Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Matematika Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.291Keywords:
Hasil Belajar, Metode Kooperatif, Think Pair ShareAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar akademik siswa kelas VIII SMP Negeri dua Kampar Utara dengan menggunakan metode kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini dua puluh enam siswa atau siswi SMP Negeri dua Kampar Utara kelas VIII, enam belas laki-laki dan sepuluh. perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Yang terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Think Pair Share siswa kelas VIII dirasa dapat meningkatkan proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan hasil pembelajaran kooperatif tipe think pair share memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N dua Kampar Utara
Downloads
References
Anggraenia, E. D., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prisma, 4, 179–188.
Candra, W., Amda, A. D., & Bariyanto, B. (2020). PERAN GURU DAN AKHLAK SISWA DALAM PEMBELAJARAN: Perspektif Syekh Az-Zarnuji Kitab Ta’lim Muta’allim. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 262–279. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.100
Choiruddin, M. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Metode Cooperative Learning. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 57–62. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/2369
Mislawati. (2023). Peningkatan Partisipasi Aktif dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri I Soppeng Riaja. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(1), 68–83.
Nasrah, Humairah Amir, R., & Yuliana Purwanti, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 1–13. https://36.89.54.123/index.php/jkpd/article/view/4166
Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Nahdatul Muslimin Kudus. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 18–25.
Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–94. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97
Ningsih, S. K., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Nurdin, E. A., Apriyanto, B., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 1–6. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5729
Oktavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogakarta: Deepublish.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas; Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogakarta: Deepublish.
Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 1–11. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310875/pengabdian/teknik-analisis-data-dalam-research-and-development.pdf
Purwanti, E. (2022). Pembelajaran Kontekstual Media Objek Langsung dalam Menulis Puisi. Lombok Tengah: Penerbit P4I.
Putri, A. E., Wahyuni, A., & Kuning, D. S. (2019). Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Sma Pada Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif. Semnasfip, 140–147. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5120
Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 381–387. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19606/9529
Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2), 1–16. https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/wacanasaraswati/article/view/35
Suriat, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Perseda, 5(1), 22–31. https://www.jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/view/1571
Suripto, A., Caswita, & Bharata, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan, 1–10.
Yulina, S. (2022). Penerapan Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Al-Quran. Jurnal Al’Ilm, 1(1), 13–20.
Zurimi, S., Wara-wara, F., & Darwin. (2023). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan di Kelas VII MTS Hasyim Asy ’ ari Ambon. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(4), 266–275.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Astuti Astuti, Muhammad Andri, Dini Wahyuningsih, Nurul Khofifah, Ilmi Satriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).