Hubungan Growth mindset dengan Resiliensi Pengurus BEM FKIP ULM
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2792Keywords:
growth mindset, resiliensi, pengurus BEMAbstract
Growth mindset merupakan keyakinan bahwa kemampuan individu dapat berkembang melalui usaha dan pembelajaran, sedangkan resiliensi mencerminkan kapasitas psikologis untuk bertahan dan bangkit dari tekanan. Dalam konteks mahasiswa yang memiliki latar belakang pengurus organisasi, keterampilan ini menjadi penting untuk membentuk ketahanan diri yang adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara growth mindset dan resiliensi pada pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel terdiri dari 72 pengurus BEM yang dipilih melalui teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara growth mindset dan resiliensi dengan nilai korelasi sebesar 0,477 (p < 0,05), yang termasuk kategori hubungan sedang. Mayoritas responden memiliki tingkat growth mindset dan resiliensi dalam kategori sedang, menunjukkan potensi penguatan kapasitas adaptif melalui intervensi psikologis yang terarah. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan program pembinaan mahasiswa berbasis kekuatan psikologis, seperti pelatihan mindset dan pengelolaan stres, guna meningkatkan daya lenting individu dalam menghadapi tantangan organisasi maupun akademik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model intervensi psikologis serta perluasan studi melalui perbandingan antar fakultas atau universitas, guna mengeksplorasi perbedaan kontekstual yang mungkin memengaruhi hubungan antar variabel.
Downloads
References
Ajrina, A., & Safitri, S. (2023). Self-Regulated Learning, Growth Mindset and Students’ Grit in Career Preparation. Psikostudia Jurnal Psikologi, 12(2), 231–238. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i2
Ardiawan, K. N., Sari, M. E., Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., & Hasda, S. (2022). Penelitian kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Aurellia, P., Basaria, D., & Fahlevi, R. (2024). Pengaruh Growth Mindset Terhadap Employee Resilience di Unit Foods PT X. Psikologi Prima, 7(1), 41–49.
Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113
Cui, M., Wang, S., Gao, Y., Hao, Y., & Dai, H. (2024). The effect of emotion regulation strategies on nomophobia in college students: the masking role of resilience. Heliyon, 10(9).
Dalimunthe, H. (2024). Rahasia Mengembangkan Growth Mindset. https://www.researchgate.net/publication/387169601
Daulay, N., Arsini, Y., Rangkuti, R. P., Ozar, B. M., Salianto, & Riowati. (2024). Resiliensi Masyarakat Indonesia (F. Indriani, Ed.). umsu press.
Derakhshan, A., & Fathi, J. (2024). Growth mindset, self-efficacy, and self-regulation: A symphony of success in L2 speaking. System, 123, 103320.
Dian, A., & Reskido, P. (2023). Resiliensi dan Growth Mindset sebagai Solusi Peningkatan Kematangan Karier Mahasiswa pada Era VUCA. PROCEEDING CONFERENCE ON PSYCHOLOGY AND BEHAVIORAL SCIENCES, 2(1), 22–31. http://proceedings.dokicti.org/index.php/CPBS/index
Dweck, C. (2006). Mindset: The new psychology of success. Random house.
Dweck, C., & Yeager, D. (2021). Global Mindset Initiative Introduction: Envisioning the Future of Growth Mindset Research in Education. https://ssrn.com/abstract=3911564
Faisa Amel, Z., Matulessy Andilk, & Suhadianto. (2024). Prokrastinasi akademik pada mahasiswa aktif berorganisasi: Bagaimana peran stres akademik dan manajemen waktu? In Jl. Semolowaru No (Vol. 5, Issue 02).
Febrianti, Y. P., Nuqul, F. L., & Khotimah, H. (2020). Academic Hardiness Pada Mahasiswa Aktivis Dan Mahasiswa Yang Bekerja. Psyche 165 Journal, 13(1).
Hartson, K. R., Hall, L. A., & Choate, S. A. (2023). Stressors and resilience are associated with well-being in young adult college students. Journal of American College Health, 71(3), 821–829.
Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis korelasi pearson dalam menentukan hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada pembelajaran daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14–18.
Liat Wungubelen, B., Hamid Cholili, A., Khimaya Alaa, A., Nadya Salma, M., & Liana Dewi, R. (2025). Kontribusi Growth Mindset Terhadap Adaptabilitas Karir Mahasiswa Akhir. Melly Nadya Salma, Rini Liana Dewi, 1(2), 2025.
Lovely Panelewen, S., & Tiatri, S. (2024). Eksplorasi Growth Mindset dan Self-Regulated Learning pada Kalangan Mahasiswa Magang: Perspektif Penelitian dan Implikasi untuk Pengembangan Mahasiswa. Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1).
Makaria, E. C., Rachman, A., & Rachmayanie, R. (2019). Korelasi kepercayaan diri dan efikasi diri akademik mahasiswa program studi bimbingan dan konseling angkatan 2018. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(1), 1–5.
Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2003). Academic Resilience and the Four Cs: Confidence, Control, Composure, and Commitment.
Meyer, H. H., & Stutts, L. A. (2024). The Effect of Mindset Interventions on Stress and Academic Motivation in College Students. Innovative Higher Education, 49(4), 783–798. https://doi.org/10.1007/s10755-024-09706-8
Mirza, R., Hutagalung, M. U., Silalahi, L., Petrisely, W., Elvinawanty, R., & Hafni, M. (2024). Resiliensi Ditinjau Dari Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Perantauan. Jurnal Diversita, 10(1), 143–155.
Nashori, F., & Saputro, I. (2021). Psikologi Resiliensi. https://www.researchgate.net/publication/351283333
Nuraini, N. L. S., Rini, T. A., Cholifah, P. S., Aurelia, D., Wahyuni, M. A. T., & Afifah, R. (2025). Profil Resiliensi Akademik Mahasiswa dan Kebutuhannya dalam Menghadapi Tantangan Tugas Akhir. Indonesian Journal of Counseling and Development, 7(1), 25–39. https://doi.org/10.32939/ijcd.v7i1.4436
Pratiwi, M., Anggraini, D., Mardhiyah, S. A., & Iswari, R. D. (2020). Mengembangkan growth mindset mahasiswa sebagai usaha mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Psychology Journal of Mental Health, 2(2), 24–34.
Puspitasari, I., Gunawan, G., & Dwijayanthy, M. (2024). Peran Growth Mindset terhadap Career Adaptability Mahasiswa di Jawa Barat. Humanitas, 8(1), 29–46. https://kpbu.kemenkeu.go.id
Putranto, M. R. E. (2021). Resiliensi Mahasiswa Yang Aktif di Organisasi.
Rahma, U., Zohrah, Perwira Dara, Y., & Faizah. (2022). Resilience partially mediates the relationship of academic self-concept with self-adjustment among students with disabilities. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 17(1), 2022.
Ria Idauli, A., Fitri, E., & Supriyono. (2021). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Perkembangan Keterampilan Non Teknis Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. In AoEJ: Academy of Education Journal (Vol. 12).
Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir. Bandung: Alfabeta.
Wang, C., Li, S., Wang, Y., Li, M., & Tao, W. (2024). Growth mindset and well-being in social interactions: countering individual loneliness. Frontiers in Public Health, 12. https://doi.org/10.3389/fpubh.2024.1368491
Wardani, F. P., Suroso, S., & Arifiana, I. Y. (2024). Academic Burnout pada Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi: Bagaimana Peran Resiliensi? JIWA: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(04).
Wulandari, K., Ayu, G., & Fridari, D. (2025). Peran Perfeksionisme Terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Sarjana Kedokteran yang Terlibat Organisasi. Jurnal Inovasi Global, 3(6). https://jig.rivierapublishing.id/index.php/rv/index
Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2020). What can be learned from growth mindset controversies? American Psychologist, 75(9), 1269–1284. https://doi.org/10.1037/amp0000794
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Renandra Prayudy, Eklys Cheseda Makaria, Sulistiyana Sulistiyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).