Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.360Keywords:
Implementasi, Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Berbasis ProyekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi implementasi penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembalajaran berbasis proyek dan respon siswa terhadap penerapan model Project Based Learning dalam penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran berbasis proyek dilakukan dengan 8 tahap dan pembelajaran model Project Based Learning dilakukan dengan sintaks sebagai berikut: Assesmen diagnostic, Tahap pengenalan fell. Tahapan imagine konstektual, Tahapan Do Aksi, Tahapan share refleksi, evaluasi dan tindak lanjut. Siswa merespon dengan baik model pembelajaran berbasis proyek karena tidak membosankan dan memotivasi siswa untuk semangat belajar, sehingga model pembelajaran Project Based Leraning efektif dan tepat digunakan dalam penguatan profil pelajar Pancasila
Downloads
References
Andriani,dkk (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project-based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 201–212.
Hamzah, M.R (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/309
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project-based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.
Moloeng, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2021). Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Nasional. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi ( Mixed Metods). Bandung: Alfabeta
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, R. M., Andiarti, A., Herutami, I., & SD/MI, S. M. P. /MTs. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Supartono, S, Jannatu, N & Wardhani, S. (2015) Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. (9) 2.
Syifa, N.F. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Melalui Layanan Bibingan Kelompok Dengan Teknik Modeling. Didaktikum, 20(2). https://scholar.google.com/citations.
T. Hadian. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Kota Sukabumi.
https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/9307
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Rr. Kaptiasih, Taufiqulloh Taufiqulloh, Beni Habibi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).