Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa

Authors

  • Nadia Ulhaq Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Lahmuddin Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.361

Abstract

Materi ajar merupakan aspek penting dari suatu kurikulum, sehingga penyusunan yang baik mampu mencapai tujuan pembelajaran. Pada masa ini, sering ditemui pendidik menggunakan materi ajar yang beredar dipasaran. Kecenderungan pendidik seperti ini dapat membunuh kreativitas dalam mengembangkan materi dan tidak terasahnya keterampilan siswa, karena ketergantungan pada bahan ajar yang sudah jadi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca (khususnya pendidik) mengenai pentingnya serta cara penyusunan bahan ajar yang sesuai dengan capaian pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan materi ajar yang dilakukan oleh pendidik mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisa, A. & Zulfah, M. A. 2018. “Pelaksanaan Program Lingkungan Artifisial Bagi Kelas Biasa Dan Kelas Intensif Di Pondok Modern Arrisalah”. Seminar Nasional Islam Moderat, 179–186.

Al-Fauzani, A. al-R. bin I., dkk. 2017. Al-‘Arabiyah baina Yadaik. Riyadl: Muassasah al-Waqf al-Islami.

Al-Ghali, A. & Abdullah, A. H. 2018. Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab (diterjemahkan oleh Sudi Yahya Husein, Dkk). Padang: Akademia Permata.

Asiyah, Nur. 2013. “Problematika Pembelajaran Maharah Kalam Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Griloyo II.” Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Dimyati dan Mudjiono. 2020. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, A. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Faida, Ummul. 2019. “Penyusunan Modul Untuk Pembelajaran Berbiucara Bahasa Arab Siswa SDI Little Camel Mojokerto.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, Malang, 5 Oktober 2019.

Hamalik, O. 2017. Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Sinar Baru.

Hamid, A. 2018. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.

Hamid, A., Hilmi, D. & Mustofa, S. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Kontruktivisme untuk Mahasiswa”. Arabi c: Journal of Arabic Studies, 4(1).

Hermawan, A. 2017. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Iskandar, W. & Sunendar, D. 2018. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Izzan, A. 2017. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Majid, A. 2017. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musthofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Ghalia Indonesia.

Nurlaela, Lia F. 2020. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Keterampilan Berbicara di Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI, Malang, 4 Oktober 2020.

Qolbi, I.N. & Amrini S. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di Lembaga Bahasa Arab dan Inggris (LBAI) PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang.” Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Vol. 9, No. 3, Agustus 2021.

Rohman, Habibur & Faiq Ilham R. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Common European Framework of Reference (CEFR) Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Siswa.” Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 7, No. 2, Desember 2021.

Shofiyani, A. 2019. “Pelaksanaan Lesson Study Dalam Perkuliahan Maharotul Kalam (Keterampilan Berbicara)”. Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 5(1), 66-73.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanti, Rini Dwi. 2013. “Studi Analisis Materi Ajar Buku Teks Pelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas Tinggi Madrasah Ibtidaiyah.” Arabia, Vol. 5, No. 2, Juli-Desember 2013.

Syaifullah, M. & Nailul Izzah. 2019. “Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, Vol. 3, no. 1, Mei 2019.

Syairi, K. A. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Dinamika Ilmu, Vol. 13, No. 1, Juni 2013.

Taufik. 2016. Pembelajaran Bahasa Arab MI. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Ulhaq, N., & Lubis, L. (2023). Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa. Journal of Education Research, 4(3), 1202–1211. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.361

Issue

Section

Articles

Citation Check