Kedisiplinan Waktu Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Yusup Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Masrul Masrul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.278

Abstract

Kedisiplinan waktu mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran di sekolah dasar negeri 14 Bantan masih bermasalah. Guru masih tidak disiplin saat memulai dan mengakhiri pembelajaran di kelas. Sebagian besar guru juga tidak pernah menggunakan media pembelajaran saat mengajar di kelas. Kepala sekolah perlu melakukan analisis untuk mengetahui permasalahan tersebut dan agar bisa memberikan supervisi yang tepat. Tujuan penelitin ini adalah menganalisis kedisiplinan waktu mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian kombinasi (kuantitatif dan kualitatif) digunakan pada penelitian. Sumber data berjumlah sembilan orang guru (empat guru laki-laki dan lima orang guru perempuan). Teknik pengumpulan data dengan instrument penilaian kedisiplinan dan penggunaan media pada pembelajaran. Kedisiplinan waktu mengajar guru berada pada kategori sedang, sementara kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran di kelas masuk pada kategori tinggi. Kepala sekolah harus secara rutin melakukan supervisi klinis terhadap kedua aspek tersebut. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena kedua aspek tersebut masuk pada kompetensi pedagogik guru. Aspek kompetensi pedagogik lainnya selain kedisplinan waktu mengajar guru dan kemampuan menggunakan media pembelajaran bisa dianalisis lebih lanjut oleh peneliti berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, K. (2015). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Mengajar Guru melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Individual di SD Negeri Candirejo 01 Tahun 2014-2015. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 116–130. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p116-130

Asmira, Mujiati, & Jaya, H., N. (2021). Penerapan Disiplin Kerja Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 2(1), 15–25. https://doi.org/10.51454/jpp.v2i1.71

Bariroh, S. (2015). Analisis Pengaruh Kedisiplinan Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes. Jurnal Kependidikan, III(2), 33–51. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.898

Darmanto, D. (2020). Peningkatan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar Dikelas melalui Penerapan Reward and Punishment di SMPN 2 Satap Parado Tahun Pelajaran 2020/2021. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6), 77–83. https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1632

Embu, K., P. (2022). Peningkatan Disiplin Kehadiran Mengajar Guru di Kelas melalui Keteladanan Kepala Sekolah di SD Inpres Wolooja 3. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 103–113.

Girsang, E. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Kinerja Guru pada SD Negero 007 Teluk Sebong Kecamatan Teluk Sebong. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(2), 162–169. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i2.43122

Halim, I., & Sumarsih. (2022). Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Rupit. Jurnal Manajer Pendidikan, 16(01), 97–103.

Hidayah. (2020). Peningkatan Kedisiplinan Waktu Kehadiran Guru dan dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran melalui Penerapan Reward dan Punishment di SD Negeri 1 Lut Tawar. Jurnal Serambi Akademica, 8(7), 1149–1160. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/2442%0Ahttp://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/download/2442/1957

Jamuddin, H. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru dalam Kehadiran di Sekolah melalui Reward dan Punishment melalui Supervisi Akademik Masa Covid-19 di SDN 2 Lepak Kecamatan Sakra Timur. Jurnal Suluh Edukasi, 02(2), 64–76. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/suluhedukasi/article/view/4821

Karyawati, T., Witarsa, R., & Daulay, M., I. (2023). Pengaruh Kepala Sekolah terhadap Budaya Siswa Suku Akit di Sekolah Dasar Negeri. Journal of Education Research, 4(1), 134–141.

Kusumaningtyas, F. (2018). Kedisiplinan Guru dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 1 Sembung, Wedi, Klaten. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(7), 1519–1526.

Lestari, T., P., & Setiawan, R., I. (2015). Analisa Penerapan Disiplin Kerja dan Pengelolaan Lingkungan Kerja Guna Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Terpadu Darur Roja’ Srengat. Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2(3), 403–421. https://journal.stieken.ac.id/index.php/ritmik/article/view/249

Marianah. (2018). Efektifitas Program Pembinaan Kedisiplinan Guru dalam Proses Belajar Mengajar dengan Mutu Kompetensi Guru di SDN 3 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 10(2), 16–22.

Munawala, U., Musdiani, & Oktarina, R. (2021). Analisis Kedisiplinan Guru dalam Proses Belajar Mengajar di TK Kota Banda Aceh Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–13.

Nurhidayah, R., Julia, J., & Nugraha, D. (2022). Disiplin Belajar Siswa SD saat Pembelajaran Daring dalam Perspektif Guru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1007–1021. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9023

Prasetyo, L., E., & Sutama. (2022). Kedisiplinan dalam Pembelajaran Matematika Daring pada Siswa SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 2569–2583. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1438

Rosmiati, I. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas melalui Penerapan Reward and Punishment di SMP Kristen Kalam Kudus Ambon. Kamboti of Journal Education Research and Development (KJERD), 1(1), 32–42.

Ruiyah, Husain, A., S., & Elpisah. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Disiplin Kerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, XIII(2), 421–434. https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i2.1466

Samiuddin. (2022). Upaya Peningkatan Disiplin Kehadiran Guru melalui Keteladanan Kepala Sekolah di MTsN 3 Buton Tengah. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 238–246.

Sriwidianti, E., & Lukitoaji, B., D. (2023). Peran Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Disiplin Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 3(1), 19–28. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.191

Sulistiyono, J. (2020). Peningkatkan Kedisiplinan Mengajar Guru melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Individual. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah, 10(1), 1–9. http://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/1066%0Ahttps://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/viewFile/1066/371371562

Supiningsih. (2021). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Matematika dalam Kehadiran Mengajar di Kelas melalui Penerapan Buku Pratinjau di SMKN 1 Ngawen Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2019/2020. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 436–444. https://doi.org/10.30738/wa.v4i1.7452

Syafrizal, Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Pengaruh Supervisi Koordinator Wilayah Kecamatan terhadap Mutu Kepala Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 210–217.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211–221. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-07-08

How to Cite

Yusup, M., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Kedisiplinan Waktu Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 937–943. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.278

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>