Pengembangan Materi Akidah Akhlak Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Sosial
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.798Keywords:
Akidah Akhlak, Pendidikan Karakter, Peduli SosialAbstract
Pengembangan materi akidah akhlak haruslah berkonsep kekinian. Penurunan kepedulian sosial pada remaja menjadi permasalahan di masyarakat saat ini. Ini ditunjukkan oleh kurangnya perhatian terhadap kegiatan sosial di sekitar rumah, kurangnya menghargai kehadiran orang lain, dan kurangnya kepekaan terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan materi Akidah Akhlak berbasis pendidikan karakter peduli sosial di MTsN lima Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, artinya dilakukan di tempat yang dimaksud. Pendekatannya adalah kualitatif yang mana memungkinkan pemahaman fenomena sosial atau perilaku manusia melalui analisis deskriptif, interpretatif, dan mendalam. Pengembangan materi akidah akhlak berbasis kepedulian sosial dilakukan dengan beberapa tahap. Mulai dari analisis kebutuhan, penyusunan kurikulum, pengembangan materi, implementasi, hingga evaluasi.Guru mata pelajaran akidah akhlak dapat menggunakan materi akidah akhlak yang terintegrasi dengan pendidikan karakter ini dengan harapan adanya perbaikan akhlak pada peserta didiknya.
Downloads
References
Aditya, O. (2020). PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI AKIDAH AKHLAK HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU MEREKA SEHARI-HARI. Matriks: Jurnal Sosial Dan Sains, 2(1), 40–57.
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Basari, I., Al-ghazal, S., & Sobarna, A. (n.d.). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidayatul Hidayah dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah. Bandung Conference Series: Islamic Education, 745–749.
Faradiba, D. G., & Budiningsih, C. A. (2020). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 196–204.
Hasan, S., & Hidayati, L. (2023). Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 02(01), 74–93.
Kamalia, D. N., & Hidayah, F. (2022). KONTEKSTUALISASI NILAI-NILAI AKIDAH DAN AKHLAK DALAM NOVEL DIARY UNGU RUMAYSHA KARYA NISAUL KAMILAH TERHADAP MATERI AKIDAH AKHLAK MADRASAH ALIYAH. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 6(1).
Kholipia, R. S., Sobarna, A., & Aziz, H. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Materi Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Yuppi. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 243–248.
Majid, M. F. A. F. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengaktualisasikan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 67–80.
Mulyani, S., & Subandi, A. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Melalui Group Whasapp Reminder Berkala Dengan Metode Ceramah Terhadap Pemberian Asi Eksklusif Pada Ibu Pasca Seksio Sesarea. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 187–203. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11607
Nur ‘Afiatus Sa’adah, Udin, T., Jaelani, A., & Muhafidin. (2022). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Serial Animasi Riko The Series dan Relevansinya Terhadap Materi Pelajaran Akidah Akhlak di MI. JURNAL LENSA PENDAS, 7(1).
Pahrul, M., Azharullail, & Suparman. (2023). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NW SAJANG. Tabiat Nahdlah: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Dakwah, 1(1), 13–17.
Rahayu, E. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VI MI NU 50 MLATIHARJO. 2(2), 690–700.
Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sugianto, R., Kulsum, U., & Hasbullah. (2020). PENGGUNAAN MEDIA KOMIK PADA MATERI AKIDAH AKHLAK DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ( Studi Kasus Di Ma Ardaniah Kota Serang ). Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 95–103.
Susiba. (2020). METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MI/SD. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3(1), 55–63.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Salman Yafi, Ahmad Aziz, Ilham Jaya Putra, Sasmi Nelwati, Misra Misra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).