Persepsi Peserta Didik terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.276Abstract
Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan atau di tempat peneliti bertemu secara langsung dengan responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara. Penelitian ini nantinya menghasilkan penelitian yang datanya dinyatakan dalam bentuk verbal dan dianalisis tanpa teknik statistik. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui persepsi peserta didik terhadap bimbingan dan konseling di MTsN dua Medan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi peserta didik terhadap Bimbingan Konseling masih negatif yang mana hal ini menyebabkan pelaksanaan Bimbingan Konseling kurang berjalan maksimal dan tidak memberi manfaat secara penuh terhadap peserta didik.
Downloads
References
Amti, Erman & Prayitno. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Anas, Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto, Farid, Mohammad. 2015. Bimbingan Konsling: Panduan dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Ranawidya
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Roskadarya.
Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumiaksara
Hellen. 2005. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat pers
Komalasari, Ganting, Eka Wahyuni, & Karsih. 2011. Asesmen Teknik Nontes dalam Prespektif Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Jakarta: Indeks.
Pedoman Khusus Bimbingan Konseling, 2004
Prayitno. H. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rinika Cipta.
Prayitno. 2015. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP.
Prayitno. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Setioko, B, Setyowati, E. 2013. Buku Ajar Metodologi Riset dan Statistik: Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Semarang: Upt Undip Press Semarang. Universitas Diponegoro.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualtatif. Bandung: Alfabeta
Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jakarta: PT. Rineka.
Syaodih, Nana S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarmizi. 2011. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Medan: Perdana Publishing.
Undang- Undang Malaysia, 1998.
Willis. 2010. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Winkel. W. S dan Hastuti, Sri. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Sekolah. Yogyakarta: Media Abadi.
Yusuf, Syamsu. 2012. Jenis Layanan dan Pendukung Kegiatan bimbingan dan konseling. Bandung: Risqi Pres
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Sri Hartati Munthe, Abdul Aziz Rusman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).