Teacher Efforts in Developing the Arabic Language of the Rabbani Generation of Santri Tahfidzul Qur'an
Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Arab Santri Tahfidzul Qur’an Generasi Rabbani
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.274Abstract
Untuk mewujudkan tujuan dari Undang-Undang nomor dua puluh tahun dua ribu tiga Bab satu pasal satu ayat satu yaitu agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pada penelitian ini ditemukanlah upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bahasa arab santri Tahfidzul Qur’an generasi Rabbani. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dengan metode ini peneliti dapat memahami dan menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru bahasa arab, dengan teknik wawancara, observasi partisipatif dan analisis dokumen untuk pengumpulan data yang relevan. Berdasarkan hasil Observasi penulis di lapangan dimana teknik komunikasi informatif di terapkan dalam pembinaan tahfidz Al-Qur‟an terhadap santri Tahfidz Generasi Rabbani Medan, sebelum dimulai kegiatan tahfidz semua pembina melakukan musyawarah untuk membahas bagaimana cara membina santri dalam melakukan kegiatan menghafal dari usia dini. Kemudian upaya yang berhasil diterapkan guru bahasa arab adalah teknik komunikasi dalam pembinaan tahfidz Alquran yang dapat diterapkan yaitu dengan menerapkan komunikasi informatif, komunikasi persuasif, komunikasi instruktif / Koersif, dan hubungan manusiawi.
Downloads
References
Aseri, M., & Mubarak, M. Z. (2022). Hubungan Kewarisan Antar Agama Dalam Perspektif Islam. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 590. https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.921
Awwaludin, M., Malik, S., & Siswanto, N. D. (2022). Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab pada Pesantren Bahasa Arab (MIM LAM). Definisi: Jurnal Agama Dan Sosial-Humaniora, 1(1), 55–64.
Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184
Zulkifli, M., & Umaini, H. (2020). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa di Kelas V MI Syaikh Zainuddin NW Anjani Kecamatan Suralaga. Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 24–39. https://scholar.archive.org/work/3mehkkt5nfefzeoapsnw2xusre/access/wayback/http://ejournal.iaihnw-lotim.ac.id/almujahidah/index.php/Al-mujahidah/article/download/21/31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Leni Maysarah Ritonga, Khoirul Jamil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).