), 1495–1502. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.384

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)