Peningkatan Hasil Belajar Pembulatan Angka Dengan Metode TGT (Team Game Tournament)

Authors

  • Andika Rara Amienati Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Albertus Prakoso Lelono Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.300

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pembulatan angka pada siswa kelas IV. Penelitian dilakukan di SDN Tambakmas 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas, subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tambakmas 2 terdiri dari 11 siswa dengan 8 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakmas 2 khususnya dalam materi pembulatan angka. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakmas 2 dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dalam mata pelajaran Matematika materi pembulatan angka yakni sebelum dilaksanakan tindakan rata-rata siswa adalah 29.45 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 0%, setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 73,29% dan setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat menjadi 80.49%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, H. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V SDN No.35 Maccinbaji Kabupaten Takalar. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Harjoko. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournaments) Pada Siswa Kelas V Sd N Kedungjambal 02 Kab. Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta, 53(9), 166.

Hasibuan, M. Y., Ritonga, T., & Hotdian, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. 1(2), 1–4.

Juliani, N. W., Murda, I. N., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD V, 4(1), 1–12.

Kusumawati., K., Endah H, D., & Adhi P, S. (2018). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri 03 Cibelok Pemalang. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 186–187. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12192

Oramas, C. V. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa Fmipa Pendidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Improve. 23(1), 2016.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90.

Riyatuljannah, T. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3524

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.

Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913

Suwarto. (2007). Dasar Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif. UNS Press.

Yolanda, S., Purwanto, A., & Pd, R. M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Di Kelas X Ips 1 Madrasah Aliyah …. … : Jurnal Pendidikan …, 1(2), 46–52. https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/GEOGRAFI/article/view/79

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Amienati, A. R., Malawi, I., & Lelono, A. P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pembulatan Angka Dengan Metode TGT (Team Game Tournament) . Journal of Education Research, 4(3), 1054–1063. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.300

Issue

Section

Articles

Citation Check