Penerapan Model Pembelajaran Berbasis HOTS terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar

Authors

  • Yuni Sulistio Watik Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nasution Nasution Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • M. Jacky Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.289

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya proses pembelajaran IPS yang dilakukan, pembelajaran kurang efektif karena masih berpusat pada guru, guru masih mendominasi dalam proses belajar, sehingga suasana pembelajaran monoton dan siswa sepenuhnya bergantung pada guru, metode memahamkan siswa cenderung pada hafalan, siswa tidak diarahkan untuk menemukan cara mengatasi permasalahan yang terjadi sehingga hasil pembelajaran yang telah ditentukan tidak tercapai. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis HOTS terhadap hasil belajar IPS di SDN Dr. Sutomo V tiga puluh dua Surabaya.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIG yang berjumlah dua puluh tujuh siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis HOTS terhadap Hasil Belajar IPS. Dalam penerapan HOTS, guru perlu memperhatikan kebutuhan, kondisi siswa, bakat, situasi dan gaya belajar yang dilakukan siswa secara umum. Dengan berfokus pada faktor-faktor tersebut, proses pembelajaran akan lebih maksimal, menghasilkan pembelajaran yang berkualitas, efektif sekaligus menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan untuk memenuhi standar pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, D., Muhyani, M., & Suhandi, T. (2020). Systematic Literature Review Implementasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap Hasil Belajar Siswa. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 106. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i2.4005

Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Edutcehnologia, 3(2), 136–144. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9144

Cahyawati, R., & Sholeh, M. (2020). Pengaruh Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(02), 100–107.

Dewi, A. (2020). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Hots Dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Mata Kuliah Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Jurnal Widyacarya, 4(1), 93–97.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597

Fanny, M. A. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(156), 96–105.

Febriani, R., Syarifuddin, H., & Marlina, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 749–760. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.582

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skillsamong Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121–125. https://doi.org/10.7763/ijssh.2011.v1.20

Istiqomah. (2018). Pembelajaran dan penilaian higher order thinking skills. Surabaya: CV Pustaka Media Guru.

Kanza, M., & Hosnan, M. (2021). A STUDY OF THE IMPLEMENTATION OF PAIKEM LEARNING ACTIVITIES AT GRADE II SDN SEROJA. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 689–695.

Kaulan, M. (2018). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN IPS DAN STRATEGI JITU PEMECAHANNYA. ITTIHAD, II(1).

Maylani, N., & Muhyani, M. (2020). Pengaruh Penerapan Higher Order Thinking Skills (Hots) Terhadap Prestasi Belajar Dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas 3 Mi Plus Al-Ihsan Kota Bogor. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2), 32. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.825

Novan Ardi, W. (2014). Manajemen Kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Prasetiyo, R., & Ma’arif, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Pelajaran IPA Saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3470–3474. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38060

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. Retrieved from http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15). Bandung: Alfabeta.

Sukraini, K. N. & N. (2021). Pendekatan Konsep “Merdeka Belajar” Dalam Pendidikan Era Digital. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, (3), 22–34.

Tan, S. Y., & Halili, S. H. (2015). Effective Teaching of Higher-Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(2), 41–47.

Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2022). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Journal of Educational Research, 4(1), 1–5.

Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). Hots (high order thinking skills) dan kaitannya dengan keterampilan generik sains dalam pembelajaran ipa sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK), 227–234. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/11203

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 161–171.

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.58

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Watik, Y. S., Nasution, N., & Jacky, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis HOTS terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(2), 864–872. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.289

Issue

Section

Articles

Citation Check