Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Digital Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis dalam IPAS: Studi Kasus di Kelas V SD Negeri 004 Tambusai Utara
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2844Keywords:
Problem Solving, Digital Mind Mapping, Hasil Belajar IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Digital Mind Mapping. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas V SD Negeri 004 Tambusai Utara, dan metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan nilai rata-rata siswa dari 53,8 pada siklus I menjadi 75,7 pada siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 24,2% menjadi 84,8%. Selain meningkatkan pemahaman konsep dan partisipasi aktif, integrasi Digital Mind Mapping secara khusus membantu siswa dalam menyusun dan mengaitkan konsep IPAS secara visual dan sistematis, memperkuat daya ingat, serta mendorong kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran ini terbukti efektif sebagai strategi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Downloads
References
Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2)
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2020). Laporan hasil belajar nasional tahun 2020. Jakarta: BSNP
Cemerlang, Y. I., Kafiyuddin, M., & Nur, D. M. M. (2025). Penggunaan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa MAN 1 Kudus dalam Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS. RUKASI: Jurnal Ilmiah Perkembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(03), 136–144.
Gede, I., Sukarata, A., Yudiana, K., & Rati, N. W. (2023). Media Pembelajaran Mind Mapping Menggunakan Edraw Mindmaster pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 14801–14813.
Intan Pandini, A. H. (2024). Analisis Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPAS Materi Cahaya Dan Sifatnya Di SDN Duri Kelapa 17 Pagi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1–23.
Ismaela, C., & Ramadhani, S. P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Media Mind Mapping Digital Di Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 203–216
Juni, V. N., Lestari, S. A., Marta, N., & Ibrahim, N. (2025). Penelitian & Pengabdian Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Sejarah Berbasis Tradisi Lisan dan Kearifan Lokal pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Locus, 4(6)
Lestari, I., Sidabutar, L., Sirait, D. A., & Sitorus, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Karyawan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mutiara Mukti Farma (Bergerak Dalam Bidang Obat-Obatan). Jurnal Manajemen, 5, 21–26.
Namkatu, Y., Wenno, I. H., & Nirahua, J. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Gerak Dan Gaya. Science Map Journal | Juni, 7, 14–21.
Rahmi, L., & Alfurqan. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 580–589
Risky, Y., Qomariyah, I. F., Annisa, S., & Moridina, N. A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Mathematic) Berbantuan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Sd. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(1), 439–450.
Roji, M. I. F., Suharyadi, Aulia, P., Azkiyah, A., & Miftahudin. (2025). Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Arab : A Systematic Literatur Review The Use Of Mind Mapping In Arabic Languange Learning : A Systematic Literature Review. Jurnal JIIC : Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(6), 11765–11774.
Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75
Widayanti, H. W., Kamilah, M., & Siswoyo, A. A. (2024). Penerapan Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Dengan Instrumen Non-Tes Cerita Gambar Berseri Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12).
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Lidia Agustina, Rinja Efendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).