Analisis Kemampuan Siswa Tunarungu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Polya

Authors

  • Elevena Laras Suci Juniar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Kowiyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.367

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan siswa tunarungu dalam mengerjakan soal cerita matematika masih rendah. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan kemampuan penyelesaian soal cerita matematika berdasarkan prosedur Polya pada materi keliling bangun datar kelas V SDLB Jakarta Selatan. Penyelesaian masalah menurut prosedur Polya dikelompokkan menjadi empat tahap, yakni pemahaman masalah, pembuatan rencana penyelesaian, pelaksanaan rencana atau perhitungan, dan pemeriksaan ulang. Jenis penelitian ini yang dipakai adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yang diambil ialah empat siswa tunarungu dan guru kelas V. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, tes dan wawancara. Teknik keabsahan data dilaksanakan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang dipakai dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa hasil penyelesaian masalah soal cerita oleh siswa tunarungu berdasarkan prosedur Polya belum sepenuhnya sempurna. Faktor utama yang menyebabkan kesalahan siswa tunarungu dalam mengerjakan soal cerita matematika adalah keterlambatan bahasa dikarenakan siswa tidak bisa mendengar atau yang disebut tunarungu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Amaliyah, A., Mahardhika, G., Lubis, N. S., & Hothimah, R. H. (2022). Bilangan Analysis of Students’ S Understanding in Counting Operations With Intelligent Numbers Using Number Lines. Berajah Jurnal, 361–366. http://www.ojs.berajah.com

Andanik, R. T., & Fitrianawati, M. (2019). Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(2), 40. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Ariani, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 25–36. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2520

Arnidha, Y., & Hidayatulloh, H. (2019). Mathematical Representation of Deaf Students in Problem-Solving Seen from Students’ Creative Thinking Levels. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012030

Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. MASALIQ : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 26–42. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq

Balik, Y. R., Studi, P., Matematika, P., Manado, U. N., Sulistyaningsih, M., Studi, P., Matematika, P., Manado, U. N., Manurung, O., Studi, P., Matematika, P., & Manado, U. N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Polya. Journal General and Specific Research, 2(2), 176–189.

Benuf, K., Mahmudah, S., & Priyono, E. A. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Keamanan Data Konsumen Financial Technology Di Indonesia. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.24246/jrh.2019.v3.i2.p145-160

Doko, M. G. D., Sumadji, S., & Farida, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tahapan Polya Materi Segiempat. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(3), 228–235. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i3.3563

Fia, A., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Maternal Reflektif ( Mmr ) Sebagai. 7, 26–34.

Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Dialektika P. Matematika, 8(1), 542–558.

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35–44.

Irwanto, F., Iswari, M., & Efrina, E. (2018). Efektivitas Metode Maternal Reflektif dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 25. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.140

Kalengkongan, L. N., Regar, V. E., & Mangelep, N. O. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear Berdasarkan Prosedur Newman. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(2), 31–38. https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i2.1102

Khaerani, A. A., & Sutama, M. P. (2019). Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Belajar Matematika Di Kelas Inklusi (Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 23 Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khasanah, U., Rahayu, R., & Ristiyani, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Polya. Didaktika, 1(2), 230–242.

Kurniaman, O., Fauziah, E., & Noviana, E. (2021). How To Teach Deaf Students In Elementary Schools? Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 48–58.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595.

Nurhanifah, R. L., & Utami, W. B. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Tunarungu. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 9–19.

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan strategi polya pada model pembelajaran problem based learning berbasis hands on activity. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 223–236.

Prihartini, Y., Wahyudi, W., Nuraini, N., & Ds, M. R. (2018). Penerapan Konsep Matematika Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada FTK Di UIN STS Jambi. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 15–28.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90.

Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Rina, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2836–2845.

Rudyanto, H. E. (2017). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Soal Cerita Kelas IV. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 175–182. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.34

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tiga Aspek. Maju, 5(1), 91–107.

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial kelas VII. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 4(2), 59–66.

Scott, J. A., & Hansen, S. G. (2020). Comprehending Science Writing: The Promise of Dialogic Reading for Supporting Upper Elementary Deaf Students. Communication Disorders Quarterly, 41(2), 100–109. https://doi.org/10.1177/1525740119838253

Setiani, L. I. N., Vahlia, I., Farida, N., & Suryadinata, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri berdasarkan teori Newman ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(2), 89–99.

Setiyowati, T. I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 2 KALIBARU BANYUWANGI. UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919–1927.

Tania, F., & Pembahasan, H. (2019). Pola Komunikasi Guru Penyandang Tunarungu Terhadap Siswa Penyandang Autis Pada Pembelajaran Seni Lukis (Studi Kasus Di Kelas Menengah Slb Autisme Pelita Hafizh Bandung). Jassi Anakku, 20(2), 68–72.

Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(5), 534–540. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i5.536

Warata, F. U., Wahyudi, E., & Kii, W. Y. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Tana Righu Tahun Ajaran 2020. … Matematika, 1(2), 75–82. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mega/article/view/258

Zakiyah, S., Usman, K., & Gobel, A. P. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Persamaan Kuadrat. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 28–35. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10268

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Elevena Laras Suci Juniar, & Kowiyah. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Tunarungu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Polya. Journal of Education Research, 4(3), 1183–1192. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.367

Issue

Section

Articles

Citation Check