Pengembangan Pembelajaran Daring dan Media Online terhadap Kemandirian Belajar yang Dimediasi Motivasi Belajar Siswa SMA

Authors

  • Namira Dwi Martina Yogi Fakultas Ekonomi, Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Mardi Mardi Fakultas Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Aditya Pratama Fakultas Ekonomi, Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.304

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran Daring, Media Online,, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar

Abstract

Teknologi memiliki peran penting, karena dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penggunaan media online dalam proses e-learning sangat penting untuk mentransfer pengetahuan dan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi mampu mengontrol kemampuannya untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas pembelajaran daring dan media online terhadap kemandirian belajar yang dimediasi motivasi belajar untuk menjelaskan hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan berjumlah seratus delapan puluh satu siswa kelas sebelas SMA. Data pada penelitian yaitu data primer menggunakan skala likert. Sampling menggunakan acak proposional. Teknik analisis data menggunakan software SmartPLS versi tiga titik nol. Hasil penelitian menyatakan bahwa Efektivitas Pembelajaran Daring  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar, Efektivitas Pembelajaran Daring secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Motivasi Belajar, Media Online secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring, Media Online secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar, Media Online secara positif dan sginifikan berpengaruh terhadap Motivasi Belajar, Motivasi Belajar secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar Efektivitas Pembelajaran Daring  berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar melalui Motivasi Belajar, Media Online berpengaruh positif terhadap Kemandirian Belajar melalui Motivasi Belajar. Penelitian ini menjadi masukan bagi guru untuk memotivasi siswa belajar mandiri dan mengembangkan inovasi teknologi serta meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusti Sri, Elvi Rahmi, R. S. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. 1.

Alten, D. C. D. Van, Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2020). Computers & Education Self-regulated learning support in flipped learning videos enhances learning outcomes. Computers & Education, 158(July), 104000. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104000

Ananda, R., & Training, T. (2019). THE EFFECT OF LEARNING STRATEGIES AND LEARNING INDEPENDENCE ON LEARNING OUTCOMES IN LEARNING EVALUATION SUBJECT. 3(3), 340–350. https://doi.org/10.30575/2017/IJLRES-2019091201

Apriani Kartika Sari, Muhsin, F. R. (2017). PENGARUH MOTIVASI, SARANA PRASARANA, EFIKASI DIRI, DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR. 6(3), 923–935.

Dedi, S. (2017). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA SMA MELATI PERBAUNGAN. 2.

Degner, M., Moser, S., & Lewalter, D. (2022). Digital media in institutional informal learning places : A systematic literature review. Computers and Education Open, 3, 100068. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100068

Emda, A. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. 5(2).

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Hubungan antara Motivasi belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI di SMA Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2012/2013. 37–49.

Fadilah, R. N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh efikasi diri siswa terhadap hasil belajar ekonomi dalam pembelajaran daring. 16(3), 581–588.

Hasrani. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET (Browsing) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SINJAI KABUPATEN SINJAI. Αγαη, 8(5), 55.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H., Rawamangun, J., Raya, M., Rw, R. T., Gadung, K. P., & Timur, K. J. (2020). KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID -19 Program Studi Bimbingan dan Konseling , Universitas Negeri Jakarta SELF-REGULATED LEARNING OF STUDENTS STUDYING ONLINE. 34(2), 147–154.

Hidayat, S., Seri, H., & Education, P. B. (2021). The Influence of Independence and Interest on Online Biology Learning Outcomes at South OKU District Senior High School. 3(1), 36–43.

Ismanto, L. D. K. B. (2018). PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PELAJARAN EKONOMI DIKALANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. 2, 160–166.

Manurung Roliana, Arief, D. (2021). Jurnal Kependidikan : Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online dan Dampaknya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 Roliana Manurung *, Arief Sadjiarto , Destri Sambara Sitorus Program Studi Pendidikan Ekonomi , Uni. 7(3), 729–739.

Marda, D. (2018). KORELASI KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MAN 2 TANAH DATAR.

Mardiana, T., Hartati, A. S., & Kunci, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran , Fasilitas Belajar d an Lingkungan Belajar t erhadap Motivasi Belajar Selama Covid-, Pandemi. 2018, 13–14.

Masri, A. (2017). ( THE EDUCATION FOR COASTAL FISHERMEN CHILDREN IN Amiruddin Masri. Asian Journal of Environment, History, and Heritage, 1(September), 223–227.

Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33910

Mufidah, N. L., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. 9(1), 187–198.

Mulyono, H., Suryoputro, G., & Ramadhanya, S. (2021). The application of WhatsApp to support online learning during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Heliyon, 7(June), e07853. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07853

Natasia, S. R., Wiranti, Y. T., & Parastika, A. (2022). Acceptance analysis of NUADU as e-learning platform using the Technology Acceptance Model (TAM) approach. Procedia Computer Science, 197, 512–520. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.168

Nurwidayanti Dewi, M. (2018). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA NEGERI. 5(2), 105–114.

Orlado, G. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS DARING MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MASA COVID-19 DI STITA LABUHANBATU GALIH. IV.

Refitaningsih, R., Ria, P., Pendidikan, P., Universitas, A., Yogyakarta, N., Widayati, A., Pengajar, S., Pendidikan, J., Universitas, A., & Yogyakarta, N. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IIS SMA THE INFLUENCE OF LEARNING MEDIA AND INDEPENDENCE OF LEARNING ON ACCOUNTING LEARNING ACHIEVEMENT THROUGH MOTIVATION LEARNING ACCOUNTING OF CLASS XII IIS STUDENTS.

Sahabuddin. (2022). ANALISIS TINGKAT KEBERHASILAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 BAJENG KABUPATEN GOWA. 8.5.2017, 2003–2005.

Sari, R. P., Renata, D., & Utami, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 2 Kendari. 3(1), 10–17.

Septiana, W. O. A., & Sholeh, M. M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada Mata Pelajaran Fiqih selama Masa Pandemi Covid-19. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 33–40. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/safrj/article/view/13582

Sitti, N. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Sma Negeri I Tolitoli. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 1917–1974.

Susanti, W., & Jalinus, N. (2018). ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN TEKNOLOGI. 2(2), 49–56.

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. 2(April), 90–101.

Tri, D. W., Fitri, D. A., & Milu, A. S. (2016). INDIKATOR PEMBELAJARAN EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING (dalam Jaringan) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 BANDOWOSO. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2–5.

Yekefallah, L., Namdar, P., Panahi, R., & Dehghankar, L. (2021). Factors related to students ’ satisfaction with holding e-learning during the Covid-19 pandemic based on the dimensions of e-learning. Heliyon, 7(March), e07628. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07628

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Yogi, N. D. M., Mardi, M., & Pratama, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Daring dan Media Online terhadap Kemandirian Belajar yang Dimediasi Motivasi Belajar Siswa SMA. Journal of Education Research, 4(3), 1101–1118. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.304

Issue

Section

Articles

Citation Check