Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Fungsi Komposisi di Kelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) 2 SMKN 1 Tapung
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.292Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Saintific, ,DiscoveryAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses. Pembelajaran fungsi komposisi dengan menmanfaatkan pembelajaran berbasis masalah dan Meningkatkan hasil belajar fungsi komposisi dengan memanfaatkan paradigma pembelajaran berbasismasalah. Penelitian Tindakan kelas merupakan Tindakan kelas yang melibatkan dua puluh delapan siswa kelas X Agribisnis Tanaman perkebunan dua SMKN satu Tapung. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis data kulaitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan mengikuti skema Arikunto yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refreksi. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan dengan skema yang sama. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan modelpembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswakelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan dua SMKN satu Tapung. Pada siklus satu dari dua puluh delapan siswa ditemukan enam siswa dibawah KKM atau tidak tuntas, Namun pada Siklus diketahui bahwa semua materi fungsi invers telah selesai atau performansinya telah melebihi KKM yaitu tujuh puluh. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan atau ATP dua SMKN satu Tapung.
Downloads
References
Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.
Andriani, N., Balkist, P. S., Lukman, H. S., & Sukabumi, U. M. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARITMATIKA SOSIAL UNTUK. 5(2), 1–6.
Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). masalah hasil belajar dalam pembelajaran matematika. 21(1), 1–9.
Ibrahim, I. (2012). Pembelajaran Matematika Berbasis-Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional. Infinity Journal, 1(1), 45. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.6
Irmayanti, Henra, K., Asnita, A. U., Munaji, Riaddin, D., Fitriani, Junaedi, Resi, B. B. F., Setiawan, J., & Dahlan, T. (2021). Teori dan Aplikasi Kalkulus Dasar (pp. 1–167).
Lim, D. S., Morse, E. A., Mitchell, R. K., & Seawright, K. K. Ins 34(3), 491-516. https://doi.org/10.1111%2Fj.1540-6520.2010.00384.x. (2010). kemampuan pemahaman konsep matematika. Titutional Environment and Entrepreneurial Cognitions: A Comparative Business Systems Perspective. Entrepreneurship Theory and Practice., 564, 1–73.
Mardianto. (2012). Kajian Hasil Belajar. Psikologi Pendidikan, 12–36.
Nofijantie, L. (2014). Peran Lembaga Pendidikan Formal Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(1), 45–71.
Primatika, J. (2020). Jurnal PRIMATIKA, Volume 9, Nomor 2, Desember 2020. 9, 61–70.
Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.
Rasmi, W., Moma, L., & Molle, J. S. (2022). Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p15-20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Zulfah Zulfah, Layli Maydawat, Sri Yulianti, Muhammad Tresno, Heri Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).