Pengembangan Materi Akidah Akhlak Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Sosial

Authors

  • Salman Yafi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Ahmad Aziz Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Ilham Jaya Putra Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Sasmi Nelwati Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Misra Misra Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.798

Keywords:

Akidah Akhlak, Pendidikan Karakter, Peduli Sosial

Abstract

Pengembangan materi akidah akhlak haruslah berkonsep kekinian. Penurunan kepedulian sosial pada remaja menjadi permasalahan di masyarakat saat ini. Ini ditunjukkan oleh kurangnya perhatian terhadap kegiatan sosial di sekitar rumah, kurangnya menghargai kehadiran orang lain, dan kurangnya kepekaan terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan materi Akidah Akhlak berbasis pendidikan karakter peduli sosial di MTsN 5 Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, artinya dilakukan di tempat yang dimaksud. Pendekatannya adalah kualitatif yang mana memungkinkan pemahaman fenomena sosial atau perilaku manusia melalui analisis deskriptif, interpretatif, dan mendalam. Pengembangan materi akidah akhlak berbasis kepedulian sosial dilakukan dengan beberapa tahap. Mulai dari analisis kebutuhan, penyusunan kurikulum, pengembangan materi, implementasi, hingga evaluasi.Guru mata pelajaran akidah akhlak dapat menggunakan materi akidah akhlak yang terintegrasi dengan pendidikan karakter ini dengan harapan adanya perbaikan akhlak pada peserta didiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, O. (2020). PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI AKIDAH AKHLAK HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU MEREKA SEHARI-HARI. Matriks: Jurnal Sosial Dan Sains, 2(1), 40–57.

Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Basari, I., Al-ghazal, S., & Sobarna, A. (n.d.). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidayatul Hidayah dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah. Bandung Conference Series: Islamic Education, 745–749.

Faradiba, D. G., & Budiningsih, C. A. (2020). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 196–204.

Hasan, S., & Hidayati, L. (2023). Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 02(01), 74–93.

Kamalia, D. N., & Hidayah, F. (2022). KONTEKSTUALISASI NILAI-NILAI AKIDAH DAN AKHLAK DALAM NOVEL DIARY UNGU RUMAYSHA KARYA NISAUL KAMILAH TERHADAP MATERI AKIDAH AKHLAK MADRASAH ALIYAH. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 6(1).

Kholipia, R. S., Sobarna, A., & Aziz, H. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Materi Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Yuppi. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 243–248.

Majid, M. F. A. F. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengaktualisasikan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 67–80.

Mulyani, S., & Subandi, A. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Melalui Group Whasapp Reminder Berkala Dengan Metode Ceramah Terhadap Pemberian Asi Eksklusif Pada Ibu Pasca Seksio Sesarea. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 187–203. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11607

Nur ‘Afiatus Sa’adah, Udin, T., Jaelani, A., & Muhafidin. (2022). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Serial Animasi Riko The Series dan Relevansinya Terhadap Materi Pelajaran Akidah Akhlak di MI. JURNAL LENSA PENDAS, 7(1).

Pahrul, M., Azharullail, & Suparman. (2023). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NW SAJANG. Tabiat Nahdlah: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Dakwah, 1(1), 13–17.

Rahayu, E. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VI MI NU 50 MLATIHARJO. 2(2), 690–700.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sugianto, R., Kulsum, U., & Hasbullah. (2020). PENGGUNAAN MEDIA KOMIK PADA MATERI AKIDAH AKHLAK DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ( Studi Kasus Di Ma Ardaniah Kota Serang ). Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 95–103.

Susiba. (2020). METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MI/SD. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3(1), 55–63.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Yafi, S., Aziz, A., Putra, I. J., Nelwati, S., & Misra, M. (2024). Pengembangan Materi Akidah Akhlak Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Sosial. Journal of Education Research, 5(1). https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.798

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)