Analisis Kebutuhan Pelatihan Berbasis Asesmen Partisipatif pada Kelompok Kerja Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Ramdhan Witarsa Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai  Indonesia
  • Masrul Masrul Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai  Indonesia
  • Ramadania Istigfarin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2975

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Kelompok Kerja Guru, Sekolah Dasar

Abstract

Pelatihan-pelatihan yang selama ini diikuti kepala sekolah dan guru tidak berdasarkan kebutuhan kepala sekolah dan guru, terdapat ketidaksesuaian pelatihan-pelatihan yang selama ini diikuti Kepala Sekolah dan guru terhadap kebutuhan nyata mereka di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara kuantitatif tentang kebutuhan pelatihan apa yang dibutuhkan Kepala Sekolah dan guru di sekolah dasar. Metode penelitian yang diadopsi metode deskriptif kuantitatif, dimana jumlah sampel terdiri atas 10 orang Kepala Sekolah tingkat sekolah dasar dan 12 orang guru kelas. Instrumen yang digunakan berupa lembar kebutuhan pelatihan Kepala Sekolah dan guru. Temuan penelitian menunjukan Kepala Sekolah dan guru kelas membutuhkan pelatihan tentang deep learning sebesar 27,22% dan pembentukan komunitas guru mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar sebesar 20,50%. Pelatihan terkait deep learning dan pembentukan komunitas guru mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar harus segera dilakukan melalui pengoptimalan kelompok kerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriana, S., Suriswo, & Agung, R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila Gugus Raden Saleh. Journal of Education Research, 5(3), 3034–3043. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1408

Jamil, M. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMKN Taman Fajar Aceh Timur. Jurnal Pendidikan Penggerak, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.35870/jpp.v1i1.1336

Kuruwop, A., Mus, S., & Irmawati. (2021). Analisis Kebutuhan Tenaga Pendidik Sekolah Dasar di Kecamatan Mimika Baru Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, X(X), 1–16.

Lestari, L., & Putra, E., D. (2021). Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 001 Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 327–336. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.971

Mubarok, A., S., Bakker, C., Hamzali, S., Yulianti, S., D., & Rifky, S. (2024). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Pembentukan Karakter Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18829–18842. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.15144

Nofiati, S. (2024). Analisis Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan di SD Islam Terpadu LHI. Jurnal Riset Daerah, XXIV(1), 1–12.

Putri, L., N., Susongko, P., & Muljani, S. (2024). Model Asesmen Kelulusan Fase C Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Education Research, 5(4), 6406–6415. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2065

Rusmalawati, Rizki, S., & Mulyadi, S. (2024). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Research and Development Journal of Education, 10(2), 1013–1026. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25791

Saputri, A., M., Nanda, A., F., Imtyaz, A., A., Trihantoyo, S., & Nuphanudin. (2024). Analisis Perencanaan Kebutuhan Guru dan TU dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPN 28 Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 143–148. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.229

Sihombing, J., M. (2023). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar 175771 Siaro. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.47709/geci.v1i1.2400

Sulastri, Nellitawati, Adi, N., & Syahril. (2022). Analisis Kebutuhan Kepemimpinan Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), 957–963. https://doi.org/10.29210/020222140

Sumitra, M., Qomariyah, S., Muslihat, M., & Khadafi, A. (2025). ProyeKepala Sekolahi Peningkatan Kebutuhan Kepala Sekolah. Journal of Creative Student Research, 3(1), 204–216. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v3i1.4758

Sunuyeko, N., Lani, A., & Wahyuni, L. (2016). Analisis Kebutuhan Guru dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 18–26. https://doi.org/10.17977/um009v25i12016p018

Wasila, N., F., W., & Triwiyanto, T. (2024). Meta Analisis terhadap Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(6), 26–40. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i6.450

Wati, D., P., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A., A. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7970–7977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3684

Yantoro, Panjaitan, F., C., & Puspitasari, D., E. (2022). Analisis Peran Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10104–10109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4219

Downloads

Published

2025-11-05

How to Cite

Witarsa, R., Masrul, M., & Istigfarin, R. (2025). Analisis Kebutuhan Pelatihan Berbasis Asesmen Partisipatif pada Kelompok Kerja Guru di Sekolah Dasar . Journal of Education Research, 6(4), 1044–1051. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2975

Issue

Section

Articles

Categories