Pengaruh Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Investigasi terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.282Keywords:
Kreativitas Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Kooperatif, Model InvestigasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran koperatif tipe Investigasi terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VI SD. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang efektif menjadi krusial untuk meningkatkan hasil belajar PKN, terutama di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok kelas VI SD yang dipilih secara acak, di mana satu kelompok menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe investigasi, sementara kelompok lainnya tetap menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran koperatif tipe investigasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa. Kelompok eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran koperatif tipe investigasi mencapai peningkatan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest yang signifikan lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Kelompok yang menerapkan strategi ini mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman materi, partisipasi aktif, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe investigasi memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar PKN siswa kelas VI SD. Oleh karena itu, disarankan bagi guru dan praktisi pendidikan untuk mempertimbangkan penggunaan strategi ini dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai kewarganegaraan melalui pembelajaran PKN.
Downloads
References
E. I. Astari2, L. Agung3, and Tri Yunianto4, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEQUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IIS 5 SMA NEGERI 1 BANYUDONO BOYOLALI,” J. Educ. Dev., 2015, [Online]. Available: https://journal.actual-insight.com/index.php/pedagogi/article/view/594
M. A. Hertiavi, “Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi,” 2010, doi: 10.46244/visipena.v9i2.467.
R. D. Siswanto, P. Akbar, and M. Bernard, “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe auditorial, intelectually, repetition (AIR),” 2018, [Online]. Available: https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/Joe%3A Journal on Education/9
F. M. H. Citra, “PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 SINGARAJA TAHUN 2013/2014,” 2014 IEEE Energy Convers. Congr. Expo., 2014.
P. Hadi, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Hubungan Internasional Pada Siswa Kelas Xii Smk Muhamadiyah I Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017,” J. FKIP UNS, vol. 12, no. 2, pp. 563–585, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/view/11260
S. L. D. W, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION KELAS IV SD NEGERI 2 GERDU TAHUN 2010/2011,” 2011.
D. Kartini and D. A. Dewi, “Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar,” J. Educ. Psychol. Couns., vol. 3, no. 1, p. 1, 2020.
F. R. Ina Magdalena1, Ahmad Syaiful Haq2, “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang,” J. Pendidik., [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Fatimah, R. Adawiah, and A. W. Qalimulya, “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn dengan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) pada Materi HAM di Kelas XI SMA Negeri 1 Marabahan Tahun Ajaran 2013/2014,” J. Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 5, no. 10, 2015.
I. Sulistyo, “Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN,” 2016.
N. N. Mandriani, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VI SD,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, p. 75, 2018, doi: 10.23887/jisd.v2i1.13892.
V. Puspita and I. P. Dewi, “Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 86–96, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.456.
N. Rudianto,Sukmawati, “Pengaruh Model Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sd,” 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, 22nd ed. Bandung: Alfabeta, 2015.
H. Kusumawati and M. Mawardi, “Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Dan Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa,” 2016, doi: 10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p251-263.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Haidar Alim, Feri Tirton

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).