Teacher Efforts in Developing the Arabic Language of the Rabbani Generation of Santri Tahfidzul Qur'an

Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Arab Santri Tahfidzul Qur’an Generasi Rabbani

Authors

  • Leni Maysarah Ritonga Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Khoirul Jamil Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.274

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan dari Undang-Undang nomor dua puluh tahun dua ribu tiga Bab satu pasal satu ayat satu yaitu agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pada penelitian ini ditemukanlah upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bahasa arab santri Tahfidzul Qur’an generasi Rabbani. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dengan metode ini peneliti dapat memahami dan menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru bahasa arab, dengan teknik wawancara, observasi partisipatif  dan analisis dokumen untuk pengumpulan data yang relevan. Berdasarkan hasil Observasi penulis di lapangan dimana teknik komunikasi informatif di terapkan dalam pembinaan tahfidz Al-Qur‟an terhadap santri Tahfidz Generasi Rabbani Medan, sebelum dimulai kegiatan tahfidz semua pembina melakukan musyawarah untuk membahas bagaimana cara membina santri dalam melakukan kegiatan menghafal dari usia dini. Kemudian upaya yang berhasil diterapkan guru bahasa arab adalah teknik komunikasi dalam pembinaan tahfidz Alquran yang dapat diterapkan yaitu dengan menerapkan komunikasi informatif, komunikasi persuasif, komunikasi instruktif / Koersif, dan hubungan manusiawi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aseri, M., & Mubarak, M. Z. (2022). Hubungan Kewarisan Antar Agama Dalam Perspektif Islam. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 590. https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.921

Awwaludin, M., Malik, S., & Siswanto, N. D. (2022). Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab pada Pesantren Bahasa Arab (MIM LAM). Definisi: Jurnal Agama Dan Sosial-Humaniora, 1(1), 55–64.

Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Zulkifli, M., & Umaini, H. (2020). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa di Kelas V MI Syaikh Zainuddin NW Anjani Kecamatan Suralaga. Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 24–39. https://scholar.archive.org/work/3mehkkt5nfefzeoapsnw2xusre/access/wayback/http://ejournal.iaihnw-lotim.ac.id/almujahidah/index.php/Al-mujahidah/article/download/21/31

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Ritonga, L. M., & Jamil, K. (2023). Teacher Efforts in Developing the Arabic Language of the Rabbani Generation of Santri Tahfidzul Qur’an: Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Arab Santri Tahfidzul Qur’an Generasi Rabbani. Journal of Education Research, 4(3), 901–910. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.274

Issue

Section

Articles

Citation Check