Pengaruh Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Investigasi terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI SD

Authors

  • Muhammad Haidar Alim Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Feri Tirtoni Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.282

Keywords:

Kreativitas Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Kooperatif, Model Investigasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran koperatif tipe Investigasi terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan  siswa kelas VI SD. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang efektif menjadi krusial untuk meningkatkan hasil belajar PKN, terutama di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok kelas VI SD yang dipilih secara acak, di mana satu kelompok menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe investigasi, sementara kelompok lainnya tetap menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran koperatif tipe investigasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa. Kelompok eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran koperatif tipe investigasi mencapai peningkatan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest yang signifikan lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Kelompok yang menerapkan strategi ini mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman materi, partisipasi aktif, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe investigasi memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar PKN siswa kelas VI SD. Oleh karena itu, disarankan bagi guru dan praktisi pendidikan untuk mempertimbangkan penggunaan strategi ini dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai kewarganegaraan melalui pembelajaran PKN.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. I. Astari2, L. Agung3, and Tri Yunianto4, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEQUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IIS 5 SMA NEGERI 1 BANYUDONO BOYOLALI,” J. Educ. Dev., 2015, [Online]. Available: https://journal.actual-insight.com/index.php/pedagogi/article/view/594

M. A. Hertiavi, “Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi,” 2010, doi: 10.46244/visipena.v9i2.467.

R. D. Siswanto, P. Akbar, and M. Bernard, “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe auditorial, intelectually, repetition (AIR),” 2018, [Online]. Available: https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/Joe%3A Journal on Education/9

F. M. H. Citra, “PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 SINGARAJA TAHUN 2013/2014,” 2014 IEEE Energy Convers. Congr. Expo., 2014.

P. Hadi, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Hubungan Internasional Pada Siswa Kelas Xii Smk Muhamadiyah I Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017,” J. FKIP UNS, vol. 12, no. 2, pp. 563–585, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/view/11260

S. L. D. W, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION KELAS IV SD NEGERI 2 GERDU TAHUN 2010/2011,” 2011.

D. Kartini and D. A. Dewi, “Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar,” J. Educ. Psychol. Couns., vol. 3, no. 1, p. 1, 2020.

F. R. Ina Magdalena1, Ahmad Syaiful Haq2, “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang,” J. Pendidik., [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Fatimah, R. Adawiah, and A. W. Qalimulya, “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn dengan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) pada Materi HAM di Kelas XI SMA Negeri 1 Marabahan Tahun Ajaran 2013/2014,” J. Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 5, no. 10, 2015.

I. Sulistyo, “Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN,” 2016.

N. N. Mandriani, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VI SD,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, p. 75, 2018, doi: 10.23887/jisd.v2i1.13892.

V. Puspita and I. P. Dewi, “Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 86–96, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.456.

N. Rudianto,Sukmawati, “Pengaruh Model Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sd,” 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, 22nd ed. Bandung: Alfabeta, 2015.

H. Kusumawati and M. Mawardi, “Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Dan Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa,” 2016, doi: 10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p251-263.

Downloads

Published

2023-09-09

How to Cite

Alim, M. H., & Tirtoni, F. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Investigasi terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Research, 4(3), 1350–1359. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.282

Issue

Section

Articles

Citation Check