Campur Kode Luar Bahasa Fandom “ARMY” pada Kolom Komentar Postingan Instagram @army_indonesiaa: Kajian Sosiolinguistik
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.328Keywords:
Morfologi, Campur Kode, bahasa fondamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk campur kode luar bahasa fandom ARMY pada kolom komentar postingan instagram at army underscore indonesiaa berdasarkan kajian morfologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan morfologi yang dilengkapi dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni suatu teknik yang menggambarkan dan menginterpretasikan arti data-data yang telah terkumpul dengan memberikan perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berbentuk hasil screenshootan kolom komentar akun Instagram at army underscore indonesiaa. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan teori campur kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis campur kode ke luar pada kolom komentar akun Instagram at army underscore indonesiaa yang hampir keseluruhan komentar tersebut berasal dari para Army yang merupakan sebutan dari penggemar BTS. Adapun dua jenis campur kode keluar tersebut adalah campur kode antara bahasa Indonesia dengan bahasa Korea sebanyak lima belas data dan campur kode antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris sebanyak lima belas data
Downloads
References
Alatas, M. A., & Rachmayanti, I. (2020). Penggunaan Campur Kode Dalam Komunikasi Santri Di Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 4(1), 43-55.
Alawiyah, S. R., Agustiani, T., & Humaira, H. W. (2021). Wujud Dan Faktor Penyebab Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Interaksi Sosial Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(2), 197-207.
AMELIA HANI SAPUTRI, A. H. S. (2021). Transformasi Sastra Lisan Syaer Dalam Pertunjukan Tari. Griya Cendikia, 6(2), 1-8.
Amri, Y. K. (2019). Alih Kode Dan Campur Kode Pada Media Sosial. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, Pp. 149-154). FBS Unimed Press.
Amriyah, N., & Isnaini, H. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo Dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club Tvone Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Jurnal Disastra, 3(1), 98-103.
Ardiantari, I. A. P. G., Nurita, W. N., & Sulatra, I. K. S. (2022). Campur Kode Penjual Dan Pembeli Di Warung Tradisioanal. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 6(1), 220-234.
Dahniar, A., & Sulistyawati, R. (2023). Analisis Campur Kode Pada Tiktok Podcast Kesel Aje Dan Dampaknya Terhadap Eksistensi Berbahasa Anak Milenial: Kajian Sosiolinguistik. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 55-65.
Damayanti, R. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram. Damayanti, Rini. Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram. 2018. EDUTAMA.
Fatawi, N. F. (2019). Campur Kode Dalam Komunikasi Bahasa Arab Santri Pondok Modern Madinah Lampung Timur (Kajian Sosiolinguistik). Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 1(02), 179-194.
Fauziyah, A., Itaristanti, I., & Mulyaningsih, I. (2019). Fenomena Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Angkutan Umum (Elf) Jurusan Sindang Terminal_Harjamukti Cirebon. Sebasa, 2(2), 79-90.
Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 4(1), 43-52.
Laiman, A., Rahayu, N., & Wulandari, C. (2018). Campur Kode Dan Alih Kode Dalam Percakapan Di Lingkup Perpustakaan Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(1), 45-55.
Matahari Andalusia Karya Hary El-Parsia. Uniqbu Journal Of Social Sciences, 1(1), 1-12.
Muliani, E., Said, I. M., & Abbas, A. (2021). Alih Kode Dan Campur Kode Bahasa Wolio Ke Dalam Bahasa Indonesia Di Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Baubau. Jurnal Ilmu Budaya, 9(1), 219-231.
Ningrum, F. (2019). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Postingan Di Akun Instagram Yowessorry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2), 119-125.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.
Santoso, B. (2021). Kajian Sosiolinguistik Alih Kode Campur Kode Film Yowis Ben The Series.
Santoso, B. (2021). Kajian Sosiolinguistik Alih Kode Campur Kode Film Yowis Ben The Series. EDUTAMA.
Setiaji, A. B., & Mursalin, E. (2023). Variasi Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Tuturan Masyarakat Multilingual Di Kabupaten Pangkep (Kajian Sosiolinguistik). Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 5(1), 12-27.
Sukmana, A. A., Wardarita, R., & Ardiansyah, A. (2021). Penggunaan Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Acara Matanajwa Pada Stasiun Televisi Trans7. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 206-221.
Sukri, Dkk. (2022). Morfologi Kajian Antara Bentuk Dan Makna (Edisi Revsi). Pustaka Bangsa.
Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo.
Usop, L. S., Perdana, I., Poerwadi, P., Diman, P., & Linarto, L. (2021). Campur Kode Dalam Iklan Penawaran Barang Di Forum Jual Beli Online Facebook Kota Palangka Raya (Kajian Sosiolinguistik). ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 18-31.
Waruwu, T. K. Y., Isninadia, D., Yulianti, H., & Lubis, F. (2023). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Konten Podcast Cape Mikir With Jebung Di Spotify: Kajian Sosiolinguistik. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 115-123.
Wirawan, S., & Shaunaa, R. (2021). Analisis Penggunaan Campur Kode Dan Alih Kode Dalam Video Akun Youtube Londokampung. Jurnal Budaya Brawijaya, 1(2), 17-22.
Yusnan, M., Kamasiah, R. I., Karim, H., & Bugis, R. (2020). Alih Kode Dan Campur Kode Pada Novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El-Parsia: Transfer Code And Mix Code In Novels Badai.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ni Made Yuliani, Sukri Sukri, Desak Putu Saridewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).