Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Peminatan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.288Keywords:
Model Pembelajaran, Matematika, Teams Games Tournament, Keaktifan, Kerja SamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelas XI IPA dua SMA Negeri dua Bangkinang Kota pada mata pelajaran matematika peminatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Subjek dari penelitian ini melibatkan satu kelas yang terdiri dari tiga puluh satu siswa kelas XI IPA dua SMA Negeri dua Bangkinang Kota. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran matematika peminatan yaitu Bu Yusnimar,S.Pd untuk mengetahui bagaimana cara belajar siswa di kelas. Sebagian besar siswa tidak terlalu antusias dengan pelajaran matematika dan cenderung pasif, pendiam, tidak percaya diri, dan ragu-ragu untuk berbicara. Tidak jarang siswa belajar matematika dengan tidak baik karena matematika dianggap sulit dan menakutkan dan beberapa siswa tidak menyukai matematika Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran matematika peminatan di kelas XI IPA dua SMA Negeri dua Bangkinang Kota dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan dalam menanggapi pertanyaan guru yang mengajar. Keberhasilan siswa tersebut dapat dinilai dari meningkatnya semangat belajar akibat guru mengenalkan model pembelajaran yang baru.
Downloads
References
Ariansyah, K. (2017). Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Liwa Lampung Barat. Skripsi, 1, 10.
Astuti, Y. A. (2013). = 2,29 Dengan Derajat Signifikan . = 0,05 (T. Model PembelajaranKooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi.
Fenn-Berrabaß, C. (2001). Öffnen - Verwendung von PEEL-Folien. VDI Berichte, 1589, 105–112.
Fikasari, L., Utami, S., & Sugiyono. (2016). Pengaruh Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar PKn SDN 34 Pontianak. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 5(12), 1–10. http://nurholis-homeedukasi.blogspot.co.id/2013/04/kelebihan-dan-kekurangan-
Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.
Hendra, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sman Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.47
Ii, B. A. B., Teori, A. K., & Kooperatif, M. P. (2014). No Title. 7–19.
Ii, B. A. B., Teori, K., & Teori, K. (1994). KAJIAN TEORI 2.1. KAJIAN TEORI 2.1.1. Pengertian model pembelajaran kooperatif. 16–37.
Lufiana, E. (2018). Model dan Metode Pembelajaran Yang Digunakan Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, 13–42. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/9494/5/BAB II.pdf
M.Nur HasaN. (20015). Upaya Menjadikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Unggul. Wahana Akademika, 2, 7.
Mardianto. (2012). Kajian Hasil Belajar. Psikologi Pendidikan, 12–36.
Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.
Mózo, B. S. (2017). Deskripsi Teori Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nafisah, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 146/Ix Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154.
Napitupulu, T. (2021). HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Literatur Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt). Sepren, 2(2), 38–49. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.510
nurfitrianah & faridatul. (2013). Media Proyeksi Dan Multi Penggunaannya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
R.Septiani. (2018). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Ekonomi Siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 14 Pekanbaru. 10–40.
Rohmah, D. N. (2020). Hubungan Antara Motivasi dan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Al Amien Kota Kediri Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadist. 1–46.
Sekarwati, S. (2015). Penerapan model teams games tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika di smp.
Sman, H., Uwai, B., & Email, B. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BANGKINANG MELALUI MODEL. 2(2), 29–41.
Sulisto, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Eureka Media Aksara, 1–23.
Sutopo, A. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di XI-IPA 2 SMA Negeri 9 Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 2(2), 15–26.
Tarigan, P. B. (2013). Teori Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dan Minat Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Taringan, R. M. R. B. (2019). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Kec. Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Quality, 4(80), 4.
Trigonometri, P. B. (2007). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X -6 SMA N 1 GRABAG KABUPATEN MAGELANG POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTUAN LKS.
Zakiah, I. R., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. ABSIS: Mathematics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.362
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Molli Wahyuni, Nelva Riza, Radhiatul Asna, Yasinta Rahman, Saufi Zikri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).