Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • vivi sahira lestary Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Riska Wulandar Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Nadia Nur Fadillah Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Maya Da Al Ismi Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.301

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan   medel   snowball   throwing   guna meningkatkan  hasil  belajar  siswa  kelas  XI IPS Putri Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah. Penelitian ini dilakukan karena kurang aktifnya siswa saat berlangsung proses pembelajaran, seperti kurangnya respon siswa saat guru bertanya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan    kelas  PTK.   Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS Putri Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah  yang berjumlah dua puluh dua Orang. Penerapan model snowball throwing mengalami peningkatan,  hal  ini  dapat  di  buktikan  dengan adanya  peningkatan  hasil  belajar , dilihat dari  hasil  presentase  keberhasilan siswa  pertama sebesar empat puluh enam persen pada siklus I kategori baik, kemudian sebesar 63% pada siklus II kategori sangat baik. Siswa kelas XI IPS Putri sebanyak dua puluh dua orang yang ditetapkan sebagai subjek belajar di Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah. Pembelajaran siswa aktif adalah bentuk pokok pembahasan penelitian dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPS Putri Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah .

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, N., & Amran, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Mapala Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 11. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5041

Aulia, P., & Usman, N. (2012). Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(2), 135–144.

FATMA, E. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 26 Sigiaran Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 119(4), 361–416.

Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2019). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Urnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23–32. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna

Najmawati, Ibrahim, M. M., & Ismail, W. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran CIRC Dan SQ3R Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Ahya, 1(2), 1–22.

Rahmawati, Melati, H. A., & Sartika, R. P. (2016). Pengaruh pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas x sma negeri 5 Pontianak. 1–11.

Riset, J., Dasar, P., & Muktadir, A. (2022). JuRiDikDas. 5(3), 329–337.

Satiawy, M., Laamena, C. M., & Moma, L. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Peluang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Tiakur. Sora Journal of Mathematics Education, 3(2), 58–64. https://doi.org/10.30598/sora.3.2.58-64

Sembiring, R. (2012). Efektivitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Menganalisis Nilai-Nilai Religius Novel Munajat Cinta II Karya Taufiqurrahman Al-Azizy Oleh Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Swasta Proyek file:///D:/AYU SAFITRI BERKAS SKRIPSI/320e47026b4. Asas: Jurnal Sastra, 1(1), 1–12.

Sudana, I. M. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18083

Sulastri, S. (2019). Implementasi Metode Snowball Throwing Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 1 Pagentan. Jurnal Pendidikan Dasar , 7(2), 137–145.

Suyanto, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Pesawat Sederhana Pada Siswa Kelas V SD 8 Gondosari. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i2.3434

Tarigan, M. R. M., Manalu, A. W., Tanjung, H. E., Saragih, J. S., & Ula, A. (2020). Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Di Sma Swasta Medan. Jurnal Biolokus, 3(2), 313. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.776

Usaningsih, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan. Journal of Education Action Research, 5(2), 187–193. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33373

Yulita. (2019). Penggunaan Strategi Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1085–1094.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

lestary, vivi sahira, Wulandar, R., Fadillah, N. N., & Ismi, M. D. A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Education Research, 4(3), 1566–1570. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.301

Issue

Section

Articles

Citation Check