Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ melalui Metode Storytelling pada Siswa Kelas X

Authors

  • Ummi Kalsum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Muhammad Taufiq Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.314

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X. Penelitian ini fokus pada metode Storytelling sebagai salah satu metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru Bahasa Arab di Kelas X. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara analisis Miles dan Hubermen. Teknik validasi data menggunakan proses triangulasi yaitu, triangulasi narasumber yang beragam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X dalam pembelajaran dilihat dari hasil observasi yang peneliti lakukan peserta ddik merasa nyaman dan asyik ketika guru menggunakan model ini. Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X lainnya yaitu selalu menumbuhkan motivasi peserta didik agar tidak berputus asa dalam belajar bahasa Arab dan melakukan bimbingan khusus untuk peserta didik yang belum lancar membaca kemudian memberikan latihan tambahan dan tugas tertentu kepada peserta didik agar melakukan kegiatan belajar di luar sekolah dan selalu memanfaatkan fasilitas yang ada seperti buku-buku yang tersedia di perpustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hamid, dkk, Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, (Malang: Sukses Offset, 2008).

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005)

Al-Khomis bin Abdur Rahman, Tanpa Tahun, Fan al-Istima wa Turuq Tadrisihi wa Ikhtibarihi, www.mitaka .net/forums/mulka281137

Al-Khomis bin Abdur Rahman, Tanpa Tahun, Fan al-Istima wa Turuq Tadrisihi wa Ikhtibarihi, www.mitaka .net/forums/mulka281137

Anita Lie, Cooperative Learning, (Jakarta: Gramedia, 2002)

Dr. Rusman, M.pd., Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)

Fadhil Futuhy Muhammad Wali. Tadris al-Lughoh al-Arabiyah fi al-Marhalah al- Ibtidaiyyah, (Dar al-Andalus al-Hadlro, 1900)

Fairuz Abadi, al-Qomus al-Muhith, sami’a, Hal. 943-944. Ibnu Mandhur, Lisan al- ‘Araby, sami’a, Juz 8

Jamal Ma‟mur Asmani, 7 Tips Aplikasi PAIKEM Menciptakan Metode Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, (Yogyakarta: Diva Press, 2001),

Kridalaksana, Harimurti, Kamus Linguistik, (Jakarta: PT. Gramedia, 1983)

Mattew B. Miles dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif (terj. Tjejep Rohendi Rohidi), (Jakarta: UI-Press, 1992)

Muhajir, Pembelajaran Bahasa Arab berbasisCooperative Learning”, Al-„Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Volume 3, Nomor 1, Juli 2006,

Muhammad Sholih asy-Syunthy, al-Maharat al-Lughowiyah, Dar al-Andalus li an- Nasyr wa at-Tauzi’

Mujib, Fathul dan Nailur rahmawati, Metode Permainan-Permaianan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arap, (Yogyakarta: Diva Press. Musbikin, I. 2015)

Musthafa, I., & Hermawan, A, Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). (Bandung: PT Remaja Rosakarya, 2018)

Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Pokja UIN Suka, 2006)

Rusydi Ahmad Thu’aimah dan Muhammad as-Sayyid Manna’. Tadris al-Arabiyah fi at-Ta’lim al-Aam Nadhoriyat wa Tajaru.,( Kairo: Dar al-Fikr al-Araby, 2000)

Rusydi Ahmad Thu’aimah dan Muhammad as-Sayyid Manna’. Tadris al-Arabiyah fi at-Ta’lim al-Aam Nadhoriyat wa Tajarub. (Kairo: Dar al-Fikr al-Araby, 2000

Suparlan, Guru Sebagai Profesi (Yogyakarta: Hikayat Publising, 2006)

Tengku Zahara Dzafar, Konstribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar, (Jakarta Balitbang Depdiknas, 200

Bariyah, K., & Muassomah, M. (2019). Metode Ta’Bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai: Inovasi Pembelajaran Maharah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Iain Madura. Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 1–34. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v4i1.509

Fahmi, B., & Rahmanudin, I. (2022). Implementasi Strategi Digital Story Telling (DST) dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di SMP Arrifaie Gondanglegi Malang). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5057–5066.

Minatul Azmi, M. P. (2019). Metode Storytelling Sebagai Solusi Pembelajaran Maharah Kalam di PKPBA UIN Malang. Sastra Arab, 69–86.

Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199–207.

Wijaya, M., Manshur, U., & Latifah, N. (n.d.). Implementasi Metode Taqdimul Qishoh dalam Meningkatkan Maharah Kalam di Lembaga Al-Wafiyah Kitab & Bahasa Arab ( AWKIBA ). 220–235.

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

Kalsum, U., & Taufiq, M. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ melalui Metode Storytelling pada Siswa Kelas X. Journal of Education Research, 4(3), 1251–1258. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.314

Issue

Section

Articles

Citation Check