A Etika Dan Tanggung Jawab Pendidik Dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Pendidikan Ibn Sahnun Dalam Kitab Âdâb Al-Mu‘allimîn)

Authors

  • Syukron Darsyah STAI Nurul Hidayah Selatpanjang
  • Isnaini Septemiarti STAI Nurul Hidayah Selatpanjang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.365

Keywords:

Pemikiran, Syahnun,, Etika Pendidik, Tanggung Jawab Pendidik, Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etika dan tanggung jawab pendidik dalam pendidikan Islam (telaah pemikiran pendidikan Ibn Sahnun dalam kitab pemikiran Ibn Syahnun dalam Kitab Adab Al-Mu’allimin. Tulisan ini menggunaan jenis kajian Pustaka (Library Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibnu Suhnun dalam kitab Âdâb al-Mu‘allimîn memuat 10 pembahasan berikut ini: 1) hadist tentang keutamaan belajar dan mengajar al-Qur’an, 2) hadits tentang berbuat adil terhadap anak didik, 3) tata cara yang benar dan beretika menghapus kalam-kalam Allah yang ditulis anak didik diatas batu tulis sebagai media pencatatan ilmu. 4) etika menghukum anak didik, 5) khatam al-Qur’an dan apa kewajiban guru terhadap khataman al-Qu’an anak didiknya), 6) pemberian hadiah kepada pendidik pada hari raya, 7) hari libur dan Murid yang absen, 8) kewajiban guru terhadap murid, 9) kewajiban dan hak guru privat, dan 10) status hukum menyewa dan jual al-Qur’an untuk dibaca atau dipelajari. Etika pendidik menurut Syahnun adalah: Ikhlas, adil, disiplin, bertanggung Jawab, objektif dan tidak diskriminatif, lemah lembut dan penuh kasih saying, Tekun dan rajin, focus dan tidak mengabaikan anak didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Ubaedi, Pemikiran Ibn Sahnun Tentang Belajar Mengajar Al-Qur'an, Jurnal Forum Tarbiyah Vol 8, No 2 (2010)

Anisatu Nur. (2020). Konsep Pendidikan Informal Perspektif Ibnu Sahnun (Telaah Kitab Adab Al-Mu‟allimin), Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3 (1).

Cholid Narbuko and Abu Achmadi, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Desi Asmarita, dkk, (2021). Kompetensi Guru menurut Ibnu Sahnun dalam kitab Adab Al-Muallimin dan relevansinya dengan kompetensi guru Di Indonesia dalam Jurnal Cerdas Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, Vol. 3 Nomor 1. 1-17.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hamid Darmadi (2015). Tugas, Peran, Kompetensi dan tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional, Jurnal Edukasi, Vol 13, No 02, Desember.

Hidayatullah, S. (2019). Agama dan sains: sebuah kajian tentang relasi dan metodologi. Jurnal Filsafat, 29(1), 102–133. https://doi.org/10.22146/jf.30246

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif, ed. Sofia Yustiyani Suryandari. Bandung: Alfabeta, 2017.

Saifullah, (2014). Konsep Pedagogik Dalam Pemikiran Ibnu Suhnun Dan Al-Qabisi, dalam Jurnal Edukasi Vol 12, No 3, September-Desember.

Syahrizal, (2016). Kurikulum Pendidikan Dasar Islam Era Klasik Komparasi Pemikiran Ibnu Suhnūn Dan Al-Qābisi, Jurnal Epiteme, Vol 11, No 02, Desember 2016, hal 442.

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Darsyah, S., & Septemiarti , I. (2023). A Etika Dan Tanggung Jawab Pendidik Dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Pendidikan Ibn Sahnun Dalam Kitab Âdâb Al-Mu‘allimîn). Journal of Education Research, 4(3), 1128–1134. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.365

Issue

Section

Articles