Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD melalui Kegiatan Suban Gitik IKM di T Mutiara Bunda : Studi Banding dan Berbagi Praktik Baik Kurikulum Merdeka

Authors

  • Tatiana Tatiana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang
  • Setiyo Utoyo Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2740

Keywords:

Profesionalisme Pendidik PAUD, Kurikulum Merdeka, Suban Gitik IKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi kegiatan Suban Gitik IKM (Studi Banding dan Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka) dalam meningkatkan profesionalisme guru PAUD. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi terhadap guru-guru yang mengikuti program di TK Mutiara Bunda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan ruang reflektif dan kolaboratif bagi guru untuk memahami dan menerapkan prinsip Kurikulum Merdeka secara kontekstual. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi pedagogis, tetapi juga membangun budaya belajar kolektif di antara satuan PAUD. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pemanfaatan pendekatan komunitas belajar antar satuan pendidikan sebagai strategi pengembangan profesional berkelanjutan yang efektif. Penelitian ini merekomendasikan replikasi model ini dengan dukungan kebijakan dan sistem pendampingan yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Avalos, B. (2016). Learning from research on teaching: A developmental perspective. In: T. Fenwick, & M. Nerland (Eds.) Reconceptualising Professional Learning. Routledge, 119-134.

Creswell, J., & Poth, C. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Darling, H., Hyler, M., & Gardner, M. (2017). Effective teacher professional development. Learning Policy Institute.

Eliza, D., Sardi, M., Amalia, W., & Karmila, D. (2022). Jenis-Jenis Pelatihan Peningkatan Profesional Guru PAUD di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6836–6843.

Guskey, T. (2016). Professional development and teacher change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 381-391.

Hord, S. (2015). What is a Professional Learning Community? Educational Leadership, 6-11.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.

Kemendikbudristek. (2023). Merdeka Belajar: Laporan Capaian Program 2023. Jakarta: Sekretariat Jenderal.

Kennedy, M. (2016). How Does Professional Development Improve Teaching? Review of Educational Research, 945-980.

Kurniawati, A., & Susanti, M. (2021). Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD: Studi Kasus di Beberapa Daerah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 55–67.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam meningkatkan profesionalisme guru pendidikan anak usia dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 110-115.

Miftakhi, D. R., & Pramusinto, H. (2023). Implementasi Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD melalui Diklat Berjenjang. Papernia - Multidisciplinary Scientific Journal for Innovative Research.

Opver, V., & Pedder, D. (2015). Conceptualizing teacher professional learning. Review of Educational Research, 376-407.

Rahmaningtyas, H., Wijayanti, I., & Sumarno. (2024). Kendala guru PAUD dalam menerapkan kurikulum merdeka. Didaktik: Jurnal PGSD STKIP Subang, 12-19.

Riskawati, M., Egar, N., & Abdullah, G. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Doplang 02 Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Pendas : Jurnal Pendidikan Dasar.

Safitri, H., & Auliya, A. (2025). Perspektif Guru TK tentang Penerapan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus DI Yogyakarta). Jurnal Smart PAUD.

UNESCO . (2016). It’s About the Child: Quality Early Childhood Education and Professional Teachers. Paris: UNESCO Publishing.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Tatiana, T., & Utoyo, S. (2025). Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD melalui Kegiatan Suban Gitik IKM di T Mutiara Bunda : Studi Banding dan Berbagi Praktik Baik Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 6(4), 829–834. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2740

Issue

Section

Articles

Categories