Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek

Authors

  • Rr. Kaptiasih Program Studi Magister Pedagogi Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Taufiqulloh Taufiqulloh Program Studi Magister Pedagogi Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Beni Habibi Program Studi Magister Pedagogi Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.360

Keywords:

Implementasi, Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi implementasi penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembalajaran berbasis proyek dan respon siswa terhadap penerapan model Project Based Learning dalam penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran berbasis proyek dilakukan dengan 8 tahap dan pembelajaran model Project Based Learning dilakukan dengan sintaks sebagai berikut: Assesmen diagnostic, Tahap pengenalan fell. Tahapan imagine konstektual, Tahapan Do Aksi, Tahapan share  refleksi, evaluasi dan tindak lanjut.  Siswa merespon dengan baik model pembelajaran berbasis proyek karena tidak membosankan dan memotivasi siswa untuk semangat belajar, sehingga model pembelajaran Project Based Leraning efektif dan tepat digunakan dalam penguatan profil pelajar Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani,dkk (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project-based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 201–212.

Hamzah, M.R (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/309

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project-based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.

Moloeng, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2021). Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Nasional. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi ( Mixed Metods). Bandung: Alfabeta

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, R. M., Andiarti, A., Herutami, I., & SD/MI, S. M. P. /MTs. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Supartono, S, Jannatu, N & Wardhani, S. (2015) Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. (9) 2.

Syifa, N.F. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Melalui Layanan Bibingan Kelompok Dengan Teknik Modeling. Didaktikum, 20(2). https://scholar.google.com/citations.

T. Hadian. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Kota Sukabumi.

https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/9307

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Kaptiasih, R., Taufiqulloh, T., & Habibi, B. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Journal of Education Research, 4(3), 1488–1494. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.360

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>