Kemampuan Kepala Sekolah dalam Membina Hubungan dengan Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Tati Herlina Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Prabumulih, Indonesia
  • Syarwani Ahmad Universitas PGRI Palembang
  • Achmad Wahidy Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.36

Keywords:

Kemampuan Kepala Sekolah, Hubungan, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Kepala Sekolah dalam membina hubungan dengan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini Kepala Sekolah dan 15 orang guru yang mewakili masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) ditinjau dari keterampilan teknis Kepala Sekolah mampu mengelola sekolah dan menetapkan arah sekolah sebagai lembaga pendidikan dengan cara merumuskan visi, misi dan tujuan pencapaian yang telah direncanakan; 2) ditinjau dari keterampilan hubungan manusia Kepala Sekolah mampu memberikan pandangan strategi bagi guru dalam melaksanakan tugas, dan 3) ditinjau dari keterampilan konseptual Kepala Sekolah mampu dan berperan serta dalam kegiatan-kegiatan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Arifin, M. (2010). Kepemimipinan Kepala Sekolah. Jakarta: Media Pustaka.

Astuti, R. W., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Leadership Styles and Work Motivation on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 105-114. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/33

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Basri. H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Budiyono, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal Supervision and Organizational Climate toward Teacher’s Performance. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities Vol 2: Issue II, Apr - Jun 2020.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432. https://doi.org/10.25217/ji.v2i2.178

Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 86-95.

Kurniadin. dkk. (2013). Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving Creativity Room to Students Through the Friendly School’s Program. International Journal of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 7. Retrieved from https://www.ijstr.org/final-print/july2018/Giving-Creativity-Room-To-Students-Through-The-Friendly-Schools-Program.pdf

Maryati, E., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Principal’s Leadership Style and Organizational Culture on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 127-139. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/38

Moleong. L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muwahid. S. (2013). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kinerja Guru. Yogyakarta: Teras.

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/10

Rahmadoni, J. (2018). Isu Global Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan 3(2), Juli-Desember 2018.

Rahmadoni, J. (2018). Perancangan Simulasi Pembelajaran Kriptografi Klasik Menggunakan Metode Web Based Learning. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 34-43. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.160

Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Rohiat. (2013). Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cetakan Pertama. Bandung: Refika Aditama.

Rosyada, D. (2013). Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model pelibatan Masyarakat dalam Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Ruslan, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1). Retrieved from https://ijpsat.ijsht-journals.org/index.php/ijpsat/article/view/1733

Satori, D. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Soetopo. (2018). Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Soetopo, H. dan Soemanto, W. (2014). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bima Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tobari., Kristiawan, M. & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).Yuliati. E. A. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Salatiga: Griya Media.

Yuliani, T. & Kristiawan, M. (2016). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP Vol. 1, No. 2.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Herlina, T., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2020). Kemampuan Kepala Sekolah dalam Membina Hubungan dengan Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 301–307. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.36

Issue

Section

Articles

Citation Check