The Effect of Motivation and Learning Models on English Reading Skills
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.349Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explant POE dan Problem Base Learning PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar, Interaksi antara motivasi dan model pembelajaran POE Predict Observe Explant dan Probel Based Learning terhadap keterampilan membaca siswa, Manakah yang lebih baik, keterampilan membaca siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah dan diberi perlakuan dengan mobile pembelajaran PBL dan POE. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah eksperimental semu atau Quasi eksperimental, dengan desain orpendekatan faktorial dua x dua. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Darul Falah Ternate Tahun Akademik dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Sampel penelitian terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran Predict Observe Expect. Artinya hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa secara keseluruhan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Predict Observe Explane.
Downloads
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Agus Supriyadi, Fitria Wulan Sari, Eka Wahjuningsih, Humaira DJ Abdullah , Hujaefa Hi Mumamad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).