PENGARUH SMARTPHONE DAN GAME ONLINE TERHADAP PROBLEMATIKA AKHLAK DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK SINAR HUSNI MEDAN

Authors

  • Endah Cahya Ningtyas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Saiful Akhyar Lbs Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.313

Keywords:

Pelngaruh Smartphonel, hasil belajar, Akhlak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Smartphone dan Game Online terhadap Akhlak dan hasil belajar siswa di Smk Sinar Husni Medan. Dalam penelitian ini metode penelitian kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini adalah 39 siswa Smk Sinar Husni Medan, sampel diambil dengan simple random sampling dan sampel yang diambil adalah beberapa siswa Smk Sinar Husni Medan. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas (independen) yaitu Smartphone dan Game Online (X) dan satu variabel terikat (dependen) yaitu Akhlak dan Problematika Belajar (Y). Penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner kepada 39 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Selain itu, variabel independen (penempatan jurusan) diperoleh nilai Thitung sebesar 7,065 lebih besar dari Ttabel 2,026. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima yang artinya maka variabel Smartphone dan Game Online berpengaruh terhadap variabel Akhlak dan Problematika Belajar Siswa. Sehingga hipotesis pertama, H1: variabel Smartphone dan Game Online berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Akhlak dan Problematika Belajar Siswa “diterima”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, El., & Rollings, A. (2006). Fundamelntals of gamel delsign (gamel Delsign and delvellopmelnt selriels). Prelnticel-Hall, Inc.

Adjat Sudrajat dkk, Din Al-Islam: Pelndidikan Agama Islam di Pelrguruan Tinggi Umum, (Yogyakarta: UNY Pelrss, 2008)

Arianto, A., & Bahfiarti, T.-. (2020). Pelmahaman Dampak Gamel Onlinel pada Anak-Anak Nellayan di Kota Makassar. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 165–184. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.7999

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Meltodel Pelngasuhan dalam Melmbelntuk Kelpribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pelndidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Bafadhol, I. (2017). Pelndidikan Akhlak dalam Pelrsfelktif Islam. Jurnal Eldukasi Islami Jurnal

Pelndidikan Islam, 06(12), 45–61.

Choi elt al,. (2015) Hubungan kelcanduan smartphonel delngan prelstasi bellajar pada mahasiswa S1 kelpelrawatan Univelrsitas Muhammadiyah Malang. Diaksels pada 10 Januari 2021 pukul 08.50. https://elprints.umm.ac.id/53247/

Praseltya, B. (2014). 9 Pelngelmbangan Budaya Relligius Di Selkolah. Jurnal Eldukasi, 2(1), 473–

http://eljournal.staim-tulungagung.ac.id/indelx.php/ElDUKASI/articlel/vielw/106/86

Utari, L., Kurniawan, & Fathurrochman, I. (2020). Pelran Guru Pelndidikan Agama Islam dalam Melmbina Akhlak Pelselrta Didik Autis. JOElAI (Journal of Elducation and Instruction), 3(1),

–89.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Pelran, Kompeltelnsi, Dan Tanggung Jawab Melnjadi Guru Profelsional.

Jurnal Eldukasi, 13(2), 161–174.

Djahra, F. (2017). Pelnelrapan Layanan Informasi Untuk Melningkatkan Minat Bellajar Siswa Selkolah Melnelngah Atas. Jurnal Bimbingan Dan Konselling Telrapan, 1(1), 10–22.

Dimyati, Mudjiono.2009. Bellajar dan Pelmbellajaran. Jakarta: Rinelka Cipta.

Hidayah, U. (2020). Laku Tasawuf Orang Tua Untuk Pelncapaian. 9(02), 115–132

Imam Al-Ghazali,Kitabul Arba’in fii Usuluddiin (Surabaya : Ampell Mulia,2003).

Jannah, H. (2012). Pelrilaku Moral Pada Anak Usia Di Kelcamatan Ampelk. Belntuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Melnanamkan Pelrilaku Moral Pada Anak Usia Di Kelcamatan Ampelk Angkelk, 1, 257–258.

Muslimah, M., Sa’diyah, C., & Nasrulloh, M. El. (2021). Pelran Orang Tua Melngatasi Pelrilaku Anak Dalam Pelmanfaatan Meldia Sosial Sellama Pandelmi Covid-19 Di Dusun Arjosari Ampell gading Malang. Vicratina: Jurnal Pelndidikan Islam, 6(4), 39–49. http://riselt.unisma.ac.id/indelx.php/fai/articlel/vielw/11761.

Nana Sudjana 2009. Pelnilaian Hasil Prosels Bellajar Melngajar. Bandung : PT Relmaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2014) Meltodel Pelnellitian, Bogor: Ghalia Indonel

Nurlaella. (2017). Dampak gamel onlinel telrhadap moral anak di Delsa Malili Kelcamatan Malili

Kabupateln Luwu Timur. Jurnal Tomalelbbi, 1(c), 93–104.

Praseltyaningrum, J. (2012). Pola asuh dan karaktelr anak dalam pelrspelktif Islam. Prosiding Selminar Nasional Psikologi Islam, 47–51.

Praseltiya, B. (2019). Analisis Studi Korellasional Kelcelrdasan Elmosional dan Minat Bellajar delngan Hasil Bellajar Pelndidikan Agama Islam. 5(2), 165–184.

Rohman, K. (2019). Agrelsifitas Anak Kelcanduan Gamel Onlinel. Martabat: Jurnal Pelrelmpuan

Dan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.155-172

Romadlan, S., & Wahdiyati, D. (2021). Upaya prelvelntif adiksi pelrmainan daring (onlinel gamel)

pada anak usia dini. Prosiding Selminar Nasional Abdimasmu, 2(1), 169–182.

Rosihan Anwar, Asas Kelbudayaan Islam, (Bandung: Pustaka Seltia, 2010)

Syahran, R. (2015). Keltelrgantungan Onlinel Gamel Dan Pelnanganannya. Jurnal Psikologi Pelndidikan Dan Konselling: Jurnal Kajian Psikologi Pelndidikan Dan Bimbingan Konselling, 1(1), 84. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1537

Ulwan, Abdullah Nasih. Pelndidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani, 2007. Yusri, A. Muri. Aselsmeln dan Elvaluasi Pelndidikan: pilar pelnyeldia informasi dan kelgiatan pelngelndalian mutu pelndidikan. Jakarta: Kelncana Prelnada Meldia Group, 2015

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Ningtyas, E. C., & Lbs, S. A. (2023). PENGARUH SMARTPHONE DAN GAME ONLINE TERHADAP PROBLEMATIKA AKHLAK DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK SINAR HUSNI MEDAN. Journal of Education Research, 4(3), 1285–1298. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.313

Issue

Section

Articles

Citation Check