Tantangan dan Model Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19 di Perguruan Tinggi

Authors

  • Noni Dwi Sari Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Indraprasta, Indonesia
  • Priarti Megawanti Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Indraprasta, Indonesia
  • Jan Setiawan Teknik Elektro, Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.337

Keywords:

Tantangan Pendidikan Pasca Pandemi, Model Pembelajaran, Pandemi, Pembelajaran Daring, Pendidikan Tinggi

Abstract

Pandemi COVID-19 yang menyerang dunia pada tahun 2020 membawa dampak yang sangat besar di berbagai sektor kehidupan. Dunia pendidikan merupakan salah satu sektor utama yang terdampak secara drastis oleh pandemi COVID-19 di seluruh dunia. Kebijakan negara terkait bidang pendidikan pada masa pandemi adalah dengan meniadakan pembelajaran tatap muka. Pandemi COVID-19 telah mengubah pembelajaran yang diselenggarakan di kampus secara revolusioner Dalam waktu cepat sekolah terutama perguruan tinggi dipaksa untuk melaksanakan pembelajaran daring. Pertanyaan mengenai apakah setelah pandemi ini berakhir, model pembelajaran di perguruan tinggi akan kembali ke masa sebelum pandemi atau tetap menggunakan model pembelajaran sewaktu masa pandemi atau apakah memungkinkan bentuk pembelajaran yang merupakan kolaborasi dari masa sebelum pandemi dan saat masa pandemik, menjadi dasar kajian ini. Kajian ini dilakukan untuk menganalisis kembali tantangan pembelajaran yang dihadapi pada pendidikan tinggi selama masa COVID-19 dan mengkaji model pembelajaran alternatif yang bisa dilakukan pasca pandemi COVID-19 khususnya pada pendidikan tinggi. Dalam studi ini disampaikan latar belakang perubahan yang terjadi selama pandemi COVID-19, dan perubahan model pembelajaran di pendidikan tinggi. Kemudian, model pembelajaran masa pandemi dan pasca pandemi akan ditinjau. Selanjutnya, beberapa model pembelajaran masa pandemi akan diuraikan. Akhirnya, model pendidikan tinggi pasca pandemi akan digambarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi COVID-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863–5873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531

Arifin, S., & Muslim, Moh. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589

Aristovnik, A., Keržič, D., Ravšelj, D., Tomaževič, N., & Umek, L. (2020). Impacts of the COVID-19 Pandemic on Life of Higher Education Students: A Global Perspective. Sustainability, 12(20), 8438. https://doi.org/10.3390/su12208438

Djumransjah, H.M., (2004). Pengantar filsafat pendidikan. Bayumedia Pub.

Faridah, A. (2022). Tantangan Dan Problematika Pendidikan Di Era Modern (Analisa dan Problem Solving Pendidikan Pasca Pandemi COVID-19). Investama : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 107–120. https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/investama/article/view/679

Fredlina, K. Q., Werthi, K. T., & Astuti, H. W. (2021). Literasi Digital Bagi Pendidik Indonesia dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran Pasca Pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(2), 108–114. https://doi.org/10.24967/jams.v2i2.1359

Gultom, J. R., Sundara, D., & Fatwara, M. D. (2022). Pembelajaran hybrid learning model sebagai strategi optimalisasi sistem pembelajaran di era pandemi covid-19 pada perguruan tinggi di Jakarta. Mediastima, 28(1), 11-22.

Hidayat, N. A. S. N., & Nisa, N. (2022). Tantangan Inovasi Pendidikan di Masa Pasca Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(5), 9079–9086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3345

Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261

Jain, S. A., Hussaini, N., John, S., Alexander, D., & Sarkar, B. (2022). Game-Based Learning in Higher Education: An Effective Pedagogical Tool for Enhanced Competency Building. In Handbook of Research on Acquiring 21st Century Literacy Skills Through Game-Based Learning (pp. 138-163). IGI Global.

Jiang, N., Yan-Li, S., Pamanee, K., & Sriyanto, J. (2021). Depression, Anxiety, and Stress During the COVID-19 Pandemic: Comparison Among Higher Education Students in Four Countries in the Asia-Pacific Region. Journal of Population and Social Studies [JPSS], 29, 370–383. https://so03.tci-thaijo.org/index.php/jpss/article/view/244216

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi COVID-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54

Keshavarz, M. H. (2020). A Proposed Model for Post-Pandemic Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1384–1391. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1193

Purba, N. P., & Faizal, I. (2022). Revaluasi Aktivitas Di Pendidikan Tinggi Setelah Pandemi COVID-19 Untuk Negara Berkembang. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 22(1), 1–8. https://doi.org/10.33592/pelita.v22i1.1867

Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). htpps://doi.org/10.31004/10.31599/jki.v1i1.274

Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., & Koole, M. (2021). Balancing Technology, Pedagogy and the New Normal: Post-pandemic Challenges for Higher Education. Postdigital Science and Education, 3. https://doi.org/10.1007/s42438-021-00249-1

Rohana, S. R. S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-208.

Saha, T., Das, P. P., & Singh, R. (2021). Challenges in higher education during and after the COVID-19 pandemic in India. Journal of Physics: Conference Series, 1797(1), 012065. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1797/1/012065

Sumantyo, F. D. S. (2020). Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca COVID-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 81–92. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.266

Sutton, M. J. D., & Jorge, C. F. B. (2020). Potential for radical change in Higher Education learning spaces after the pandemic. 1, 3(1). https://doi.org/10.37074/jalt.2020.3.1.20

Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education Amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4). https://eric.ed.gov/?id=EJ1263557

Tri Darmayanti, Made Yudhi Setiani, & Boedhi Oetojo. (2022). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2), 99–113. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/538

Warsito, H., Winingsih, E., Setiawati, D., & Naqiyah, N. (2022). Pembelajaran Online Pasca Pandemi COVID-19: Identifikasi Masalah Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 75–84. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/1300

Winandi, G. T. (2020). Perencanaan Pendidikan Pada Masa Pasca Pandemi COCID-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 315–317. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/597

Yamin, M. (2022). Blended Learning Model Pembelajaran Pasca Pandemi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 285-289. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2762

Yang, R. (2020). China’s higher education during the COVID-19 pandemic: some preliminary observations. Higher Education Research & Development, 39(7), 1–5. https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1824212

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Sari, N. D., Megawanti, P., & Setiawan, J. (2024). Tantangan dan Model Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19 di Perguruan Tinggi . Journal of Education Research, 5(3), 2671–2677. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.337

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check