Persepsi Peserta Didik terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Sri Hartati Munthe Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Abdul Aziz Rusman Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.276

Abstract

Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan atau di tempat peneliti bertemu secara langsung dengan responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara. Penelitian ini nantinya menghasilkan penelitian yang datanya dinyatakan dalam bentuk verbal dan dianalisis tanpa teknik statistik. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui persepsi peserta didik terhadap bimbingan dan konseling di MTsN dua Medan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi peserta didik terhadap Bimbingan Konseling masih negatif yang mana hal ini menyebabkan pelaksanaan Bimbingan Konseling kurang berjalan maksimal dan tidak memberi manfaat secara penuh terhadap peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amti, Erman & Prayitno. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Anas, Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto, Farid, Mohammad. 2015. Bimbingan Konsling: Panduan dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Ranawidya

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Roskadarya.

Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumiaksara

Hellen. 2005. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat pers

Komalasari, Ganting, Eka Wahyuni, & Karsih. 2011. Asesmen Teknik Nontes dalam Prespektif Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Pedoman Khusus Bimbingan Konseling, 2004

Prayitno. H. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rinika Cipta.

Prayitno. 2015. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP.

Prayitno. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Setioko, B, Setyowati, E. 2013. Buku Ajar Metodologi Riset dan Statistik: Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Semarang: Upt Undip Press Semarang. Universitas Diponegoro.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualtatif. Bandung: Alfabeta

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jakarta: PT. Rineka.

Syaodih, Nana S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarmizi. 2011. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Medan: Perdana Publishing.

Undang- Undang Malaysia, 1998.

Willis. 2010. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Winkel. W. S dan Hastuti, Sri. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Sekolah. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2012. Jenis Layanan dan Pendukung Kegiatan bimbingan dan konseling. Bandung: Risqi Pres

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Munthe, S. H., & Rusman, A. A. (2023). Persepsi Peserta Didik terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Tsanawiyah . Journal of Education Research, 4(2), 889–894. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.276

Issue

Section

Articles

Citation Check