Pengaruh Cerita Tubuhku Milikku dengan Wayang Ranti terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.364Keywords:
Anak Usia Dini, Cerita Tubuhkku milikku, Pendidikan SeksualAbstract
Cerita tubuhku milikku dengan wayang ranti merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk edukasi pendidikan seksual. Karena kurangnya media pembelajaran yang menunjang pendidikan seksual, kurangnya penjelasan secara spesifik pada saat pembelajaran, masih banyak anak yang belum memahami tentang pendidikan seksual seperti anak perempuan yang memeluk teman laki-laki. Tujuan penelitian yaitu memberikan pengetahuan pada anak tentang pendidikan seksual dengan menggunakan cerita tubuhku milikku dengan wayang ranti. Populasi yang digunakan peneliti yaitu enam belas peserta didik kelompok B usia lima sampai enam tahun di TK Aisyiyah dua puluh Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest, analisis data menggunakan uji Wilcoxon signed rank test artinya ada pengaruh antara nilai Pretest dan Posttest, sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh cerita tubuhku milikku dengan wayang ranti terhadap pendidikan seksual anak usia lima sampai enam tahun di TK Aisyiyah dua puluh Surabaya
Downloads
References
Ahmad, M., Nikmah, A. N., Lintan, N., & Putri, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Melalui Metode Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia 5-6 Tahun.
Anggono, H. S. (2015). Kendala Penyidik Dalam Mengungkap Tindak Pidana Kekerasan Seksual Pada Anak (Studi Di Unit Perlindungan Perempuan Dan Anak Polrestabes Surabaya). Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Anggraini, Trinita, R., & Sofia, A. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini : Aku dan Diriku. Jurnal Pendidikan Anak.
Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Bagi Anak Usia Dini : “ My Bodies Belong To Me .” Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 4(1), 77–86.
Erica Ayu Damayant i;Marta Kusuma Putri;Judith Syifa Fauziah Maria Rahman; Fatma Aula Nursyifa; Gita Marini. (2018). Nelida ( Boneka Limbah Cerdas ) Sebagai Sarana Edukasi Pendidikan Seksual Dalam Upaya Mencegah Kekerasan Dan Penyimpangan Seksual Pada Anak SD Muhammadiyah 9 Surabaya. 0713028201.
Fadhilah, Q. S. (2021). Pengaruh Seks Edukasi Terhadap Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah: Literature Review Naskah Publikasi.
Hanarti. (2018). Peran Pemerintah Kota Surabaya Dalam Upaya Perlindungan Anak Dari Kekerasan.
Hasiana, I. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Wahana, 72(2), 118–125. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2725
Juariyah, B. ; M. (2017). Pengaruh Media Celemek Cerita Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Loceret Nganjuk. Jurnal PAUD Teratai, 06, 1–5.
Kasmini, Lili, Novita, Rita, Fajriah, N. (2016). Desain Pembelajaran Pendidikan Seks Bernuansa Islam Untuk Anak Usia Dini. BANDAR Publishing.
Kayowuan Lewoleba, K., & Helmi Fahrozi, M. (2020). Studi Faktor-Faktor Terjadinya Tindak Kekerasan Seksual Pada Anak-Anak. Esensi Hukum, 2(1), 27–48. https://doi.org/10.35586/esensihukum.v2i1.20
Mila, M., & Anafiah, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V Di Sd 1 Petir Piyungan Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2), 1145–1150. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9176
Ningsih, E. S. B., & Hennyati, S. (2018). Kekerasan Seksual Pada Anak Di Kabupaten Karawang. Midwife Journal, 4(02), 56–65. http://jurnal.ibijabar.org/kekerasan-seksual-pada-anak-di-kabupaten-karawang/
Nurbaiti, N. U. R. (2022). Pengembangan Media Sex Education Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini. 8(2), 111–125.
Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296
Rahmawati, R. (2020). Nilai dalam Pendidikan Seks bagi Anak Usia Dini. 02(01).
Rosalina, S. (2018). Pengenalan Pendidikan Seksual Pada Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Lagu Di Kb Latansa Bumiroso Watumalang Wonosobo. Pendidikan Guru PAUD, Universitas Negeri Yogyakarta, 10–11.
Sa’ida, N., & Rahayu, A. P. (2018). Penggunaan Wabosang Sebagai Media Pendidikan Seksual Pada Anak-Anak Bantaran Sungai Jembatan Merah Surabaya. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 50–59. https://doi.org/10.30651/aks.v2i1.1250
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Alfabeta.
Wahyuni, S. (2016). Perilaku Pelecehan Seksual Dan Pengecahan Secara Dini Terhadap Anak. Nature Methods, 7(6), 2016. http://doi.wiley.com/10.1111/jne.12374
Yuliana A. P., & Widyastuti, S. D. N. (2020). Pelatihan Pendidikan Seksual Terhadap Peningkatan Pemahaman Proteksi Diri Dari Pelecehan Seksual Pada Remaja Perempuan Tunanetra Di Slb-A Yapti Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diah Permata Irianti, Tri Kurniawati, Wahono Wahono , Ratno Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).