The Effect of Motivation and Learning Models on English Reading Skills

Authors

  • Agus Supriyadi Universitas Khairun, Indonesia
  • Fitria Wulan Sari Universitas Khairun, Indonesia
  • Eka Wahjuningsih English Language Education of Jember University, Indonesia
  • Humaira DJ Abdullah English Language Education Study Program of Khairun University , Indonesia
  • Hujaefa Hi Mumamad English Language Education Study Program of Khairun University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.349

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explant POE dan Problem Base Learning PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar, Interaksi antara motivasi dan model pembelajaran POE Predict Observe Explant dan Probel Based Learning terhadap keterampilan membaca siswa, Manakah yang lebih baik, keterampilan membaca siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah dan diberi perlakuan dengan mobile pembelajaran PBL dan POE. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah eksperimental semu atau Quasi eksperimental, dengan desain orpendekatan faktorial dua x dua. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Darul Falah Ternate Tahun Akademik dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Sampel penelitian terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran Predict Observe Expect. Artinya hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa secara keseluruhan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Predict Observe Explane.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Supriyadi, A., Wulan Sari, F., Wahjuningsih, E., Abdullah , H. D., & Hi Mumamad, H. (2023). The Effect of Motivation and Learning Models on English Reading Skills. Journal of Education Research, 4(3), 1522–1533. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.349

Issue

Section

Articles

Citation Check