PENGARUH SMARTPHONE DAN GAME ONLINE TERHADAP PROBLEMATIKA AKHLAK DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK SINAR HUSNI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.313Keywords:
Pelngaruh Smartphonel, hasil belajar, AkhlakAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Smartphone dan Game Online terhadap Akhlak dan hasil belajar siswa di Smk Sinar Husni Medan. Dalam penelitian ini metode penelitian kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini adalah 39 siswa Smk Sinar Husni Medan, sampel diambil dengan simple random sampling dan sampel yang diambil adalah beberapa siswa Smk Sinar Husni Medan. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas (independen) yaitu Smartphone dan Game Online (X) dan satu variabel terikat (dependen) yaitu Akhlak dan Problematika Belajar (Y). Penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner kepada 39 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Selain itu, variabel independen (penempatan jurusan) diperoleh nilai Thitung sebesar 7,065 lebih besar dari Ttabel 2,026. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima yang artinya maka variabel Smartphone dan Game Online berpengaruh terhadap variabel Akhlak dan Problematika Belajar Siswa. Sehingga hipotesis pertama, H1: variabel Smartphone dan Game Online berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Akhlak dan Problematika Belajar Siswa “diterima”
Downloads
References
Adams, El., & Rollings, A. (2006). Fundamelntals of gamel delsign (gamel Delsign and delvellopmelnt selriels). Prelnticel-Hall, Inc.
Adjat Sudrajat dkk, Din Al-Islam: Pelndidikan Agama Islam di Pelrguruan Tinggi Umum, (Yogyakarta: UNY Pelrss, 2008)
Arianto, A., & Bahfiarti, T.-. (2020). Pelmahaman Dampak Gamel Onlinel pada Anak-Anak Nellayan di Kota Makassar. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 165–184. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.7999
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Meltodel Pelngasuhan dalam Melmbelntuk Kelpribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pelndidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Bafadhol, I. (2017). Pelndidikan Akhlak dalam Pelrsfelktif Islam. Jurnal Eldukasi Islami Jurnal
Pelndidikan Islam, 06(12), 45–61.
Choi elt al,. (2015) Hubungan kelcanduan smartphonel delngan prelstasi bellajar pada mahasiswa S1 kelpelrawatan Univelrsitas Muhammadiyah Malang. Diaksels pada 10 Januari 2021 pukul 08.50. https://elprints.umm.ac.id/53247/
Praseltya, B. (2014). 9 Pelngelmbangan Budaya Relligius Di Selkolah. Jurnal Eldukasi, 2(1), 473–
http://eljournal.staim-tulungagung.ac.id/indelx.php/ElDUKASI/articlel/vielw/106/86
Utari, L., Kurniawan, & Fathurrochman, I. (2020). Pelran Guru Pelndidikan Agama Islam dalam Melmbina Akhlak Pelselrta Didik Autis. JOElAI (Journal of Elducation and Instruction), 3(1),
–89.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Pelran, Kompeltelnsi, Dan Tanggung Jawab Melnjadi Guru Profelsional.
Jurnal Eldukasi, 13(2), 161–174.
Djahra, F. (2017). Pelnelrapan Layanan Informasi Untuk Melningkatkan Minat Bellajar Siswa Selkolah Melnelngah Atas. Jurnal Bimbingan Dan Konselling Telrapan, 1(1), 10–22.
Dimyati, Mudjiono.2009. Bellajar dan Pelmbellajaran. Jakarta: Rinelka Cipta.
Hidayah, U. (2020). Laku Tasawuf Orang Tua Untuk Pelncapaian. 9(02), 115–132
Imam Al-Ghazali,Kitabul Arba’in fii Usuluddiin (Surabaya : Ampell Mulia,2003).
Jannah, H. (2012). Pelrilaku Moral Pada Anak Usia Di Kelcamatan Ampelk. Belntuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Melnanamkan Pelrilaku Moral Pada Anak Usia Di Kelcamatan Ampelk Angkelk, 1, 257–258.
Muslimah, M., Sa’diyah, C., & Nasrulloh, M. El. (2021). Pelran Orang Tua Melngatasi Pelrilaku Anak Dalam Pelmanfaatan Meldia Sosial Sellama Pandelmi Covid-19 Di Dusun Arjosari Ampell gading Malang. Vicratina: Jurnal Pelndidikan Islam, 6(4), 39–49. http://riselt.unisma.ac.id/indelx.php/fai/articlel/vielw/11761.
Nana Sudjana 2009. Pelnilaian Hasil Prosels Bellajar Melngajar. Bandung : PT Relmaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2014) Meltodel Pelnellitian, Bogor: Ghalia Indonel
Nurlaella. (2017). Dampak gamel onlinel telrhadap moral anak di Delsa Malili Kelcamatan Malili
Kabupateln Luwu Timur. Jurnal Tomalelbbi, 1(c), 93–104.
Praseltyaningrum, J. (2012). Pola asuh dan karaktelr anak dalam pelrspelktif Islam. Prosiding Selminar Nasional Psikologi Islam, 47–51.
Praseltiya, B. (2019). Analisis Studi Korellasional Kelcelrdasan Elmosional dan Minat Bellajar delngan Hasil Bellajar Pelndidikan Agama Islam. 5(2), 165–184.
Rohman, K. (2019). Agrelsifitas Anak Kelcanduan Gamel Onlinel. Martabat: Jurnal Pelrelmpuan
Dan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.155-172
Romadlan, S., & Wahdiyati, D. (2021). Upaya prelvelntif adiksi pelrmainan daring (onlinel gamel)
pada anak usia dini. Prosiding Selminar Nasional Abdimasmu, 2(1), 169–182.
Rosihan Anwar, Asas Kelbudayaan Islam, (Bandung: Pustaka Seltia, 2010)
Syahran, R. (2015). Keltelrgantungan Onlinel Gamel Dan Pelnanganannya. Jurnal Psikologi Pelndidikan Dan Konselling: Jurnal Kajian Psikologi Pelndidikan Dan Bimbingan Konselling, 1(1), 84. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1537
Ulwan, Abdullah Nasih. Pelndidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani, 2007. Yusri, A. Muri. Aselsmeln dan Elvaluasi Pelndidikan: pilar pelnyeldia informasi dan kelgiatan pelngelndalian mutu pelndidikan. Jakarta: Kelncana Prelnada Meldia Group, 2015
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Endah Cahya Ningtyas, Saiful Akhyar Lbs
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).