Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.301Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menerapkan medel snowball throwing guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS Putri Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah. Penelitian ini dilakukan karena kurang aktifnya siswa saat berlangsung proses pembelajaran, seperti kurangnya respon siswa saat guru bertanya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS Putri Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah yang berjumlah dua puluh dua Orang. Penerapan model snowball throwing mengalami peningkatan, hal ini dapat di buktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar , dilihat dari hasil presentase keberhasilan siswa pertama sebesar empat puluh enam persen pada siklus I kategori baik, kemudian sebesar 63% pada siklus II kategori sangat baik. Siswa kelas XI IPS Putri sebanyak dua puluh dua orang yang ditetapkan sebagai subjek belajar di Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah. Pembelajaran siswa aktif adalah bentuk pokok pembahasan penelitian dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPS Putri Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah .
Downloads
References
A, N., & Amran, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Mapala Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 11. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5041
Aulia, P., & Usman, N. (2012). Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(2), 135–144.
FATMA, E. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 26 Sigiaran Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 119(4), 361–416.
Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2019). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Urnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23–32. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna
Najmawati, Ibrahim, M. M., & Ismail, W. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran CIRC Dan SQ3R Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Ahya, 1(2), 1–22.
Rahmawati, Melati, H. A., & Sartika, R. P. (2016). Pengaruh pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas x sma negeri 5 Pontianak. 1–11.
Riset, J., Dasar, P., & Muktadir, A. (2022). JuRiDikDas. 5(3), 329–337.
Satiawy, M., Laamena, C. M., & Moma, L. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Peluang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Tiakur. Sora Journal of Mathematics Education, 3(2), 58–64. https://doi.org/10.30598/sora.3.2.58-64
Sembiring, R. (2012). Efektivitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Menganalisis Nilai-Nilai Religius Novel Munajat Cinta II Karya Taufiqurrahman Al-Azizy Oleh Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Swasta Proyek file:///D:/AYU SAFITRI BERKAS SKRIPSI/320e47026b4. Asas: Jurnal Sastra, 1(1), 1–12.
Sudana, I. M. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18083
Sulastri, S. (2019). Implementasi Metode Snowball Throwing Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 1 Pagentan. Jurnal Pendidikan Dasar , 7(2), 137–145.
Suyanto, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Pesawat Sederhana Pada Siswa Kelas V SD 8 Gondosari. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i2.3434
Tarigan, M. R. M., Manalu, A. W., Tanjung, H. E., Saragih, J. S., & Ula, A. (2020). Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Di Sma Swasta Medan. Jurnal Biolokus, 3(2), 313. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.776
Usaningsih, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan. Journal of Education Action Research, 5(2), 187–193. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33373
Yulita. (2019). Penggunaan Strategi Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1085–1094.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 vivi sahira lestary, Riska Wulandar, Nadia Nur Fadillah, Maya Da Al Ismi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).