Peran Kurikulum Merdeka pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Cerdas Indonesia di Kota Surabaya

Authors

  • Hilda Indri Azalea Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.380

Keywords:

Kurikulum merdeka, , Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Pendidikan nonformal, Kejar paket

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi pada tahun dua ribu dua puluh dua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Kurikulum Merdeka pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Insan Cerdas di Kota Surabaya dalam mencapai tujuan PKBM Insan Cerdas Indonesia. Kurikulum merdeka memberikan kesempatan belajar yang sebebas-bebasnya dan senyaman-nyamannya kepada peserta didik sehingga peserta didik mempunyai portofolio yang sesuai dengan kegemarannya, minat dan bakat yang dimiliki. Narasumber penelitian ini adalah pendiri, para guru, siswa dari PKBM Insan Cerdas Indonesia, serta dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran dari kurikulum merdeka efektif mencapai tujuan dari PKBM Insan Cerdas Indonesia, namun dalam pelaksanaan nya kurikulum merdeka bukanlah hal yang baru bagi PKBM Insan Cerdas Indonesia. Sehingga langkah yang dilakukan saat ini adalah lebih mempersiapkan siswa kepada dunia usaha dan dunia industri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi., (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta

Raco, J.r., (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta : Grasindo Saebani, Ahmad., Afifudin., (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia

Peter M, Kettner, Robert M Moroney dan Lawrence L. Martin. (2008). Designing and Managing Programs: An Effectiveness-Bassed Approach. United S. tates of America: Sage Publications, Inc

Sugiono., (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Ahmad., Madani, Faisal., Ishaq., Purwito, Lasi., Sari, Ratih., (2022). Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Nonformal. : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Volume 08 (2) May 2022. doi: 10.37905/aksara.8.2.1143-1154.2022

Anggraini, Wiwit., (2022). Efektifitas Program Pendidikan Luar Sekolah dalam Kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Varian Center Kelurahan Petemon Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Jurnal Aplikasi Administrasi Vol.20 No. 1 Mei 2017

Hadi, Abdul., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas. Jawa Tengah. CV. Pena Persada.

Sari, Rati., (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 1, Nomor 1, Special Issue

Sumarsih, Ineu., Marliyani, Teni., Hadiyansyah, Yadi., Hernawan, Asep., Prihantini., (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu Vol 6 No 5. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3216

Hajaroh, Mami., Paradigma, Pendekatan dan Metodologi Penelitian Fenomenologi. Diakses dari https://staffnew.uny.ac.id/upload/132011629/penelitian/ fenomenologi.pdf

Harahap, Diana., Badaruddin, & Harahap, Hamdani., (2020). Efektifitas Penerapan Sistem E-Planning Dalam Perencanaan Pembangunan di Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Perspektif, 10 (1), 76 – 87. doi: 10.31289/perspektif.v10i1.4073

Mayasoni, Lutfia. (2022). Methods of Measuring the Effectiveness of Public Policy. Jurnal Sosial Politik Integratif. http://jisip.org/index.php/jsp/article/view/69

Mulyono, Dino., (2012). Menegaskan Karakter Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1

Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Azalea, H. I. (2023). Peran Kurikulum Merdeka pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Cerdas Indonesia di Kota Surabaya. Journal of Education Research, 4(3), 1108–1115. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.380

Issue

Section

Articles

Citation Check