Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Discovery Learning

Authors

  • Marliza Syafitri Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Anisa Syaira Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Julianis Julianis Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mhd Apri Nanda Saputra Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.290

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar, Aritmatika Sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperluas pengetahuan ide akademik pada siswa kelas VII B SMA Negeri satu Bangkinang dengan menggunakan paradigma discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penerapan pembelajaran discovery pada mata pelajaran aritmatika sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN satu Bangkinang, hanya dua siswa yang ditemukan mencapai tujuh persen kriteria ketuntasan minimal KKM pada Siklus I, sementara sembilan belas siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM pada Siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). METODE PENELITIAN. July, 1–23.

Aziz, M. S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan pada Koperasi Mahasiswa UIN Maliki Malang ( Bab III Metode penelitian). Skripsi, 74–78. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1960

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). masalah hasil belajar dalam pembelajaran matematika. 21(1), 1–9.

Crystallography, X. D. (2016). Jenis dan Desain Penelitian tindakan kelas. 1–23.

Irmayanti, Henra, K., Asnita, A. U., Munaji, Riaddin, D., Fitriani, Junaedi, Resi, B. B. F., Setiawan, J., & Dahlan, T. (2021). Teori dan Aplikasi Kalkulus Dasar (pp. 1–167).

Ma, L., Luo, J., 桑原信弘, Hiramoto, T., Onumata, Y., Manabe, Y., Takaba, H., Corporation, E., Energy, A., Flory, P. J., Æ, Ì., Sato, T., Geometry, R., Analysis, G., Muraki, M., Nakamura, K., Geometry, R., & Analysis, G. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN IPA SDN 66 KOTA BENGKULU. In Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology (Vol. 224, Issue 11).

Mardianto. (2012). Kajian Hasil Belajar. Psikologi Pendidikan, 12–36. http://repository.uinsu.ac.id/408/5/BAB II.pdf

Nofijantie, L. (2014). Peran Lembaga Pendidikan Formal Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(1), 45–71.

Primatika, J. (2020). Jurnal PRIMATIKA, Volume 9, Nomor 2, Desember 2020. 9, 61–70.

Rasmi, W., Moma, L., & Molle, J. S. (2022). Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p15-20

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Sugiyanto, S., & Wicaksono, A. B. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Pada Kompetensi Pertidaksamaan Rasional Dan Irasional. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(2), 354. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i2.2337

Sugiyono. (2013). Metode Dan Tehnik Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yuliati, A. (2013). Penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis siswa smp dalam belajar geometri. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia, 1–11.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Syafitri, M., Syaira, A., Julianis, J., & Saputra, M. A. N. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Education Research, 4(3), 1577–1580. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.290

Issue

Section

Articles