Peran Kurikulum Merdeka pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Cerdas Indonesia di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.380Keywords:
Kurikulum merdeka, , Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Pendidikan nonformal, Kejar paketAbstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi pada tahun dua ribu dua puluh dua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Kurikulum Merdeka pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Insan Cerdas di Kota Surabaya dalam mencapai tujuan PKBM Insan Cerdas Indonesia. Kurikulum merdeka memberikan kesempatan belajar yang sebebas-bebasnya dan senyaman-nyamannya kepada peserta didik sehingga peserta didik mempunyai portofolio yang sesuai dengan kegemarannya, minat dan bakat yang dimiliki. Narasumber penelitian ini adalah pendiri, para guru, siswa dari PKBM Insan Cerdas Indonesia, serta dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran dari kurikulum merdeka efektif mencapai tujuan dari PKBM Insan Cerdas Indonesia, namun dalam pelaksanaan nya kurikulum merdeka bukanlah hal yang baru bagi PKBM Insan Cerdas Indonesia. Sehingga langkah yang dilakukan saat ini adalah lebih mempersiapkan siswa kepada dunia usaha dan dunia industri.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi., (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta
Raco, J.r., (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta : Grasindo Saebani, Ahmad., Afifudin., (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia
Peter M, Kettner, Robert M Moroney dan Lawrence L. Martin. (2008). Designing and Managing Programs: An Effectiveness-Bassed Approach. United S. tates of America: Sage Publications, Inc
Sugiono., (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Ahmad., Madani, Faisal., Ishaq., Purwito, Lasi., Sari, Ratih., (2022). Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Nonformal. : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Volume 08 (2) May 2022. doi: 10.37905/aksara.8.2.1143-1154.2022
Anggraini, Wiwit., (2022). Efektifitas Program Pendidikan Luar Sekolah dalam Kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Varian Center Kelurahan Petemon Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Jurnal Aplikasi Administrasi Vol.20 No. 1 Mei 2017
Hadi, Abdul., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas. Jawa Tengah. CV. Pena Persada.
Sari, Rati., (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 1, Nomor 1, Special Issue
Sumarsih, Ineu., Marliyani, Teni., Hadiyansyah, Yadi., Hernawan, Asep., Prihantini., (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu Vol 6 No 5. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3216
Hajaroh, Mami., Paradigma, Pendekatan dan Metodologi Penelitian Fenomenologi. Diakses dari https://staffnew.uny.ac.id/upload/132011629/penelitian/ fenomenologi.pdf
Harahap, Diana., Badaruddin, & Harahap, Hamdani., (2020). Efektifitas Penerapan Sistem E-Planning Dalam Perencanaan Pembangunan di Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Perspektif, 10 (1), 76 – 87. doi: 10.31289/perspektif.v10i1.4073
Mayasoni, Lutfia. (2022). Methods of Measuring the Effectiveness of Public Policy. Jurnal Sosial Politik Integratif. http://jisip.org/index.php/jsp/article/view/69
Mulyono, Dino., (2012). Menegaskan Karakter Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1
Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Hilda Indri Azalea

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).