Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ melalui Metode Storytelling pada Siswa Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.314Abstract
Artikel ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X. Penelitian ini fokus pada metode Storytelling sebagai salah satu metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru Bahasa Arab di Kelas X. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara analisis Miles dan Hubermen. Teknik validasi data menggunakan proses triangulasi yaitu, triangulasi narasumber yang beragam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X dalam pembelajaran dilihat dari hasil observasi yang peneliti lakukan peserta ddik merasa nyaman dan asyik ketika guru menggunakan model ini. Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X lainnya yaitu selalu menumbuhkan motivasi peserta didik agar tidak berputus asa dalam belajar bahasa Arab dan melakukan bimbingan khusus untuk peserta didik yang belum lancar membaca kemudian memberikan latihan tambahan dan tugas tertentu kepada peserta didik agar melakukan kegiatan belajar di luar sekolah dan selalu memanfaatkan fasilitas yang ada seperti buku-buku yang tersedia di perpustakaan.
Downloads
References
Abdul Hamid, dkk, Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, (Malang: Sukses Offset, 2008).
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005)
Al-Khomis bin Abdur Rahman, Tanpa Tahun, Fan al-Istima wa Turuq Tadrisihi wa Ikhtibarihi, www.mitaka .net/forums/mulka281137
Al-Khomis bin Abdur Rahman, Tanpa Tahun, Fan al-Istima wa Turuq Tadrisihi wa Ikhtibarihi, www.mitaka .net/forums/mulka281137
Anita Lie, Cooperative Learning, (Jakarta: Gramedia, 2002)
Dr. Rusman, M.pd., Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)
Fadhil Futuhy Muhammad Wali. Tadris al-Lughoh al-Arabiyah fi al-Marhalah al- Ibtidaiyyah, (Dar al-Andalus al-Hadlro, 1900)
Fairuz Abadi, al-Qomus al-Muhith, sami’a, Hal. 943-944. Ibnu Mandhur, Lisan al- ‘Araby, sami’a, Juz 8
Jamal Ma‟mur Asmani, 7 Tips Aplikasi PAIKEM Menciptakan Metode Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, (Yogyakarta: Diva Press, 2001),
Kridalaksana, Harimurti, Kamus Linguistik, (Jakarta: PT. Gramedia, 1983)
Mattew B. Miles dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif (terj. Tjejep Rohendi Rohidi), (Jakarta: UI-Press, 1992)
Muhajir, Pembelajaran Bahasa Arab berbasisCooperative Learning”, Al-„Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Volume 3, Nomor 1, Juli 2006,
Muhammad Sholih asy-Syunthy, al-Maharat al-Lughowiyah, Dar al-Andalus li an- Nasyr wa at-Tauzi’
Mujib, Fathul dan Nailur rahmawati, Metode Permainan-Permaianan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arap, (Yogyakarta: Diva Press. Musbikin, I. 2015)
Musthafa, I., & Hermawan, A, Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). (Bandung: PT Remaja Rosakarya, 2018)
Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Pokja UIN Suka, 2006)
Rusydi Ahmad Thu’aimah dan Muhammad as-Sayyid Manna’. Tadris al-Arabiyah fi at-Ta’lim al-Aam Nadhoriyat wa Tajaru.,( Kairo: Dar al-Fikr al-Araby, 2000)
Rusydi Ahmad Thu’aimah dan Muhammad as-Sayyid Manna’. Tadris al-Arabiyah fi at-Ta’lim al-Aam Nadhoriyat wa Tajarub. (Kairo: Dar al-Fikr al-Araby, 2000
Suparlan, Guru Sebagai Profesi (Yogyakarta: Hikayat Publising, 2006)
Tengku Zahara Dzafar, Konstribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar, (Jakarta Balitbang Depdiknas, 200
Bariyah, K., & Muassomah, M. (2019). Metode Ta’Bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai: Inovasi Pembelajaran Maharah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Iain Madura. Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 1–34. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v4i1.509
Fahmi, B., & Rahmanudin, I. (2022). Implementasi Strategi Digital Story Telling (DST) dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di SMP Arrifaie Gondanglegi Malang). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5057–5066.
Minatul Azmi, M. P. (2019). Metode Storytelling Sebagai Solusi Pembelajaran Maharah Kalam di PKPBA UIN Malang. Sastra Arab, 69–86.
Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199–207.
Wijaya, M., Manshur, U., & Latifah, N. (n.d.). Implementasi Metode Taqdimul Qishoh dalam Meningkatkan Maharah Kalam di Lembaga Al-Wafiyah Kitab & Bahasa Arab ( AWKIBA ). 220–235.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ummi Kalsum, Muhammad Taufiq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).