Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah dan Motivasi Kerja Pendidik terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Adiwerna)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.366Keywords:
Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Prestasi BelajarAbstract
Prestasi belajar peserta didik merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Namun, terdapat permasalahan terkait rendahnya prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor budaya organisasi sekolah dan motivasi kerja pendidik. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahu: pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap prestasi belajar, pengaruh motivasi kerja pendidik terhadap prestasi belajar, pengaruh budaya organisasi sekolah dan motivasi kerja pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri satu Adiwerna Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini sejumlah sembilan ratus peserta didik. Sampel diambil sepuluh persen dari populasi yaitu sembilan puluh peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi berganda. Hasil temuan dalam penelitian ini diketahui bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan budaya organisasi sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik, Kesimpulannya adalah baik secara parsial dan simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya organisasi sekolah dan motivasi kerja pendidik terhadap prestasi belajar peserta didik.
Downloads
References
Aly, H. N., & Munzier, S. (2016). Watak Pendidikan Islam. Jakarta: riska Agung Insane.
Amalda, N. L. (2018). engaruh Motivasi Kerja Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan .
Arikunto, S. (2017). Presedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Reneka Cipta.
Djamarah, S. B., & Zein, A. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrahman, M., & Sulistyorini. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Fauzi, A. d. (2018). Pengaruh Kompotensi dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah, Al Izzah. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian .
Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Luthans, F. (2015). erilaku Organisasi, Edisi Kesepuluh Terjemahan. Yogyakarta: Andi.
Samsudin, I. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Dan Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Prestasi Sekolah (Studi pada SMK di Kota Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan .
Soekamto, S. (2016). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjahjono, M. E. (2018). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan dan Kinerja Keuangan. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul .
Tunggal, A. W. (2015). Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, H. (2016). eran Baru Administrasi Pendidikan Dari Sistem Sentralistik Menuju Sistem Desentralistik. Jakarta: Rajawali.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja Edisi Kelima. Jakarta: Rajawali Pers.
Wijaya, C. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Peningkatan Motivvasi Belajar Siswa di MTs Nurul Iman Suka Maju. Jurnal Pendidikan Tambusai .
Yusuf, M. H. (2017). Pengembangan Budaya Organisasi dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Tarbawi .
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Teguh Setia Adi, Maufur Maufur, Muntoha Nasukha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).