Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika di SMPN 1 Kuok Metode Kooperatif STAD

Authors

  • Resa Aprinita Sari Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , Indonesia
  • Mutiara Nursandi Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , Indonesia
  • Irfan Munawwar Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Muhammad Ihsan Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.297

Keywords:

Keaktifan Siswa, Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Divisions (STAD)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VII A SMPN satu Kuok dengan dua puluh empat siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD. Peningkatan keterlibatan siswa di semua siklus dari tiga puluh dua sebelum pembelajaran menjadi delapan puluh tiga pada siklus II setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa ketika diterapkan di kelas VII A SMPN satu Kuok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimuddin, H. (2017). PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SATAP BUNGORO. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61. https://doi.org/10.31100/histogram.v1i1.182

Junistira, D. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 533–540. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.440

Kaharuddin, A., & Liasambu, L. (2019). Penerapan Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 29–37. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i2.9750

Khasanah, F. (2016). Model pembelajaran kooperatif tipe stad (Students Teams Achievement Division). Ilmiah, 18, 48–57.

Lubis, A. (2012). pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-t fisika. 1(1), 27–32.

Prasetyaningtyas, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Stad untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPA pada Materi Pewarisan Sifat Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 …. Prosiding SNPS (Seminar Nasional …, November, 430–442.

Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173–3180.

Rusman, dkk. (2012). 1179-Article Text-2697-1-10-20170605.pdf.

Saragih, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD. 19, 174–188.

Setiawati, & Kusmanto, B. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 4 Wonosari Melalui Student Teams Achievement Divisons. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1034–1038.

Soetjipto, B. E. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada …. … Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams …. http://library.um.ac.id/ptk/index.php/index.php?mod=detail&id=82207

Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1298–1307.

Umar, H. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v1i1.17

Wijaya, H., & Arismunandar. (2018). The Development of STAD Type Cooperative Learning Model Based on Social Media. Jurnal Jaffray, Vol. 16(No. 2), 175–196.

Y, D. S. A. P., & DIRECTOR:, C. R. L. R. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, MOTIVASI, DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI MTSN MODEL BANDA ACEH. Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Sari, R. A., Nursandi, M., Munawwar, I., & Ihsan, M. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika di SMPN 1 Kuok Metode Kooperatif STAD. Journal of Education Research, 4(3), 1571–1576. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.297

Issue

Section

Articles

Citation Check