Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Moderen Ta’dib Al-Syakirin Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.335Abstract
Di Pondok Pesantren moderen Ta’dib Al-Syakirin, proses penguasaan kosa kata bahasa Arab masih kurang efektif serta belum dapat memanfaatkan media pembelajaran secara baik dan masih menggunakan cara-cara konvensional sehingga minat belajar siswa dalam bahasa Arab menjadi berkurang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pengamatan, wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah penggunaan media gambar untuk meningkatkan penguasaan kosa kata dalam bahasa Arab kelas VII MTs Pondok Pesantren moderen Ta’dib Al-Syakirin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam meningkatan penguasaan kosa kata dalam bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren moderen Ta’dib Al-Syakirin. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosa kata dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Pondok Pesantren moderen Ta’dib Al-Syakirin. Guru memberikan gambar dari kosa kata yang ingin diajarkan dan siswa menebak gambar tersebut, Guru memberikan kosa kata dalam bahasa Arab, Siswa menirukan ucapan guru, Siswa menghafalkan kosa kata baru, Siswa membuat sebuah contoh kalimat dari kosa kata baru, Guru mengoreksi benar atau salah dari contoh kalimat siswa.
Downloads
References
Admin, A., & Amirudin, N. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Tamaddun. https : //doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66
Aria Pramudito. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan. Pengembangan Media Pembelajaran.
Fansury, A. H., & Januarty, R. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Media Games Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Siswa Kelas VII SMPN 35 Makassar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1).
Fitria. (2013). Petode Penelitian KualitatiF. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif.teori dan praktik. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Hendri, M. (2013). طرق تعليم المفردات في مهارة الكلام. Journal of English and Arabic Language Teaching, 4(2).
Ilmu, F., Dan, T., & Pengantar, K. (2013). MEDIA PEMBELAJARAN PAI ( Teori dan Aplikasinya ).
Iqbal, M., Haddad Alwi, W., Hamdi, A., Putra Sambo, W., & Candra Sekolah Tinggi Agama, J. (2021). Pengenalan Bahasa Arab untuk Anak-anak di Lingkungan Transmigrasi Desa Sikerabang. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6 (1), 32–45. http : //waraqat. assunnah. ac. id/index. php/ WRQ/ article /view/ 151
Iqbal, M., Rizki, A., Wardani, J. S., Khafifah, N. P., Silitonga, N., & Amirah, R. (2023). Kebijakan Pendidikan Tentang Pelaksanaan Merdeka Belajar. Journal on Education, 5(2), 2257–2265. https : //doi. org/10. 31004 / joe. v5i2. 878
Iqbal, M., Winanda, A., Sagala, D. H., Rahmadani, U., & Hasibuan, A. (2023). Peran Guru dalam Kebijakan Merdeka Belajar dan Implementasinya terhadap Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Pancur Batu. 05(03), 9299–9306.
Jailani, M. S. (2013). Ragam Penelitian Qualitative (Ethnografi, Fenomenologi, Grounded Theory, dan Studi Kasus). Edu-Bio, 4.
Kelas Fotografi. (2013). Pengertian dan Sejarah Singkat Fotografi. Kelas Fotografi.
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1 (2). https: //doi. org/10. 31800/jkwangsan-jtp. v1n2. p95--105
Poerwandari. (2013). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9.
Saputra, I. J. (2021). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.9037
Setyono, Y. A., Sukarmin, & Daru, W. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).
Su, N. C., Azma, Z., & Hamzah, Z. (2013). Penguasaan Kosa Kata dan Kemampuan Membina Ayat Bahasa Thai. Jurnal Linguistik, 17(1).
Suryaningsih, H., & Wahyu Kurniawati. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sumber Daya Alam Berbasis Lectora Inspire Pada Siswa Kelas Iv Sd Pundung Imogiri Bantul Heni. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Takdir, T. (2019). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1(1). https : //doi . org /10. 47435/ naskhi. v1i1.65
Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1). https : //doi. org/10. 24252/ saa. v1i1.9375
Wahab, R. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.
Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(1).
Khasanah, Nurul. 2016. Peningkatan Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Penggunaan Media Gambar. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nugraheni, Catur. 2010. Pemanfaatan Media Gambar Sebagai Upaya Peningkatan Pengguasaan Kosakata Pada Siswa Kelas V (Lima) Al- Iman Banaran Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2008/ 2009. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nadilah Adha Purba, Khoirul Jamil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).