Peningkatan Maharoh Kitabah melalui Metode Insya' dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII Di SMPIT Ad-Durroh Medan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.334Abstract
Artikel ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peningkatkan maharoh kitabah melalui metode insya dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa kelas VII di SMPIT Ad-Durroh Medan. Penelitian ini fokus pada metode Insya sebagai salah satu metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru Bahasa Arab di VII di SMPIT Ad-Durroh Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara analisis Miles dan Hubermen. Teknik validasi data menggunakan proses triangulasi yaitu, triangulasi narasumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatkan maharoh kitabah melalui metode insya dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa Kelas VII di SMPIT Ad-Durroh Medan.
Downloads
References
Abdul, Hamid, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: Sukses Offset.
Abdul, Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Acep, Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ainin, Moh. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Surabaya: Hilal Pustaka.
Al-Khuli, Muhammad Ali. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Basan Publishing.
Anita, Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia, 2002.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Diva Press.
Azhar, Arsyad. 2009. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baroroh, R. & Rahmawati F. 2020. “Metode-Metode dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif”. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, Vol. 9, No. 2, Hal. 179-196.
Hasani, Zhul Fahmy. 2013. “Penerapan Metode Imla’ Untuk Meningkakan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIIC MTs Muhammadiyah 02 Pemalang”. Journal of Arabic Learning and Teaching, Vol. 2, No. 1, 2013.
Kridalaksana, Harimurti. 1983. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.
Mattew, B. Miles dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (terj. Tjejep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI-Press.
Muhajir. 2006. “Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Cooperative Learning”. Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Volume 3, Nomor 1, Juli 2006.
Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. 2015. Metode Permainan-Permaianan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Musthafa, I., & Hermawan, A. 2018. Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). Bandung: PT Remaja Rosakarya,
Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.
Nufus, Hayati. 2015. “Pembelajaran Insya (Kitabah) dengan Media Strip Story”. Jurnal Horizon Pendidikan, Vol. 10, No. 2, Juli-Desember 2015: 213-220.
Nuha, Ulin. 2011. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Oka. I.G.N. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Dikti, Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan.
Parhan & Ghufron Maksum. 2022. “Taksonomi Linguistik, Analisis Kesalahan Bahasa dalam Pembelajaran Insya’”. Ta’alimi: Journal of Arabic Education & Arabic Studies, Vol. 1, No. 2, Juli 2022.
Perdana, Irfan, dkk. 2023. “Imla’ dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas XI MIA 1 MAN Bulukumba”. Al-Fashahah: Journal Of Arabic Education, Lingustics, and Literature, Vol. 3, No. 1, Mei 2023.
Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga. 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pokja UIN Suka,
Purwanto, N. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remajarosdakarya.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sunhaji. 2014. “Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran”. Jurnal Kependidikan, Vol. 2 No. 2, 2014, h. 32-33.
Suparlan.2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publising.
Susanti & Syamsuddin Asyrofi. 2020. “Efektivitas Metode Imla’ Manzur Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Masdrasah Tsanawiyah”. Journal of Arabic Language, Literature, and Education, Vol. 1, No. 2, July 2020.
Susanti, Eka. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Insya’ Muwajjah Untuk Meningkatkan Maharotul Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII Mts Negeri 8 Muaro Jambi”. Ad-dhuha: Jurnal Pendididkan Bahasa Arab dan Budaya Islam, Vol. 3, No.1, 2022.
Tengku, Zahara Dzafar. 2001. Konstribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Zulhannan. 2014. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Andi Febian, Lahmuddin Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).