Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Siswa SMP Kelas 2

Authors

  • Muhammad Sholeh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Khoirul Jamil Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.312

Abstract

Artikel ini memaparkan tentang kemampuan siswa pada keterampilan mendengar atau maharah istima’. Tujuannya ialah untuk meningkatkan keterampilan mendengar. Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Adapun metode untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi, interview dan test. Adapun hasil penelitian perolehan nilai yang didapat siswa membuat peneliti yakin bahwasanya peningkatan kemahiran mendengar dalam pemutaran audio pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas dua SMP bisa diperoleh dengan menggunakan metode audiolingual karena metode tersebut bisa memusatkan konsentrasi siswa pada materi yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul hamid, Pembelajaran Bahasa Arab, malang: UIN Malang Press 2008.

M. Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Mahmud Yunus, Kanus Besar Bahasa Arab-Indonesia, jakarta: PT.Mahmud Yunus Wadzuriya, 1990.

Masnur Muchlis, Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi, Bandung:PT. Refika Aditama, 2011.

Salim dan Isran Rasyid dan Haidir, Penelitian Tindakan Kelas,medan: Perdana Publishing, 2015.

Sugiyoono, Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Deserta Bandung: ALFABETA, 2016

Suyadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: DIVA Press, 2011. Ulin nuha, Ragam Metodelogi Dan Media Pembelajaran Bahasa Arab, yogyakarta: DIVA prees, 2016.

Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan; Jenis, Metode dan Prosedur,Jakarta: Kencana, 2014.

Zainal Aqib dan Ahmad Amrullah, Penelitian Tindakan Kelas;Teoridan Aplkasi, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2018.

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik dan Prosedur,Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2012.

pdf. (n.d.).

Budihastuti, E. (2016). Metode Audio-Lingual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Regional Polytechnic Institue Techo Sen Takeo Kamboja. Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 43–54.

Fahmi, B., & Rahmanudin, I. (2022). Implementasi Strategi Digital Story Telling (DST) dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di SMP Arrifaie Gondanglegi Malang). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5057–5066.

Fahrus Ali Pemanfaatan Metode Pembelajaran, M., Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, P., PGRI Bojonegoro, I., & Fahrus Ali, M. (2008). Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Pemanfaatan Metode Pembelajaran Audiolingual Pada Keterampilan Menyimak Peserta Didik. 404–407.

Hasan. (2017). Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Materi Istima. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 41–51.

Jauhari, Q. A. (2018). Pembelajaran Maharah Istima’ di Jurusan PBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Tarbiyatuna, 3(1), 129–152. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3440/2582

Minatul Azmi, M. P. (2019). Metode Storytelling Sebagai Solusi Pembelajaran Maharah Kalam di PKPBA UIN Malang. Sastra Arab, 69–86.

Mufida, C. M. S. (2022). Penggunaan Metode Audiolingual dalam Maharah Istima’ di MTs KH. Hasyim Asy’ari Malang. Qismul Arab: Journal of Arabic Education, 1(2), 16–30.

Muhammad Fathoni. (2018). Maharah Istima ’. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 1, 2020. file:///C:/Users/USER/Downloads/162-308-1-SM.pdf

Nur Humaidah, N. S. (2016). Relevansi Penerapan Metode Audiolingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia. Arabia, 8(2), 306–326.

Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199–207.

Qudus, M., & Yusri, D. (2017). Keefektifan Penggunaan Metode Audio Lingual dalam Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 127–132.

Sari, R., & Muassomah, M. (2020). Implementasi Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Istima‘. Alsina : Journal of Arabic Studies, 2(2), 125. https://doi.org/10.21580/alsina.2.2.4961

Suryani, R. M., Amir, F. R., & Balgis, L. F. (2022). Efektivitas Metode Audiolingual Dalam Peningkatan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4964

Wijaya, M., Manshur, U., & Latifah, N. (n.d.). Implementasi Metode Taqdimul Qishoh dalam Meningkatkan Maharah Kalam di Lembaga Al-Wafiyah Kitab & Bahasa Arab ( AWKIBA ). 220–235.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Sholeh, M., & Jamil, K. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Siswa SMP Kelas 2. Journal of Education Research, 4(3), 1241–1250. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.312

Issue

Section

Articles

Citation Check