Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Swadaya Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Sumberdaya Manusia

Authors

  • Miskun Miskun (1) Sekolah Tinggi Agama Islam Ar Ridho Bagansiapiapi Jl. Labuhan Tangga Kecil Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, Indonesia
  • Asmarika Asmarika STAI Al Mujtahadah Pekanbaru, Indonesia
  • Yona Fitri STAI Hubbulwathan Duri, Indonesia
  • Deprizon Deprizon Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.382

Keywords:

Manajemen Pendidikan, , Manajemen Pembiayaan, Berbasis Masyarakat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa lembaga pendidikan berbasis swadaya masyarakat yang keberadaannya seperti “hidup segan mati tak mau”. Pembangunan fisik gedung sekolahnya tidak berkembang, jumlah peserta didiknya juga seperti tidak bertambah, luaran sekolahnyapun terkesan seperti kurang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk; membuka pemikiran sebagian pengelola lembaga pendidikan tentang manajemen pembiayaan berbasis masyarakat yang dapat dilakukan untuk membantu menyelesaikan persoalan disekolah yang mereka kelola.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, membaca literatur online dan pencatatan. Menganalisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sedikitnya beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menerapkan manajemen pembiayaan berbasis swadaya masyarakat; (1) Merencanakan pembiayaan berbasis Swadaya Masyarakat; (a) Pembiayaan berbasis Subsidi Silang. (b) Pembiayaan beasiswa berbasis pola bapak angkat untuk anak Yatim dan atau Piatu. (c) Pembiayaan Beasiswa berbasis prestasi hafal beberapa juz al-Qur’an. (2) proses Pelaksanaan pembiayaan; (a) Penerimaan. (b) Pengeluaran. (3) Mengevaluasi Penggunaan pembiayaan berbasis swadaya masyarakat. (4) Melaporkan Penggunaan anggaran pendidikan berbasis swadaya masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar. (2015). Manajemen Inovasi Pembelajaran Pada Kelas Unggulan (Studi Multisitus di MtsN Model Praya dan MTsN 1 Model Mataram. In Disertasi.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.

Fitri, A., Nursikin, M., & Amin, K. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.

Hidayat, Amir Husin, Syukri, Rieska Tri Adilla, E. (2022). URGENSITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPSI. 11, 267–281.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Literasi dan Bimbingan Penyuluhan Pembentukan Lembaga Pendidikan LKP Theelhawi Pekanbaru. (2023). 7, 1–5.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.

Martanti, F. (2018). Metode Struktural Analitik Sintetik dalam Pembelajaran Anak Disleksia. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 17–28. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.127

Masduki, M. (2019). Pendidikan Berbasis Masyarakat Dalam Pendidikan Islam. Qalamuna, 11(2), 111–123.

Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1855

Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573–9583. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1830

Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.

Sulhan, A. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Mutu Lulusan (Studi Multikasus di MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri Lombok Barat dan SMA Negeri 2 Mataram).

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652–663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357

Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Miskun, M., Asmarika, A., Fitri, Y., Deprizon, D., & Wismanto, W. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Swadaya Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Sumberdaya Manusia. Journal of Education Research, 4(3), 1155–1161. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.382

Issue

Section

Articles

Citation Check