Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Fungsi Komposisi di Kelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) 2 SMKN 1 Tapung

Authors

  • Zulfah Zulfah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Layli Maydawat Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Sri Yulianti Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Muhammad Tresno Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Heri Irawan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.292

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Saintific, ,Discovery

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses. Pembelajaran fungsi komposisi dengan menmanfaatkan pembelajaran berbasis masalah dan Meningkatkan hasil belajar fungsi komposisi dengan memanfaatkan paradigma pembelajaran berbasismasalah. Penelitian Tindakan kelas merupakan Tindakan kelas yang melibatkan dua puluh delapan siswa kelas X Agribisnis Tanaman perkebunan  dua SMKN satu Tapung. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis data kulaitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan mengikuti skema Arikunto yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refreksi. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan dengan skema yang sama. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan modelpembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan  hasil belajar siswakelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan dua SMKN satu Tapung. Pada siklus satu dari dua puluh delapan siswa ditemukan enam siswa dibawah KKM atau tidak tuntas, Namun pada Siklus diketahui bahwa semua materi fungsi invers telah selesai atau performansinya telah melebihi KKM yaitu tujuh puluh. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan  atau ATP dua SMKN satu Tapung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.

Andriani, N., Balkist, P. S., Lukman, H. S., & Sukabumi, U. M. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARITMATIKA SOSIAL UNTUK. 5(2), 1–6.

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). masalah hasil belajar dalam pembelajaran matematika. 21(1), 1–9.

Ibrahim, I. (2012). Pembelajaran Matematika Berbasis-Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional. Infinity Journal, 1(1), 45. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.6

Irmayanti, Henra, K., Asnita, A. U., Munaji, Riaddin, D., Fitriani, Junaedi, Resi, B. B. F., Setiawan, J., & Dahlan, T. (2021). Teori dan Aplikasi Kalkulus Dasar (pp. 1–167).

Lim, D. S., Morse, E. A., Mitchell, R. K., & Seawright, K. K. Ins 34(3), 491-516. https://doi.org/10.1111%2Fj.1540-6520.2010.00384.x. (2010). kemampuan pemahaman konsep matematika. Titutional Environment and Entrepreneurial Cognitions: A Comparative Business Systems Perspective. Entrepreneurship Theory and Practice., 564, 1–73.

Mardianto. (2012). Kajian Hasil Belajar. Psikologi Pendidikan, 12–36.

Nofijantie, L. (2014). Peran Lembaga Pendidikan Formal Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(1), 45–71.

Primatika, J. (2020). Jurnal PRIMATIKA, Volume 9, Nomor 2, Desember 2020. 9, 61–70.

Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.

Rasmi, W., Moma, L., & Molle, J. S. (2022). Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p15-20

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Zulfah, Z., Maydawat, L., Yulianti, S., Tresno, M., & Irawan, H. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Fungsi Komposisi di Kelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) 2 SMKN 1 Tapung. Journal of Education Research, 4(3), 1560–1565. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.292

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)