Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites Fiksi dan Nonfiksi Bahasa Indonesia Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.339Keywords:
Pendidikan, Media Google Sites, Buku Fiksi dan NonfiksiAbstract
Pendidikan adalah kebutuhan esensial dalam kehidupan yang membantu manusia mengembangkan potensinya. Di sekolah, Guru sebagai pendidik perlu menggunakan teknologi informasi, seperti google sites, untuk menciptakan media pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar. google sites merupakan aplikasi online dari google yang memungkinkan pembuatan situs web pribadi atau kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan google sites dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi buku fiksi dan nonfiksi kelas VII SMP Negeri dua Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif. Dalam perkembangan teknologi informasi, pendidikan juga turut memanfaatkannya. Hasil penelitian ini adalah dapat meningkatkan pembelajaran peserta didik. Karena peserta didik dapat belajar tidak hanya di sekolah saja, namun peserta didik dapat belajar di rumah dengan membuka akses tautaan link Google Sites yang diberikan.
Downloads
References
Budi Harsanto. 2014. No Title. Bandung: UNPAD Press.
Dani Ainur Rivai, dan Bambang Eka Purnama. 2014. “Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Huda Ngadirojo.” Indonesian Journal on Networking and Security 3(2):19–25.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hendryadi, I. Tricahyadinata, dan R. Zannati. 2019. Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembagan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).
Herinda Mardin, dan La Nane. 2020. “Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo.” Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG) 3(2):78–82.
J. W. Creswell. 1998. Qualitative inquiry and research design : choosing among five tradition. London: Sage Publication.
Nina Lamatenggo Hamzah. 2011. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
R. C. Bogdan, dan S. K. Biklen. 1992. Qualitative Research for Education: an Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn & Bacon.
Rubhan Masykur, Nofrizal, dan Muhamad Syazali. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 8(2):177–86.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Wibawanto. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Yulia Niken Febriani, Mulyati Mulyati, Rizky Nurul Suhendra, Seli Ferwani, Desri Yana Ranap Lumbantoruan, Muliani Putri, Khairunnisa Susan Salma, Yulia Niken Febriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).