Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Moderen Ta’dib Al-Syakirin Kelas VII

Authors

  • Nadilah Adha Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Khoirul Jamil Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.335

Abstract

Di Pondok Pesantren moderen Ta’dib Al-Syakirin, proses penguasaan kosa kata bahasa Arab masih kurang efektif serta belum dapat memanfaatkan media pembelajaran secara baik dan masih menggunakan cara-cara konvensional sehingga minat belajar siswa dalam bahasa Arab menjadi berkurang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pengamatan, wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah penggunaan media gambar untuk meningkatkan penguasaan kosa kata dalam bahasa Arab kelas VII MTs Pondok Pesantren moderen Ta’dib Al-Syakirin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam meningkatan penguasaan kosa kata dalam bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren moderen Ta’dib Al-Syakirin. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa  penggunaan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosa kata dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Pondok Pesantren moderen Ta’dib Al-Syakirin. 1) Guru memberikan gambar dari kosa kata yang ingin diajarkan dan siswa menebak gambar tersebut 2) Guru memberikan kosa kata dalam bahasa Arab 3) Siswa menirukan ucapan guru 4) Siswa menghafalkan kosa kata baru 5) Siswa membuat sebuah contoh kalimat dari kosa kata baru 6) Guru mengoreksi benar/salah dari contoh kalimat siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin, A., & Amirudin, N. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Tamaddun. https : //doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66

Aria Pramudito. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan. Pengembangan Media Pembelajaran.

Fansury, A. H., & Januarty, R. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Media Games Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Siswa Kelas VII SMPN 35 Makassar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1).

Fitria. (2013). Petode Penelitian KualitatiF. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif.teori dan praktik. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Hendri, M. (2013). طرق تعليم المفردات في مهارة الكلام. Journal of English and Arabic Language Teaching, 4(2).

Ilmu, F., Dan, T., & Pengantar, K. (2013). MEDIA PEMBELAJARAN PAI ( Teori dan Aplikasinya ).

Iqbal, M., Haddad Alwi, W., Hamdi, A., Putra Sambo, W., & Candra Sekolah Tinggi Agama, J. (2021). Pengenalan Bahasa Arab untuk Anak-anak di Lingkungan Transmigrasi Desa Sikerabang. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6 (1), 32–45. http : //waraqat. assunnah. ac. id/index. php/ WRQ/ article /view/ 151

Iqbal, M., Rizki, A., Wardani, J. S., Khafifah, N. P., Silitonga, N., & Amirah, R. (2023). Kebijakan Pendidikan Tentang Pelaksanaan Merdeka Belajar. Journal on Education, 5(2), 2257–2265. https : //doi. org/10. 31004 / joe. v5i2. 878

Iqbal, M., Winanda, A., Sagala, D. H., Rahmadani, U., & Hasibuan, A. (2023). Peran Guru dalam Kebijakan Merdeka Belajar dan Implementasinya terhadap Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Pancur Batu. 05(03), 9299–9306.

Jailani, M. S. (2013). Ragam Penelitian Qualitative (Ethnografi, Fenomenologi, Grounded Theory, dan Studi Kasus). Edu-Bio, 4.

Kelas Fotografi. (2013). Pengertian dan Sejarah Singkat Fotografi. Kelas Fotografi.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1 (2). https: //doi. org/10. 31800/jkwangsan-jtp. v1n2. p95--105

Poerwandari. (2013). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9.

Saputra, I. J. (2021). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.9037

Setyono, Y. A., Sukarmin, & Daru, W. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Su, N. C., Azma, Z., & Hamzah, Z. (2013). Penguasaan Kosa Kata dan Kemampuan Membina Ayat Bahasa Thai. Jurnal Linguistik, 17(1).

Suryaningsih, H., & Wahyu Kurniawati. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sumber Daya Alam Berbasis Lectora Inspire Pada Siswa Kelas Iv Sd Pundung Imogiri Bantul Heni. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Takdir, T. (2019). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1(1). https : //doi . org /10. 47435/ naskhi. v1i1.65

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1). https : //doi. org/10. 24252/ saa. v1i1.9375

Wahab, R. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(1).

Khasanah, Nurul. 2016. Peningkatan Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Penggunaan Media Gambar. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nugraheni, Catur. 2010. Pemanfaatan Media Gambar Sebagai Upaya Peningkatan Pengguasaan Kosakata Pada Siswa Kelas V (Lima) Al- Iman Banaran Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2008/ 2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

Purba, N. A., & Jamil, K. (2023). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Moderen Ta’dib Al-Syakirin Kelas VII . Journal of Education Research, 4(3), 1259–1264. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.335

Issue

Section

Articles

Citation Check