Peningkatan Hasil Belajar Pembulatan Angka Dengan Metode TGT (Team Game Tournament)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.300Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pembulatan angka pada siswa kelas IV. Penelitian dilakukan di SDN Tambakmas 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas, subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tambakmas 2 terdiri dari 11 siswa dengan 8 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakmas 2 khususnya dalam materi pembulatan angka. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakmas 2 dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dalam mata pelajaran Matematika materi pembulatan angka yakni sebelum dilaksanakan tindakan rata-rata siswa adalah 29.45 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 0%, setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 73,29% dan setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat menjadi 80.49%
Downloads
References
Ali, H. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V SDN No.35 Maccinbaji Kabupaten Takalar. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Harjoko. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournaments) Pada Siswa Kelas V Sd N Kedungjambal 02 Kab. Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta, 53(9), 166.
Hasibuan, M. Y., Ritonga, T., & Hotdian, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. 1(2), 1–4.
Juliani, N. W., Murda, I. N., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD V, 4(1), 1–12.
Kusumawati., K., Endah H, D., & Adhi P, S. (2018). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri 03 Cibelok Pemalang. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 186–187. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12192
Oramas, C. V. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa Fmipa Pendidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Improve. 23(1), 2016.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90.
Riyatuljannah, T. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3524
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.
Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913
Suwarto. (2007). Dasar Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif. UNS Press.
Yolanda, S., Purwanto, A., & Pd, R. M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Di Kelas X Ips 1 Madrasah Aliyah …. … : Jurnal Pendidikan …, 1(2), 46–52. https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/GEOGRAFI/article/view/79
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Andika Rara Amiati, Ibadullah Malawi, Albertus Prakoso Lelono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).