Pengaruh Cerita Tubuhku Milikku dengan Wayang Ranti terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Diah Permata Irianti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Tri Kurniawati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahono Wahono Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Naili Saida Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.364

Keywords:

Anak Usia Dini, Cerita Tubuhkku milikku, Pendidikan Seksual

Abstract

Cerita tubuhku milikku dengan wayang ranti merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk edukasi pendidikan seksual. Karena kurangnya media pembelajaran yang menunjang pendidikan seksual, kurangnya penjelasan secara spesifik pada saat pembelajaran, masih banyak anak yang belum memahami tentang pendidikan seksual seperti anak perempuan yang memeluk teman laki-laki. Tujuan penelitian yaitu memberikan pengetahuan pada anak tentang pendidikan seksual dengan menggunakan cerita tubuhku milikku dengan wayang ranti. Populasi yang digunakan peneliti yaitu enam belas peserta didik kelompok B usia lima sampai enam tahun di TK Aisyiyah dua puluh Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest, analisis data menggunakan uji Wilcoxon signed rank test artinya ada pengaruh antara nilai Pretest dan Posttest, sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh cerita tubuhku milikku dengan wayang ranti terhadap pendidikan seksual anak usia lima sampai enam tahun di TK Aisyiyah dua puluh Surabaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., Nikmah, A. N., Lintan, N., & Putri, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Melalui Metode Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia 5-6 Tahun.

Anggono, H. S. (2015). Kendala Penyidik Dalam Mengungkap Tindak Pidana Kekerasan Seksual Pada Anak (Studi Di Unit Perlindungan Perempuan Dan Anak Polrestabes Surabaya). Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Anggraini, Trinita, R., & Sofia, A. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini : Aku dan Diriku. Jurnal Pendidikan Anak.

Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Bagi Anak Usia Dini : “ My Bodies Belong To Me .” Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 4(1), 77–86.

Erica Ayu Damayant i;Marta Kusuma Putri;Judith Syifa Fauziah Maria Rahman; Fatma Aula Nursyifa; Gita Marini. (2018). Nelida ( Boneka Limbah Cerdas ) Sebagai Sarana Edukasi Pendidikan Seksual Dalam Upaya Mencegah Kekerasan Dan Penyimpangan Seksual Pada Anak SD Muhammadiyah 9 Surabaya. 0713028201.

Fadhilah, Q. S. (2021). Pengaruh Seks Edukasi Terhadap Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah: Literature Review Naskah Publikasi.

Hanarti. (2018). Peran Pemerintah Kota Surabaya Dalam Upaya Perlindungan Anak Dari Kekerasan.

Hasiana, I. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Wahana, 72(2), 118–125. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2725

Juariyah, B. ; M. (2017). Pengaruh Media Celemek Cerita Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Loceret Nganjuk. Jurnal PAUD Teratai, 06, 1–5.

Kasmini, Lili, Novita, Rita, Fajriah, N. (2016). Desain Pembelajaran Pendidikan Seks Bernuansa Islam Untuk Anak Usia Dini. BANDAR Publishing.

Kayowuan Lewoleba, K., & Helmi Fahrozi, M. (2020). Studi Faktor-Faktor Terjadinya Tindak Kekerasan Seksual Pada Anak-Anak. Esensi Hukum, 2(1), 27–48. https://doi.org/10.35586/esensihukum.v2i1.20

Mila, M., & Anafiah, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V Di Sd 1 Petir Piyungan Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2), 1145–1150. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9176

Ningsih, E. S. B., & Hennyati, S. (2018). Kekerasan Seksual Pada Anak Di Kabupaten Karawang. Midwife Journal, 4(02), 56–65. http://jurnal.ibijabar.org/kekerasan-seksual-pada-anak-di-kabupaten-karawang/

Nurbaiti, N. U. R. (2022). Pengembangan Media Sex Education Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini. 8(2), 111–125.

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Rahmawati, R. (2020). Nilai dalam Pendidikan Seks bagi Anak Usia Dini. 02(01).

Rosalina, S. (2018). Pengenalan Pendidikan Seksual Pada Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Lagu Di Kb Latansa Bumiroso Watumalang Wonosobo. Pendidikan Guru PAUD, Universitas Negeri Yogyakarta, 10–11.

Sa’ida, N., & Rahayu, A. P. (2018). Penggunaan Wabosang Sebagai Media Pendidikan Seksual Pada Anak-Anak Bantaran Sungai Jembatan Merah Surabaya. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 50–59. https://doi.org/10.30651/aks.v2i1.1250

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni, S. (2016). Perilaku Pelecehan Seksual Dan Pengecahan Secara Dini Terhadap Anak. Nature Methods, 7(6), 2016. http://doi.wiley.com/10.1111/jne.12374

Yuliana A. P., & Widyastuti, S. D. N. (2020). Pelatihan Pendidikan Seksual Terhadap Peningkatan Pemahaman Proteksi Diri Dari Pelecehan Seksual Pada Remaja Perempuan Tunanetra Di Slb-A Yapti Makassar.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Irianti, D. P., Kurniawati, T., Wahono , W., Abidin , R., & Saida , N. (2023). Pengaruh Cerita Tubuhku Milikku dengan Wayang Ranti terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Education Research, 4(3), 1101–1107. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.364

Issue

Section

Articles