Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Winda Fransiska Sekolah Dasar Negeri Negeri 49 Prabumulih, Indonesia
  • Edi Harapan Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Tahrun Tahrun Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.37

Keywords:

Kepemimpinan Visioner, Disiplin Guru, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan disiplin guru terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, dan kuisioner tentang pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan disiplin guru terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rambang Kapak Tengah, dapat diambil beberapa kesimpulan: 1) ada pengaruh yang signifikan antara variabel kepemimpinan visioner kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y); 2) ada pengaruh yang signifikan antara variabel disiplin guru (X2) terhadap kinerja guru (Y); dan 3) variabel kepemimpinan visioner kepala sekolah dan disiplin guru mempengaruhi kinerja guru secara bersama-sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Astuti, R. W., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Leadership Styles and Work Motivation on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 105-114. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/33

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Budiyono, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal Supervision and Organizational Climate toward Teacher’s Performance. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities Vol 2: Issue II, Apr - Jun 2020.

Bungin, B. (2007). Analisis data penelitian kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dharma, S. (2004). Manajemen Kinerja: Falsafah, Teori dan Penerapannya. Jakarta: Program Pascasarjana FSIP.

Enni., Djasmi, S., & Sowiyah. (2013). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan (JMMP). Vol.1, Nomor 1, (2013).

Fathoni, A. (2009). Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).

Hasibuan, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Husna, N. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMAN 1 Canduang Kabupaten Agam. Jurnal Ekobiste.

Isvandiari, A., & Al Idris, B. (2018). Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Central Capital Futures Cabang Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia.

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432. https://doi.org/10.25217/ji.v2i2.178

Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 86-95.

Komariah, A., & Triatna, C. (2010). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving Creativity Room to Students Through the Friendly School’s Program. International Journal of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 7. Retrieved from https://www.ijstr.org/final-print/july2018/Giving-Creativity-Room-To-Students-Through-The-Friendly-Schools-Program.pdf

Maryati, E., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Principal’s Leadership Style and Organizational Culture on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 127-139. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/38

Mulyasa, E., & Mukhlis. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Remaja Rosdakarya.

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/10

Mutohar, P. M., & Sekolah, M. M. (2013). Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muttaqin, T., van Duijn, M., Heyse, L., & Wittek, R. (2016). The impact of decentralization on educational attainment in Indonesia. In Decentralization and governance in indonesia (pp. 79–103). Springer.

Nasution, Z. (2010). Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan: Konsep, Fenomena, dan Aplikasinya. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Permatasari, Y. M. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis.

Rahmadoni, J. (2018). Isu Global Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan 3(2), Juli-Desember 2018.

Rahmadoni, J. (2018). Perancangan Simulasi Pembelajaran Kriptografi Klasik Menggunakan Metode Web Based Learning. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 34-43. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.160

Robbins, S. P., & Judge, T. (2003). Essentials of organizational behavior (Vol. 7). Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.

Ruslan, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1). Retrieved from https://ijpsat.ijsht-journals.org/index.php/ijpsat/article/view/1733

Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian manajemen. Bandung: CV. Alfabeta

Supardi, S. (2012). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Tobari., Kristiawan, M. & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).

Yuliani, T. & Kristiawan, M. (2016). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP Vol. 1, No. 2.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308–316. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.37

Issue

Section

Articles

Citation Check