Analisis Kebutuhan Pelatihan Berbasis Asesmen Partisipatif pada Kelompok Kerja Guru di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2975Keywords:
Analisis Kebutuhan, Kelompok Kerja Guru, Sekolah DasarAbstract
Pelatihan-pelatihan yang selama ini diikuti kepala sekolah dan guru tidak berdasarkan kebutuhan kepala sekolah dan guru, terdapat ketidaksesuaian pelatihan-pelatihan yang selama ini diikuti Kepala Sekolah dan guru terhadap kebutuhan nyata mereka di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara kuantitatif tentang kebutuhan pelatihan apa yang dibutuhkan Kepala Sekolah dan guru di sekolah dasar. Metode penelitian yang diadopsi metode deskriptif kuantitatif, dimana jumlah sampel terdiri atas 10 orang Kepala Sekolah tingkat sekolah dasar dan 12 orang guru kelas. Instrumen yang digunakan berupa lembar kebutuhan pelatihan Kepala Sekolah dan guru. Temuan penelitian menunjukan Kepala Sekolah dan guru kelas membutuhkan pelatihan tentang deep learning sebesar 27,22% dan pembentukan komunitas guru mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar sebesar 20,50%. Pelatihan terkait deep learning dan pembentukan komunitas guru mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar harus segera dilakukan melalui pengoptimalan kelompok kerja guru.
Downloads
References
Apriana, S., Suriswo, & Agung, R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila Gugus Raden Saleh. Journal of Education Research, 5(3), 3034–3043. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1408
Jamil, M. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMKN Taman Fajar Aceh Timur. Jurnal Pendidikan Penggerak, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.35870/jpp.v1i1.1336
Kuruwop, A., Mus, S., & Irmawati. (2021). Analisis Kebutuhan Tenaga Pendidik Sekolah Dasar di Kecamatan Mimika Baru Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, X(X), 1–16.
Lestari, L., & Putra, E., D. (2021). Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 001 Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 327–336. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.971
Mubarok, A., S., Bakker, C., Hamzali, S., Yulianti, S., D., & Rifky, S. (2024). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Pembentukan Karakter Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18829–18842. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.15144
Nofiati, S. (2024). Analisis Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan di SD Islam Terpadu LHI. Jurnal Riset Daerah, XXIV(1), 1–12.
Putri, L., N., Susongko, P., & Muljani, S. (2024). Model Asesmen Kelulusan Fase C Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Education Research, 5(4), 6406–6415. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2065
Rusmalawati, Rizki, S., & Mulyadi, S. (2024). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Research and Development Journal of Education, 10(2), 1013–1026. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25791
Saputri, A., M., Nanda, A., F., Imtyaz, A., A., Trihantoyo, S., & Nuphanudin. (2024). Analisis Perencanaan Kebutuhan Guru dan TU dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPN 28 Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 143–148. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.229
Sihombing, J., M. (2023). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar 175771 Siaro. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.47709/geci.v1i1.2400
Sulastri, Nellitawati, Adi, N., & Syahril. (2022). Analisis Kebutuhan Kepemimpinan Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), 957–963. https://doi.org/10.29210/020222140
Sumitra, M., Qomariyah, S., Muslihat, M., & Khadafi, A. (2025). ProyeKepala Sekolahi Peningkatan Kebutuhan Kepala Sekolah. Journal of Creative Student Research, 3(1), 204–216. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v3i1.4758
Sunuyeko, N., Lani, A., & Wahyuni, L. (2016). Analisis Kebutuhan Guru dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 18–26. https://doi.org/10.17977/um009v25i12016p018
Wasila, N., F., W., & Triwiyanto, T. (2024). Meta Analisis terhadap Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(6), 26–40. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i6.450
Wati, D., P., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A., A. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7970–7977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3684
Yantoro, Panjaitan, F., C., & Puspitasari, D., E. (2022). Analisis Peran Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10104–10109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4219
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Ramdhan Witarsa, Masrul Masrul, Ramadania Istigfarin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






