Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru

Authors

  • Rusli Ibrahim STAI Ar Ridho Jl. Labuhan Tanggga Besar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan hilir, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-9803-481X
  • Asmarika Asmarika STAI Al Mujtahadah Pekanbaru, Indonesia
  • Agus Salim STAI Ar Ridho Jl. Labuhan Tanggga Besar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan hilir, Indonesia
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau , Indonesia
  • Abunawas Abunawas Universitas Muhammadiyah Riau , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.371

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya disiplin siswa Madrasah Ibtidaiyah al Barokah Jl. Datuk Tunggul Pekanbaru. indikator yang terlihat diantaranya masih banyaknya siswa yang datang terlabat bahkan setelah pagar sekolah dikunci, tidak mengerjakan tugas, suka bermain saat jam pelajaran dimulai. Penelitian bertujuan untuk: mendeskripsikan karakteristik disiplin siswa,  mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakteristik disiplin siswa, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan. Menganalisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ciri-ciri kedisiplinan siswa meliputi siswa yang menaati peraturan sekolah. Untuk membentuk karakter disiplin siswa guru berperan sebagai guru, pendidik, evaluator, dan panutan bagi siswa. Faktor pendukung yang membentuk karakter disiplin siswa antara lain dukungan dari dalam dan luar sekolah. Faktor penghambat karakteristik disiplin siswa antara lain pengawasan guru yang terbatas terhadap siswa, pengaruh sosial teman, dan penggunaan teknologi yang tidak tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmarika Asmarika, Amir Husin, Syukri Syukri, Wismanto Wismanto, Rafifah Qanita, Mengasah Kemampuan Softskills Dan Hardskills Calon Guru Sd/Mi Pada Metode Microteaching Melalui Pengembangan Media Visual Mahasiswa PGMI UMRI. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/498

Asmarika Asmarika, Syukri Syukri, Mohd Fikri Azhari, Mardhiah Mardhiah, Wismanto Wismanto, Peran Ganda Guru Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SDIT Al-Hasan Kec. Tapung Kab Kampar. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=vfKP3hEAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=vfKP3hEAAAAJ:JoZmwDi-zQgC

Bidin, I., Isnaini, M., Mishart, M., Wismanto, W., & Amin, K. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Jurnal Pendidikan , 4 (4), 1448-1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129

Fitri, A., Wismanto, W., Nursikin, M., Mashuri, M., & Amin, K. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710-9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786

Hamzah, H., Syafrianti, T., Susanto, B. W., Wismanto, W., & EM, R. T. A. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru.

Hidayat Hidayat, Amir Husin, Syukri Syukri, Wismanto Wismanto, Rieskha Tri Adilah,Em, Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam Di Era Disrupsi. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/497

https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3617

Junaidi, J., Zalisman, Z., Yusri, Y., Amin, K., & Wismanto, W. (2023). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal On Education, 5(3), 10040-10052. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1887

Lexy J. Moleong. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda karya.

Mardhiah Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin, Masjunaidi Masjunaidi, Wismanto Wismanto, Ikhtiar Kepala Mis Raudhatul Mushallin Tanjung Unggat Dalam Meningkatkan Eksistensi Madrasah Yang Dipimpinnya Melalui Perbaikan Manajemen. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/507

Mushaf Al-Qur’an Terjemah. 2009. Depok: SABIQ.

Muslim, M., Yusri, Y., Syafaruddin, S., Syukri, M., & Wismanto, W. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam menampilkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi (Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru). Jurnal Pendidikan , 5 (3), 10192-10204. Diambil dari https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1913.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur'an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Pendidikan , 5 (3), 9573-9583. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1830

Riska Syafitri, Miskun Miskun, Erfina Erfina, Rusli Ibrahim, Wismanto Wismanto, Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “Subsidi Silang” Pada SDIT Imam Asy-Syafii Jl. Delima Pekanbaru. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/506

Rochimi, Isnaenti Fat. 2018. Upaya Guru Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 4 e-ISSN: 2502-3519.

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media Cet. I.

Syukri, S., Rouf, A., Wismanto, W., Amin, K., & Qanita, R. (2023). Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pekanbaru Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital. Journal on Education, 6(1), 4639-4651. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3616

Wismanto Dkk, 2023, Pendidikan Karakter Generasi Mukmin Berbasis Integrasi Al Qur’an Dan Sunnah Di Sdit Al Hasan Tapung – Kampar. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/461

WISMANTO, W. (2023). Model Pembelajaran Longitudinal Dalam Mengembangkan Life Skill Berbasis Islam Di Era Disrupsi (Studi Kasus Pada Model Percepatan Pendidikan dan Transformasi Pembelajaran di LKP Theelhawi Pekanbaru) (Doctoral dissertation, UIN Suska Riau).

Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra Pgmi: Jurnal Kependidikan Mi , 9 (1), 16-27. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/mitra-pgmi/article/view/820

Wismanto, WW (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Hadits Al-Qur'an Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman , 12 (1), 33-44. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/4086

Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69-74.

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2).

Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 150-159.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Ibrahim, R., Asmarika, A., Salim, A., Wismanto, W., & Abunawas, A. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3), 1082–1088. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.371

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)