Efektivitas Media G-Box dalam Meningkatkan Kemampuan Mengelompokkan Bentuk Geometri Anak Usia Dini

Authors

  • Regina Christine Takumansang Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya  Indonesia
  • Sindy Anugerah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya  Indonesia
  • Anita Roslina Simanjuntak Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya  Indonesia
  • Cresensia Dina Candra Kumala Dewi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2928

Keywords:

Media G-BOX, Kemampuan Mengelompokkan Bentuk Geometri, Anak Usia 4-5 Tahun

Abstract

Efektivitas Media G-Box dalam Meningkatkan Kemampuan Mengelompokkan Bentuk Geometri Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslam, M. (2020). Introducing kolmogorov–smirnov tests under uncertainty: An application to radioactive data. ACS Omega, 5(1), 914–917. https://doi.org/10.1021/acsomega.9b03940

Fajriati, M., Martati, B., Afiani, K. D. A. (2024). Proses kognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui model problem based learning. Journal on Education, 6(4), 22177–22185.

Fauziddin, M., Adha, T. R., Arifiyanti, N., Indriyani, F., Rizki, L. M., Wulandary, V., & Reddy, V. S. V. (2025). The Impact of AI on the Future of Education in Indonesia. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.70437/educative.v3i1.828

Farhan Arib, M., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Win Afgani, M. (2024). Experimental research dalam penelitian pendidikan. Journal of Social Science Research, 4, 5497–5511.

Jusmadi, E., Fadilla, R., & Mayasari, H. (2025). Pendidikan anak usia dini sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Early Child Research and Practice (ECRP), 5(2), 45–50.

Kadek, N. U., Bagus, G., & Denpasar, S. (2024). Permainan pos pintar sebagai media stimulasi aspek kognitif anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1). http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC

Kembuan, O., Dewi, N., Suwaryaningrat, E., Cristin, M., & Liow, N. (2019). Perancangan dan implementasi aplikasi permainan edukatif bagi siswa. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 151–155.

Makawiyah, Z., Zuraida, & Salbiah. (2024). Penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Mutiara. Jurnal Sains Riset, 14(1), 522–531. https://doi.org/10.47647/jsr.v14i1.2548

Nasron Hk, H. M., Putri, J. A., Winda, E., & Zulkarnain, N. F. (2023). Sumber belajar dan alat permainan edukatif untuk anak usia dini. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 17–37. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/bouseik/index

Nurjanah, A. P., Hafidah, R., & Sholeha, V. (2023). Analisis kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Early Childhood Education and Development Journal, 5(3), 248–257. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj

Rachmat, N. A., & Sumiati, D. T. (2016). Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini melalui permainan mencari harta karun. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 11(1), 71–82.

Raoza, V. (2024). Implementasi media visual gambar untuk perkembangan kognitif anak usia dini di Tadikal Al Fikh Orchard Pendamar Indah 2 Selangor Malaysia. Akademik: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1252–1266.

Rinakit Adhe, K., Safitri, D. G. L., Matheos Lasarus Malaikosa, Y., Dorlina Simatupang, N., & Fauziddin, M. (2025). Enhancing Children’s Critical Thinking through an Augmented Reality Application: A Digital Solution for Early Childhood Education. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 10(2), 389–411. https://doi.org/10.14421/jga.2025.2025.102-14

Rohmah, U. (2025). Perkembangan dan pendidikan kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 130–138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.5918

Rohmawati, A. (2019). Peningkatan kemampuan kognitif melalui pemanfaatan barang bekas pada anak kelompok A di RA Qomariah Bokor Pagedangan Turen-Malang. Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(1), 9–16.

Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Win Afgani, M., & Siroj, R. A. (2022). Explanatory survey dalam metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953

Sari, P. A., & Ratmono, R. (2021). Pengaruh kemampuan kerja, kompensasi, disiplin kerja, dan pengawasan terhadap kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) UP3 Kota Metro. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 1(2), 319–331. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v1i2.611

Setiawan, M. A., & Yugopuspito, P. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Android menggunakan iSpring dan APK Builder pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(3).

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.

Downloads

Published

2025-11-16

How to Cite

Takumansang, R. C., Anugerah, S., Simanjuntak, A. R., & Dewi, C. D. C. K. (2025). Efektivitas Media G-Box dalam Meningkatkan Kemampuan Mengelompokkan Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 6(4), 1066–1076. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2928

Issue

Section

Articles

Categories