Penerapan Model Pembelajaran Berbasis HOTS terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.289Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya proses pembelajaran IPS yang dilakukan, pembelajaran kurang efektif karena masih berpusat pada guru, guru masih mendominasi dalam proses belajar, sehingga suasana pembelajaran monoton dan siswa sepenuhnya bergantung pada guru, metode memahamkan siswa cenderung pada hafalan, siswa tidak diarahkan untuk menemukan cara mengatasi permasalahan yang terjadi sehingga hasil pembelajaran yang telah ditentukan tidak tercapai. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis HOTS terhadap hasil belajar IPS di SDN Dr. Sutomo V tiga puluh dua Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIG yang berjumlah dua puluh tujuh siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis HOTS terhadap Hasil Belajar IPS. Dalam penerapan HOTS, guru perlu memperhatikan kebutuhan, kondisi siswa, bakat, situasi dan gaya belajar yang dilakukan siswa secara umum. Dengan berfokus pada faktor-faktor tersebut, proses pembelajaran akan lebih maksimal, menghasilkan pembelajaran yang berkualitas, efektif sekaligus menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan untuk memenuhi standar pembelajaran.
Downloads
References
Ananda, D., Muhyani, M., & Suhandi, T. (2020). Systematic Literature Review Implementasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap Hasil Belajar Siswa. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 106. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i2.4005
Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Edutcehnologia, 3(2), 136–144. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9144
Cahyawati, R., & Sholeh, M. (2020). Pengaruh Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(02), 100–107.
Dewi, A. (2020). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Hots Dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Mata Kuliah Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Jurnal Widyacarya, 4(1), 93–97.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597
Fanny, M. A. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(156), 96–105.
Febriani, R., Syarifuddin, H., & Marlina, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 749–760. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.582
Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skillsamong Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121–125. https://doi.org/10.7763/ijssh.2011.v1.20
Istiqomah. (2018). Pembelajaran dan penilaian higher order thinking skills. Surabaya: CV Pustaka Media Guru.
Kanza, M., & Hosnan, M. (2021). A STUDY OF THE IMPLEMENTATION OF PAIKEM LEARNING ACTIVITIES AT GRADE II SDN SEROJA. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 689–695.
Kaulan, M. (2018). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN IPS DAN STRATEGI JITU PEMECAHANNYA. ITTIHAD, II(1).
Maylani, N., & Muhyani, M. (2020). Pengaruh Penerapan Higher Order Thinking Skills (Hots) Terhadap Prestasi Belajar Dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas 3 Mi Plus Al-Ihsan Kota Bogor. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2), 32. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.825
Novan Ardi, W. (2014). Manajemen Kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Prasetiyo, R., & Ma’arif, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Pelajaran IPA Saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3470–3474. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38060
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. Retrieved from http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15). Bandung: Alfabeta.
Sukraini, K. N. & N. (2021). Pendekatan Konsep “Merdeka Belajar” Dalam Pendidikan Era Digital. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, (3), 22–34.
Tan, S. Y., & Halili, S. H. (2015). Effective Teaching of Higher-Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(2), 41–47.
Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2022). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Journal of Educational Research, 4(1), 1–5.
Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). Hots (high order thinking skills) dan kaitannya dengan keterampilan generik sains dalam pembelajaran ipa sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK), 227–234. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/11203
Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 161–171.
Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.58
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Yuni Sulistio Watik, Nasution Nasution, M. Jacky

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).