Kreativitas Guru dalam Mengatasi Kekurangan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Fikih
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.311Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas seorang guru dapat mengatasi kekurangan sarana dan prasarana pembelajaran fikih di MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis, serta keadaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran fikih pada MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis. Untuk mendukung pendidikan, sarana dan prasarana sangat penting. Mendukung keberhasilan mempelajari fikih, berbagai elemen pendukung yang sangat penting. Salah satunya ialah dengan bantuan buku teks fikih, dengan adanya buku teks fikih guru terbantu dalam pengembangan bahan ajar dan memungkinkan siswa untuk berpartisipasi penuh dalam pembelajaran mereka. Apabila buku teks pembelajaran fikih tidak mencukupi, maka guru diharapkan dapat secara kreatif mengatasi permasalahan tersebut agar proses pembelajaran dapat berhasil dan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran fkihnya. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research atau penelitian lapangan. Dalam penelitian ini, penulis mengambil studi kasus MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis. Sedangkan pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriftip kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Guru MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis termasuk guru yang kreatif dalam mengatasi kekurangan sarana dan prasarana pembelajaran fikih. Guru MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis termasuk guru yang kreatif dalam melihat masalah. Kondisi sarana dan prasarana pembelajaran fikih MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis kurang memadai.
Downloads
References
Burhanuddin . ‘’Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Fikih Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di MTs Yapis Pattiro Bajo’’. Jurnal Al- Qayyima2, no 1, (2019): 2. 10.30863/aqym.v2i1.594
Darmastuti, H. (2014). Kualitas Pembelajaran pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika di Smk Negeri 2 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 9–20.
Di, P., & Bukittinggi, S. (2014). Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas. 2, 636–648.
Herawati, N., Tobari, & Missriani. (2020). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 20 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1684–1690. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/633
Heryanto, L., Amda, A. D., & Ristianti, D. H. (2020). P-issn: 2716-098x, e-issn: 2716-0971. 2(2), 244–261.
Hidayah Nurul .“Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Di MI Masyarikul Anwar 4 Bandar Lampung: Indonesia,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah 4, no. 1 (Mei 2019): 32–39. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v4i1.44
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah - Irjus Indrawan - Google Books.
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457
Jolanda Helda Pentury. “Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran
Bahasa Inggris,” Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 4, no. 3 (November 27, 2017):
–72. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Khaerul, A. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(2), 351–370. https://doi.org/10.30659/jspi.v4i2.19740
Magasari Rika. “ Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukit Tinggi.” Jurnal Bahasa Manajemen Pendidikan. 2, no. 1, 2014, 2-3. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3808
Masykur, M. R. (2019). Jurnal Al-Makrifat Vol 4, No 2, Oktober 2019. Jurnal Al-Makrifat, 4(2), 31–44.
Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.
Mulyasa Enco, Manejemen Berbasis Sekola, Konsep, Strategi Dan Implementasi ( cet. VII Bandung: 2004). Hlm. 49
Novebri. ” Kreatifitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMKN 2 Pariaman. Produ : Produksi Edukasi- Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 2. No(Juni 2021) : 148. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i2.2593
Nur, M. (2021). Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fiqih Di MTs Alkhairaat Sibalaya Kabupaten Sigi. http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/806/
Nurfasha, S. R. (2021). Kreativitas Guru Ditengah Keterbatasan Sarana dan Prasarana Pendidikan. In OFS Preprint (pp. 1–2). https://osf.io/r43h8
PP RI Tahun 2005
Rizqillah Muhammad Masyukur. “ Metodologi Pembelajaran Fikih”. Jurnal al- makrifat,4, no. 2, 2019 37.
Saihu.”The Effect Of Using Talking Stick Learning Model On Student Learning Outcomes Ini
Islamic Primay Scholl Of Jamiatul Khair, Ciledung Tangerang”. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 6, no. 1 ( 2020): 61- 68. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2325
Shaleh Muhammad, muh, junadri jamal.” Kreativitas Guru Fikih Dalam Meningkatkan
Keterampilan Belajar Siswa”. Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, No. 1
(April 2022): 18. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/JurnalPAI/article/view/1975
Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.47
Tanjung, W. U., & Namora, D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796
Wardani, A., & Afriansyah, H. (2019). Pentingnya Sarana dan Prasarana Pendidikan. In Jurnal Artikel Padang (Vol. 1, pp. 1–3).
Zohriah, A. (2015). Analisis Standar Sarana dan Prasarana. Tarbawi, 1(2), 53–62.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Jelita Dalimunthe, Sapri Sapri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).