Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write ( TTW) dapat Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Roisah Roisah Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Tity Kusrina Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Burhan Eko Porwanto Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.355

Keywords:

Think Talk Write ( TTW), Berfikir Kritis, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran IPS

Abstract

Model pembelajaran kooperatif  tipe Think Talk Write  salah satu metode pembelajaran  di era globalisasi yang dapat menciptakan pembelajaran menyenangkan siswa dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, mampu bersaing dan memiliki kemampuan intelektual. Model pembelajaran Think Talk Write diperkenalkan oleh Huinker dan Laughlin pada tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh enam. Pada dasarnya pembelajaran tersebut dibangun melalui tiga aktivitas utama yaitu berpikir atau Think, berbicara atau Talk, dan menulis atau Write. Berpikir kritis adalah proses mental untuk menganalisis nformasi dari hasil pengamatan, pengalaman, akal sehat atau media komunikasi. Tujuan penelitiannya untuk  meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa. Dari analisis  terbukti Penerapan metode  pembelajaran kooperatif  tipe Think Talk write atau TTW dapat meningkatkan berfikir kritis dan prestasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bansu , I. A., & Yamin, M. (2008). Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa, Jakarta: Gaung Persada Press.

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Volume 8 No. I

Hamdayana, Jumanta, 2014, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia.

Harjati. (2008). Prestasi Belajar .Diambil dari Definisipengertian.com/2012/pengertian-definisi-prestasi.html pada 12 Maret 2014.

Hetika. (2008). Prestasi Belajar . Diambil dari http://www.poltas.ac.id pada 12 Maret 2014.

Isjoni, Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta, 2009. Hlm 15-17

Purwanto, Ngalim,”Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran”,Bandung, PT Remaja Rosdakarya: 2011.

Mulyana, T. (2008). Pembelajaran Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi pada PPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan

Shoimin Aris, 2014, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar – Ruzz Media

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, 2010, Manajemen Penelitian (Jakarta:Rineka Cipta, 2010).

Sukestiyarno. 2014. Statistika Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Semarang. Andi Offset.

Sumantri Numan, 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Penerbit Rosdakarya Bandung.

Suseli. 2010. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa yang menggunakan Think Talk Write(TTW) dengan Metode Ekspositori (Studi Eksperimen Mahasiswa Kelas VII SMP Negeri I Balongan Indramayu). IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Roisah, R., Kusrina, T., & Porwanto, B. E. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write ( TTW) dapat Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education Research, 4(3), 1481–1487. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.355

Issue

Section

Articles

Citation Check