Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Peminatan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

Authors

  • Molly Wahyuni universitas pahlawan tuanku tambusai
  • Ruth Ratna Pendidikan Profesi Guru, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Zulhasni Zulhasni Pendidikan Profesi Guru, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Tarmizal Tarmizal Pendidikan Profesi Guru, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.288

Keywords:

Model Pembelajaran, Matematika, Teams Games Tournament, Keaktifan, Kerja Sama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelas XI IPA dua SMA Negeri dua Bangkinang Kota pada mata pelajaran matematika peminatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Subjek dari penelitian ini melibatkan satu kelas yang terdiri dari tiga puluh satu siswa kelas XI IPA dua SMA Negeri dua Bangkinang Kota. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  teknik wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran matematika peminatan yaitu Bu Yusnimar,S.Pd untuk mengetahui bagaimana cara belajar siswa di kelas. Sebagian besar siswa tidak terlalu antusias dengan pelajaran matematika dan cenderung pasif, pendiam, tidak percaya diri, dan ragu-ragu untuk berbicara. Tidak jarang siswa belajar matematika dengan tidak baik karena matematika dianggap sulit dan menakutkan dan beberapa siswa tidak menyukai matematika Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran matematika peminatan di kelas XI IPA dua SMA Negeri dua Bangkinang Kota dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan dalam menanggapi pertanyaan guru yang mengajar. Keberhasilan siswa tersebut dapat dinilai dari meningkatnya semangat belajar akibat guru mengenalkan model pembelajaran yang baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariansyah, K. (2017). Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Liwa Lampung Barat. Skripsi, 1, 10.

Astuti, Y. A. (2013). = 2,29 Dengan Derajat Signifikan . = 0,05 (T. Model PembelajaranKooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi.

Fenn-Berrabaß, C. (2001). Öffnen - Verwendung von PEEL-Folien. VDI Berichte, 1589, 105–112.

Fikasari, L., Utami, S., & Sugiyono. (2016). Pengaruh Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar PKn SDN 34 Pontianak. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 5(12), 1–10. http://nurholis-homeedukasi.blogspot.co.id/2013/04/kelebihan-dan-kekurangan-

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.

Hendra, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sman Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.47

Ii, B. A. B., Teori, A. K., & Kooperatif, M. P. (2014). No Title. 7–19.

Ii, B. A. B., Teori, K., & Teori, K. (1994). KAJIAN TEORI 2.1. KAJIAN TEORI 2.1.1. Pengertian model pembelajaran kooperatif. 16–37.

Lufiana, E. (2018). Model dan Metode Pembelajaran Yang Digunakan Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, 13–42. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/9494/5/BAB II.pdf

M.Nur HasaN. (20015). Upaya Menjadikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Unggul. Wahana Akademika, 2, 7.

Mardianto. (2012). Kajian Hasil Belajar. Psikologi Pendidikan, 12–36.

Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Mózo, B. S. (2017). Deskripsi Teori Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nafisah, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 146/Ix Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154.

Napitupulu, T. (2021). HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Literatur Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt). Sepren, 2(2), 38–49. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.510

nurfitrianah & faridatul. (2013). Media Proyeksi Dan Multi Penggunaannya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

R.Septiani. (2018). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Ekonomi Siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 14 Pekanbaru. 10–40.

Rohmah, D. N. (2020). Hubungan Antara Motivasi dan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Al Amien Kota Kediri Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadist. 1–46.

Sekarwati, S. (2015). Penerapan model teams games tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika di smp.

Sman, H., Uwai, B., & Email, B. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BANGKINANG MELALUI MODEL. 2(2), 29–41.

Sulisto, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Eureka Media Aksara, 1–23.

Sutopo, A. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di XI-IPA 2 SMA Negeri 9 Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 2(2), 15–26.

Tarigan, P. B. (2013). Teori Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dan Minat Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Taringan, R. M. R. B. (2019). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Kec. Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Quality, 4(80), 4.

Trigonometri, P. B. (2007). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X -6 SMA N 1 GRABAG KABUPATEN MAGELANG POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTUAN LKS.

Zakiah, I. R., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. ABSIS: Mathematics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.362

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Wahyuni, M., Ratna, R., Zulhasni, Z., & Tarmizal, T. (2023). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Peminatan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Journal of Education Research, 4(3), 1543–1547. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.288

Issue

Section

Articles