Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.290Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar, Aritmatika SosialAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperluas pengetahuan ide akademik pada siswa kelas VII B SMA Negeri satu Bangkinang dengan menggunakan paradigma discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penerapan pembelajaran discovery pada mata pelajaran aritmatika sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN satu Bangkinang, hanya dua siswa yang ditemukan mencapai tujuh persen kriteria ketuntasan minimal KKM pada Siklus I, sementara sembilan belas siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM pada Siklus II.
Downloads
References
Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). METODE PENELITIAN. July, 1–23.
Aziz, M. S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan pada Koperasi Mahasiswa UIN Maliki Malang ( Bab III Metode penelitian). Skripsi, 74–78. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1960
Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). masalah hasil belajar dalam pembelajaran matematika. 21(1), 1–9.
Crystallography, X. D. (2016). Jenis dan Desain Penelitian tindakan kelas. 1–23.
Irmayanti, Henra, K., Asnita, A. U., Munaji, Riaddin, D., Fitriani, Junaedi, Resi, B. B. F., Setiawan, J., & Dahlan, T. (2021). Teori dan Aplikasi Kalkulus Dasar (pp. 1–167).
Ma, L., Luo, J., 桑原信弘, Hiramoto, T., Onumata, Y., Manabe, Y., Takaba, H., Corporation, E., Energy, A., Flory, P. J., Æ, Ì., Sato, T., Geometry, R., Analysis, G., Muraki, M., Nakamura, K., Geometry, R., & Analysis, G. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN IPA SDN 66 KOTA BENGKULU. In Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology (Vol. 224, Issue 11).
Mardianto. (2012). Kajian Hasil Belajar. Psikologi Pendidikan, 12–36. http://repository.uinsu.ac.id/408/5/BAB II.pdf
Nofijantie, L. (2014). Peran Lembaga Pendidikan Formal Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(1), 45–71.
Primatika, J. (2020). Jurnal PRIMATIKA, Volume 9, Nomor 2, Desember 2020. 9, 61–70.
Rasmi, W., Moma, L., & Molle, J. S. (2022). Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p15-20
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Sugiyanto, S., & Wicaksono, A. B. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Pada Kompetensi Pertidaksamaan Rasional Dan Irasional. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(2), 354. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i2.2337
Sugiyono. (2013). Metode Dan Tehnik Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yuliati, A. (2013). Penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis siswa smp dalam belajar geometri. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia, 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Masliza Syafitri, Anisa Syaira, Julianis Julianis, Mhd Apri Nanda Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).