A Etika Dan Tanggung Jawab Pendidik Dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Pendidikan Ibn Sahnun Dalam Kitab Âdâb Al-Mu‘allimîn)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.365Keywords:
Pemikiran, Syahnun,, Etika Pendidik, Tanggung Jawab Pendidik, Pendidikan IslamAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etika dan tanggung jawab pendidik dalam pendidikan Islam (telaah pemikiran pendidikan Ibn Sahnun dalam kitab pemikiran Ibn Syahnun dalam Kitab Adab Al-Mu’allimin. Tulisan ini menggunaan jenis kajian Pustaka atau Library Research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibnu Suhnun dalam kitab adab al-Mu‘allimin memuat sepuluh pembahasan berikut ini: hadist tentang keutamaan belajar dan mengajar al-Qur’an, hadits tentang berbuat adil terhadap anak didik, tata cara yang benar dan beretika menghapus kalam-kalam Allah yang ditulis anak didik diatas batu tulis sebagai media pencatatan ilmu. etika menghukum anak didik, khatam al-Qur’an dan apa kewajiban guru terhadap khataman al-Qu’an anak didiknya), pemberian hadiah kepada pendidik pada hari raya, hari libur dan Murid yang absen, kewajiban guru terhadap murid, kewajiban dan hak guru privat, dan status hukum menyewa dan jual al-Qur’an untuk dibaca atau dipelajari. Etika pendidik menurut Syahnun adalah: Ikhlas, adil, disiplin, bertanggung Jawab, objektif dan tidak diskriminatif, lemah lembut dan penuh kasih saying, Tekun dan rajin, focus dan tidak mengabaikan anak didik.
Downloads
References
Ahmad Ubaedi, Pemikiran Ibn Sahnun Tentang Belajar Mengajar Al-Qur'an, Jurnal Forum Tarbiyah Vol 8, No 2 (2010)
Anisatu Nur. (2020). Konsep Pendidikan Informal Perspektif Ibnu Sahnun (Telaah Kitab Adab Al-Mu‟allimin), Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3 (1).
Cholid Narbuko and Abu Achmadi, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Desi Asmarita, dkk, (2021). Kompetensi Guru menurut Ibnu Sahnun dalam kitab Adab Al-Muallimin dan relevansinya dengan kompetensi guru Di Indonesia dalam Jurnal Cerdas Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, Vol. 3 Nomor 1. 1-17.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hamid Darmadi (2015). Tugas, Peran, Kompetensi dan tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional, Jurnal Edukasi, Vol 13, No 02, Desember.
Hidayatullah, S. (2019). Agama dan sains: sebuah kajian tentang relasi dan metodologi. Jurnal Filsafat, 29(1), 102–133. https://doi.org/10.22146/jf.30246
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif, ed. Sofia Yustiyani Suryandari. Bandung: Alfabeta, 2017.
Saifullah, (2014). Konsep Pedagogik Dalam Pemikiran Ibnu Suhnun Dan Al-Qabisi, dalam Jurnal Edukasi Vol 12, No 3, September-Desember.
Syahrizal, (2016). Kurikulum Pendidikan Dasar Islam Era Klasik Komparasi Pemikiran Ibnu Suhnūn Dan Al-Qābisi, Jurnal Epiteme, Vol 11, No 02, Desember 2016, hal 442.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Syukron Darsyah, Isnaini Septemiarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).