Tantangan dan Model Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19 di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.337Keywords:
Tantangan Pendidikan Pasca Pandemi, Model Pembelajaran, Pandemi, Pembelajaran Daring, Pendidikan TinggiAbstract
Pandemi COVID sembilan belas yang menyerang dunia pada tahun dua ribu dua puluh membawa dampak yang sangat besar di berbagai sektor kehidupan. Dunia pendidikan merupakan salah satu sektor utama yang terdampak secara drastis oleh pandemi COVID sembilan belas di seluruh dunia. Kebijakan negara terkait bidang pendidikan pada masa pandemi adalah dengan meniadakan pembelajaran tatap muka. Pandemi COVID sembilan belas telah mengubah pembelajaran yang diselenggarakan di kampus secara revolusioner Dalam waktu cepat sekolah terutama perguruan tinggi dipaksa untuk melaksanakan pembelajaran daring. Pertanyaan mengenai apakah setelah pandemi ini berakhir, model pembelajaran di perguruan tinggi akan kembali ke masa sebelum pandemi atau tetap menggunakan model pembelajaran sewaktu masa pandemi atau apakah memungkinkan bentuk pembelajaran yang merupakan kolaborasi dari masa sebelum pandemi dan saat masa pandemik, menjadi dasar kajian ini. Kajian ini dilakukan untuk menganalisis kembali tantangan pembelajaran yang dihadapi pada pendidikan tinggi selama masa COVID sembilan belas dan mengkaji model pembelajaran alternatif yang bisa dilakukan pasca pandemi COVID sembilan belas khususnya pada pendidikan tinggi. Dalam studi ini disampaikan latar belakang perubahan yang terjadi selama pandemi COVID sembilan belas , dan perubahan model pembelajaran di pendidikan tinggi. Kemudian, model pembelajaran masa pandemi dan pasca pandemi akan ditinjau. Selanjutnya, beberapa model pembelajaran masa pandemi akan diuraikan. Akhirnya, model pendidikan tinggi pasca pandemi akan digambarkan.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi COVID-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863–5873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531
Arifin, S., & Muslim, Moh. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589
Aristovnik, A., Keržič, D., Ravšelj, D., Tomaževič, N., & Umek, L. (2020). Impacts of the COVID-19 Pandemic on Life of Higher Education Students: A Global Perspective. Sustainability, 12(20), 8438. https://doi.org/10.3390/su12208438
Djumransjah, H.M., (2004). Pengantar filsafat pendidikan. Bayumedia Pub.
Faridah, A. (2022). Tantangan Dan Problematika Pendidikan Di Era Modern (Analisa dan Problem Solving Pendidikan Pasca Pandemi COVID-19). Investama : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 107–120. https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/investama/article/view/679
Fredlina, K. Q., Werthi, K. T., & Astuti, H. W. (2021). Literasi Digital Bagi Pendidik Indonesia dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran Pasca Pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(2), 108–114. https://doi.org/10.24967/jams.v2i2.1359
Gultom, J. R., Sundara, D., & Fatwara, M. D. (2022). Pembelajaran hybrid learning model sebagai strategi optimalisasi sistem pembelajaran di era pandemi covid-19 pada perguruan tinggi di Jakarta. Mediastima, 28(1), 11-22.
Hidayat, N. A. S. N., & Nisa, N. (2022). Tantangan Inovasi Pendidikan di Masa Pasca Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(5), 9079–9086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3345
Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84
Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261
Jain, S. A., Hussaini, N., John, S., Alexander, D., & Sarkar, B. (2022). Game-Based Learning in Higher Education: An Effective Pedagogical Tool for Enhanced Competency Building. In Handbook of Research on Acquiring 21st Century Literacy Skills Through Game-Based Learning (pp. 138-163). IGI Global.
Jiang, N., Yan-Li, S., Pamanee, K., & Sriyanto, J. (2021). Depression, Anxiety, and Stress During the COVID-19 Pandemic: Comparison Among Higher Education Students in Four Countries in the Asia-Pacific Region. Journal of Population and Social Studies [JPSS], 29, 370–383. https://so03.tci-thaijo.org/index.php/jpss/article/view/244216
Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi COVID-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54
Keshavarz, M. H. (2020). A Proposed Model for Post-Pandemic Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1384–1391. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1193
Purba, N. P., & Faizal, I. (2022). Revaluasi Aktivitas Di Pendidikan Tinggi Setelah Pandemi COVID-19 Untuk Negara Berkembang. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 22(1), 1–8. https://doi.org/10.33592/pelita.v22i1.1867
Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). htpps://doi.org/10.31004/10.31599/jki.v1i1.274
Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., & Koole, M. (2021). Balancing Technology, Pedagogy and the New Normal: Post-pandemic Challenges for Higher Education. Postdigital Science and Education, 3. https://doi.org/10.1007/s42438-021-00249-1
Rohana, S. R. S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-208.
Saha, T., Das, P. P., & Singh, R. (2021). Challenges in higher education during and after the COVID-19 pandemic in India. Journal of Physics: Conference Series, 1797(1), 012065. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1797/1/012065
Sumantyo, F. D. S. (2020). Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca COVID-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 81–92. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.266
Sutton, M. J. D., & Jorge, C. F. B. (2020). Potential for radical change in Higher Education learning spaces after the pandemic. 1, 3(1). https://doi.org/10.37074/jalt.2020.3.1.20
Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education Amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4). https://eric.ed.gov/?id=EJ1263557
Tri Darmayanti, Made Yudhi Setiani, & Boedhi Oetojo. (2022). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2), 99–113. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/538
Warsito, H., Winingsih, E., Setiawati, D., & Naqiyah, N. (2022). Pembelajaran Online Pasca Pandemi COVID-19: Identifikasi Masalah Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 75–84. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/1300
Winandi, G. T. (2020). Perencanaan Pendidikan Pada Masa Pasca Pandemi COCID-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 315–317. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/597
Yamin, M. (2022). Blended Learning Model Pembelajaran Pasca Pandemi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 285-289. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2762
Yang, R. (2020). China’s higher education during the COVID-19 pandemic: some preliminary observations. Higher Education Research & Development, 39(7), 1–5. https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1824212
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Noni Dwi Sari, Priarti Megawanti, Jan Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).