Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.371Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya disiplin siswa Madrasah Ibtidaiyah al Barokah Jl. Datuk Tunggul Pekanbaru. indikator yang terlihat diantaranya masih banyaknya siswa yang datang terlabat bahkan setelah pagar sekolah dikunci, tidak mengerjakan tugas, suka bermain saat jam pelajaran dimulai. Penelitian bertujuan untuk: mendeskripsikan karakteristik disiplin siswa, mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakteristik disiplin siswa, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan. Menganalisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ciri-ciri kedisiplinan siswa meliputi siswa yang menaati peraturan sekolah. Untuk membentuk karakter disiplin siswa guru berperan sebagai guru, pendidik, evaluator, dan panutan bagi siswa. Faktor pendukung yang membentuk karakter disiplin siswa antara lain dukungan dari dalam dan luar sekolah. Faktor penghambat karakteristik disiplin siswa antara lain pengawasan guru yang terbatas terhadap siswa, pengaruh sosial teman, dan penggunaan teknologi yang tidak tepat.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmarika Asmarika, Amir Husin, Syukri Syukri, Wismanto Wismanto, Rafifah Qanita, Mengasah Kemampuan Softskills Dan Hardskills Calon Guru Sd/Mi Pada Metode Microteaching Melalui Pengembangan Media Visual Mahasiswa PGMI UMRI. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/498
Asmarika Asmarika, Syukri Syukri, Mohd Fikri Azhari, Mardhiah Mardhiah, Wismanto Wismanto, Peran Ganda Guru Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SDIT Al-Hasan Kec. Tapung Kab Kampar. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=vfKP3hEAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=vfKP3hEAAAAJ:JoZmwDi-zQgC
Bidin, I., Isnaini, M., Mishart, M., Wismanto, W., & Amin, K. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Jurnal Pendidikan , 4 (4), 1448-1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129
Fitri, A., Wismanto, W., Nursikin, M., Mashuri, M., & Amin, K. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710-9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786
Hamzah, H., Syafrianti, T., Susanto, B. W., Wismanto, W., & EM, R. T. A. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru.
Hidayat Hidayat, Amir Husin, Syukri Syukri, Wismanto Wismanto, Rieskha Tri Adilah,Em, Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam Di Era Disrupsi. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/497
https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3617
Junaidi, J., Zalisman, Z., Yusri, Y., Amin, K., & Wismanto, W. (2023). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal On Education, 5(3), 10040-10052. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1887
Lexy J. Moleong. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda karya.
Mardhiah Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin, Masjunaidi Masjunaidi, Wismanto Wismanto, Ikhtiar Kepala Mis Raudhatul Mushallin Tanjung Unggat Dalam Meningkatkan Eksistensi Madrasah Yang Dipimpinnya Melalui Perbaikan Manajemen. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/507
Mushaf Al-Qur’an Terjemah. 2009. Depok: SABIQ.
Muslim, M., Yusri, Y., Syafaruddin, S., Syukri, M., & Wismanto, W. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam menampilkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi (Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru). Jurnal Pendidikan , 5 (3), 10192-10204. Diambil dari https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1913.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur'an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Pendidikan , 5 (3), 9573-9583. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1830
Riska Syafitri, Miskun Miskun, Erfina Erfina, Rusli Ibrahim, Wismanto Wismanto, Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “Subsidi Silang” Pada SDIT Imam Asy-Syafii Jl. Delima Pekanbaru. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/506
Rochimi, Isnaenti Fat. 2018. Upaya Guru Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 4 e-ISSN: 2502-3519.
Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media Cet. I.
Syukri, S., Rouf, A., Wismanto, W., Amin, K., & Qanita, R. (2023). Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pekanbaru Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital. Journal on Education, 6(1), 4639-4651. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3616
Wismanto Dkk, 2023, Pendidikan Karakter Generasi Mukmin Berbasis Integrasi Al Qur’an Dan Sunnah Di Sdit Al Hasan Tapung – Kampar. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/461
WISMANTO, W. (2023). Model Pembelajaran Longitudinal Dalam Mengembangkan Life Skill Berbasis Islam Di Era Disrupsi (Studi Kasus Pada Model Percepatan Pendidikan dan Transformasi Pembelajaran di LKP Theelhawi Pekanbaru) (Doctoral dissertation, UIN Suska Riau).
Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra Pgmi: Jurnal Kependidikan Mi , 9 (1), 16-27. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/mitra-pgmi/article/view/820
Wismanto, WW (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Hadits Al-Qur'an Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman , 12 (1), 33-44. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/4086
Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69-74.
Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2).
Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 150-159.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Rusli Ibrahim, Asmarika Asmarika, Agus Salim, Wismanto Wismanto, Abunawas Abunawas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).