Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Digital Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis dalam IPAS: Studi Kasus di Kelas V SD Negeri 004 Tambusai Utara

Authors

  • Lidia Agustina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Rokania
  • Rinja Efendi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Rokania

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2844

Keywords:

Problem Solving, Digital Mind Mapping, Hasil Belajar IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Digital Mind Mapping. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas V SD Negeri 004 Tambusai Utara, dan metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan nilai rata-rata siswa dari 53,8 pada siklus I menjadi 75,7 pada siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 24,2% menjadi 84,8%. Selain meningkatkan pemahaman konsep dan partisipasi aktif, integrasi Digital Mind Mapping secara khusus membantu siswa dalam menyusun dan mengaitkan konsep IPAS secara visual dan sistematis, memperkuat daya ingat, serta mendorong kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran ini terbukti efektif sebagai strategi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rinja Efendi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Rokania

  •  

References

Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2)

Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2020). Laporan hasil belajar nasional tahun 2020. Jakarta: BSNP

Cemerlang, Y. I., Kafiyuddin, M., & Nur, D. M. M. (2025). Penggunaan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa MAN 1 Kudus dalam Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS. RUKASI: Jurnal Ilmiah Perkembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(03), 136–144.

Gede, I., Sukarata, A., Yudiana, K., & Rati, N. W. (2023). Media Pembelajaran Mind Mapping Menggunakan Edraw Mindmaster pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 14801–14813.

Intan Pandini, A. H. (2024). Analisis Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPAS Materi Cahaya Dan Sifatnya Di SDN Duri Kelapa 17 Pagi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1–23.

Ismaela, C., & Ramadhani, S. P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Media Mind Mapping Digital Di Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 203–216

Juni, V. N., Lestari, S. A., Marta, N., & Ibrahim, N. (2025). Penelitian & Pengabdian Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Sejarah Berbasis Tradisi Lisan dan Kearifan Lokal pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Locus, 4(6)

Lestari, I., Sidabutar, L., Sirait, D. A., & Sitorus, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Karyawan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mutiara Mukti Farma (Bergerak Dalam Bidang Obat-Obatan). Jurnal Manajemen, 5, 21–26.

Namkatu, Y., Wenno, I. H., & Nirahua, J. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Gerak Dan Gaya. Science Map Journal | Juni, 7, 14–21.

Rahmi, L., & Alfurqan. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 580–589

Risky, Y., Qomariyah, I. F., Annisa, S., & Moridina, N. A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Mathematic) Berbantuan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Sd. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(1), 439–450.

Roji, M. I. F., Suharyadi, Aulia, P., Azkiyah, A., & Miftahudin. (2025). Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Arab : A Systematic Literatur Review The Use Of Mind Mapping In Arabic Languange Learning : A Systematic Literature Review. Jurnal JIIC : Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(6), 11765–11774.

Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75

Widayanti, H. W., Kamilah, M., & Siswoyo, A. A. (2024). Penerapan Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Dengan Instrumen Non-Tes Cerita Gambar Berseri Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12).

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Agustina, L., & Efendi, R. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Digital Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis dalam IPAS: Studi Kasus di Kelas V SD Negeri 004 Tambusai Utara. Journal of Education Research, 6(4). https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2844

Issue

Section

Articles

Categories